Sukses

Duh, Sejumlah Pengguna Keluhkan Apple Watch SE Alami Panas Berlebih

Sejumlah pengguna di Korea Selatan mengeluhkan Apple Watch SE miliknya mengalami panas berlebihan ketika dipakai.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple merilis jam pintar Apple Watch versi terjangkau, Apple Watch SE. Kini Apple Watch SE jadi perhatian, bukan karena harganya yang lebih murah, melainkan karena sejumlah Apple Watch SE ini bermasalah.

Berdasarkan laporan dari sejumlah pengguna di Korea Selatan, Apple Watch mereka mengalami overheating. 

Untungnya dari keluhan-keluhan ini, tidak ada satu pun yang melaporkan perangkat Apple Watch SE-nya meledak dan melukai penggunanya.

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (20/10/2020), dalam sebuah utas di Reddit disebutkan, salah satu pengguna menerima perangkat pada 8 Oktober 2020.

"Pengguna tidur memakai Apple Watch SE di lengannya pada 9 Oktober malam. Ia bangun pada 10 Oktober dengan lengan yang terasa sangat panas," kata tulisan di utas tersebut.

Lebih lanjut, pengguna kemudian mencopot Apple Watch SE-nya. Ternyata di kulitnya ada warna merah karena terkena panas jam pintar tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Penggantian

Tidak ada sinyal daya dari Apple Watch SE itu. Namun, ketika si pengguna mencoba mencari dengan fitur Find My Watch, suara yang keluar tampak normal.

Akhirnya, si pemilik menukar Apple Watch SE miliknya dengan produk baru pada 16 Oktober 2020.

Menariknya, dari semua laporan yang masuk, sebagian besar overheating berada di tempat yang sama, yakni di sudut atas kanan layar, dekat dengan bagian digital crown atau tombol putar di arloji.

Tidak jelas apa yang menyebabkan panas berlebihan pada Apple Watch SE tersebut karena belum ada upaya pembongkaran perangkat. Namun ada spekulasi bahwa panas berlebih disebabkan karena konektor layar yang terletak di dekat Taptic Engine.

3 dari 3 halaman

Hanya Dikeluhkan Pengguna di Korsel

Sejauh ini masalah overheating ini hanya dikeluhkan oleh pengguna di Korea Selatan. Namun ada kemungkinan juga masalah ini dirasakan pengguna di negara lain, tetapi tidak dilaporkan.

Belum diketahui bagaimana tanggapan Apple akan hal ini.

Sebelumnya kejadian serupa pernah terjadi, malah Apple Watch mengalami panas berlebihan dan membuat tangan penggunanya kena luka bakar. Untungnya, kejadian ini cukup langka.

(Tin/Why) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.