Sukses

Ruangguru Masuk Daftar 50 Perusahaan Edtech Paling Transformatif

Ruangguru berhasil masuk daftar perusahaan teknologi di bidang pendidikan paling transformatif di dunia menurut rilisan GSV Ventures.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangguru berhasil masuk daftar perusahaan teknologi di bidang pendidikan (edtech) paling transformatif di dunia versi GSV Ventures.

Ruangguru merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk di dalam daftar tersebut.

Selain Ruangguru, perusahaan lain kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Ada 17 perusahaan asal Amerika Serikat, 16 perusahaan asal Tiongkok, dan 6 perusahaan asal India yang ada di dalam daftar ini.

"Prestasi ini hanya dapat tercapai berkat kerja keras seluruh tim di Ruangguru yang bekerja dengan semangat tulus untuk melayani 20 juta pengguna kami, baik para pelajar sekolah dan pelajar dewasa," tutur Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resmi, Senin (19/10/2020).

Sebagai informasi, GSV Ventures merupakan platform global yang fokus memberikan perhatian dan mengangkat inovasi pada sektor pendidikan dan pekerjaan.

Berdasarkan pernyataaan dari laman resmi GSV Ventures, platform yang berhasil masuk dalam daftar ini merupakan perusahaan yang berhasil membantu transisi ruang kelas dari offline ke online.

Selain itu, perusahaan itu juga mampu memastikan adanya akses terhadap sumber daya dan peluang pendidikan, termasuk mampu meningkatkan keterampilan para pekerja di saat penggangguran mencapai titik tertinggi seperti masa sekarang.

Secara agregat, 50 perusahaan yang masuk dalam daftar ini telah memberikan layanan dan jasa pada 2,7 miliar pelajar di dunia. Ruangguru sendiri dengan layanannya telah berhasil digunakan lebih dari 10 juta pelajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruangguru Kembali Buka Sekolah Online Gratis

Salah satu layanan yang dihadirkan untuk mendukung pendidikan jarak jauh adalah layanan Ruangkelas gratis. Untuk sekarang, layanan ini telah digunakan belasan ribu sekolah yang tersebar di 470 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Baru-baru ini, startup itu juga menggelar program Sekolah Online Ruangguru 2, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa pada aplikasi Ruangguru.

Dimulai dari Senin, 3 Agustus 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru 2 yang terbagi menjadi dua sesi setiap harinya mulai pukul 13.00 WIB.

Akan tersedia 15 kanal belajar yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

3 dari 3 halaman

Sekolah Online Ruangguru Gratis

Hingga akhir program Sekolah Online Ruangguru gratis pada Juni lalu, Sekolah Online Ruangguru disebut sebagai salah satu alternatif belajar utama bagi para pelajar Indonesia.

Berdasarkan survei yang dilakukan Ruangguru, tingkat kepuasan siswa mencapai 9.3/10, dan 9 dari 10 siswa juga menyatakan bahwa Sekolah Online Ruangguru sangat membantu mereka untuk memahami konsep pelajaran dan mendukung pembelajaran di sekolah.

Siswa dapat menikmati berbagai macam layanan dan produk lainnya dari Ruangguru di Sekolah Online Ruangguru 2. Siswa dapat memanfaatkan fitur ruangkelas untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar langsung dengan guru, selayaknya di kelas melalui satu fitur online yang terintegrasi.

Ada juga Ruangguru Champion, yakni kompetisi uji kecerdasan antar sekolah untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Guna meningkatkan semangat belajar siswa, Ruanggurujuga menyediakan hadiah mingguan yang menarik dan berbagai tayangan hiburan bersama Master Teacher favorit setiap harinya.

Program Sekolah Online Ruangguru 2 ini dapat diakses melalui aplikasi Ruangguru.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini