Inggris Larang Warganya Gunakan Ponsel saat Pengemudi

Oleh Mochamad Wahyu Hidayat pada 19 Okt 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 19 Okt 2020, 06:30 WIB
Ilustrasi Menggunakan Ponsel sambil Mengemudi
Perbesar
Ilustrasi Menggunakan Ponsel sambil Mengemudi. Kredit: petto123 via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Inggris menetapkan pada tahun depan akan menjadi ilegal bagi siapa pun untuk mengambil dan menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

Perubahaan undang-undang ini mengisi celah hukum yang belum mampu menjerat pengemudi yang dapat menggunakan ponsel untuk bermain gim atau mengambil foto.

Namun, menurut Department for Transport, sebagaimana dikutip dari BBC, Senin (19/10/2020), undang-undang baru ini masih membolehkan pengemudi untuk menggunakan ponselnya dengan cara menghubungkan ponsel ke aksesori bebas genggam (hands-free).

Sebelum undang-undang baru ini berlaku pada tahun depan, saat ini pengguna juga dilarang melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan teks ketika sedang mengemudi.

 

2 dari 2 halaman

Pernyataan Menteri

Road Minister Baroness Vere menyebut aksi menggunakan ponsel saat sedang mengemudi sebagai kegiatan "mengganggu dan berbahaya" dan pengemudi yang berisiko sudah "terlalu lama bisa lolos dari jerat hukuman".

Perubahan hukum akan berlaku di seluruh Inggris dan diharapkan mulai berlaku awal tahun depan, tetapi hal ini juga tergantung pada hasil konsultasi.

Lanjutkan Membaca ↓