Sukses

Cari Judul Lagu di Google Kini Bisa Lewat Bersenandung

Lewat kemampuan baru yang ada di Googel Search, pengguna dapat mencari judul lagu hanya dengan bersiul atau bersenandung.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja menambahkan kemampuan baru di mesin pencarinya. Kini pengguna dapat mencari judul lagu hanya dengan bersiul atau bersenandung.

Kemampuan anyar ini jelas membantu orang-orang yang kesulitan mengingat sebuah judul lagu, tapi mereka mengetahui irama atau musik di lagu tersebut.

Dilansir dari The Verge, Jumat (16/10/2020), kemampuan ini sudah tersedia untuk aplikasi Google Search di iOS dan Android. Kemampuan serupa juga dibenamkan di Google Assistant.

Untuk melakukan pencarian, pengguna tinggal mengatakan 'What's the Song' atau mengetik 'search a song'. Setelahnya, pengguna tinggal menyenandungkan lagu yang dicari.

Setelahnya, Google akan menampilkan daftar hasil pencarian lagu berdasarkan kemiripan dengan suara senandung pengguna. Dan, pengguna tinggal memilih mana lagu yang sedang dicarinya.

Menurut Google, kemampuan ini didukung model machine learning untuk mengubah audio menjadi urutan angka yang mewakili melodi lagu, lalu dibandingkan dengan lagu yang ada.

Model machine learning ini dilatih dengan berbagai sumber, termasuk suara bernyanyi, bersiul atau bersenandung. Karenanya, kemampuan ini mampu mengenali suara yang disenandungkan dengan nada yang tepat maupun tidak.

Google mengatakan fitur ini sudah tersedia dalam pencarian bahasa Inggris untuk iOS dan untuk versi Android sudah mendukung 20 bahasa. Rencananya, perusahaan juga akan menambah lebih banyak bahasa di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Google Search Tampilkan Informasi Reliabel di Hasil Penelusuran?

Di sisi lain, harus diakui, Google Search merupakan salah satu situs web terpopuler di dunia dengan jumlah kunjungan tertinggi. Bisa ditebak bahwa kebanyakan orang mengunjungi Google Search untuk mencari informasi.

Danny Sullivan, Public Liaison for Search menyebut Google Search menangani miliaran kueri penelusuran setiap hari.

Salah satu alasan orang terus mengunjungi Google Search, kata Danny, adalah karena mereka tahu bahwa mereka sering kali dapat menemukan informasi relevan dan reliabel di Google Search.

"Memberikan pengalaman penelusuran berkualitas tinggi adalah inti dari apa yang membuat Google Search sangat membantu. Sejak awal kami memperkenalkan algoritma PageRank, yang memahami kualitas konten web, dan itu adalah hal yang membedakan Google dari mesin penelusuran lainnya," ujar Danny dikutip dari keterangan perusahaan.

Lantas, bagaimana sebetulnya Google Search menampilkan informasi reliabel di layanannya? Danny menuturkan ada ada tiga elemen kunci yang berperan di baliknya.

3 dari 3 halaman

3 Elemen Kunci

"Pertama, kami merancang sistem peringkat kami secara mendasar untuk mengidentifikasi informasi yang mungkin berguna dan dapat diandalkan oleh orang-orang," kata Danny.

Selanjutnya untuk melengkapi upaya tersebut, perusahaan juga telah mengembangkan sejumlah fitur Penelusuran yang tidak hanya membantu pengguna memahami semua informasi yang terlihat secara online, tetapi juga memberikan akses langsung ke informasi dari pihak berwenang — seperti organisasi kesehatan atau entitas pemerintah.

"Terakhir, kami memiliki kebijakan tentang apa yang dapat muncul di fitur Penelusuran untuk memastikan bahwa kami menampilkan konten berkualitas tinggi dan bermanfaat," ujar Danny.

Danny menyebut bahwa perusahaan, dengan tiga pendekatan ini, dapat terus meningkatkan Penelusuran dan meningkatkan standar kualitas untuk memberikan pengalaman tepercaya bagi orang-orang di seluruh dunia.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini