Sukses

Daftar Layanan untuk Cek Kecepatan Koneksi Internet

Saat ini ada beberapa layanan yang memungkinkan kita untuk mengecek kecepatan koneksi internet. Mau tahu apa saja layanan tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal aspek penting dari koneksi internet adalah kecepatan. Ia berpengaruh langsung ketika kita mengakses layanan berbasis di internet, entah itu mengakses layanan musik atau video, melakukan video-conference, dan lainnya.

Saat ini ada beberapa layanan yang memungkinkan kita untuk mengecek kecepatan koneksi internet. Mau tahu apa saja layanan tersebut, simak rangkumannya berikut ini.

1. Speedtest by Ookla

Layanan Speedtest ditawarkan oleh Oookla. Beralamat di https://www.speedtest.net/, pengguna dapat mengetahui kecepatan ping, kecepatan download, dan kecepatan upload dari koneksi internet mereka.

Layanan ini juga menampilkan informasi penyedia jasa internet (ISP) dan IP Address. Selain berbasis web, Speedtest juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

2. nPerf

nPerf mirip seperti Speedtest, tetapi ada satu informasi lain yang ditampilkan pada hasil pengujian kecepatan koneksi, yakni latensi. Singkat kata, latensi merupakan jeda waktu pada proses pengantaran data antara pengirim dan penerima. 

Kemudian satu hal yang membuat nPerf patut dipertimbangkan adalah ketersediaan peta sebaran jaringan seluler 2G, 3G, dan 4G, termasuk di wilayah Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Fast.com

Layanan pengujian Fast.com ditenagai oleh Netflix. Tampilannya lebih sederhana, jika dibandingkan dengan Speedtest dan Ookla.

Di akhir pengujian, pengguna akan mengetahui berapa kecepatan koneksinya, kecepatan download, dan latensi

3 dari 3 halaman

4. Speedtest by Google

Google bermitra dengan Measurement Lab (M-Lab) dalam menyelenggarakan layanan pengujian ini. Beralamat di https://projectstream.google.com/speedtest, layanan ini sejatinya dirancang untuk memastikan apakah koneksi internet dari pengguna, akan memenuhi kriteria minimum untuk menjalankan layanan cloud-gaming Stadia.

Di akhir pengujian, pengguna akan mendapati kesimpulan apakah koneksi internetnya dapat diandalkan untuk layanan Stadia atau tidak dalam resolusi tertentu, apakah itu HD atau 4K.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini