32 Perguruan Tinggi Berpartisipasi di IEL University Super Series

Oleh Agustinus Mario Damar pada 15 Okt 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 15 Okt 2020, 10:22 WIB
IEL University Super Series
Perbesar
IEL University Super Season (Dok. IEL)

Liputan6.com, Jakarta - IEL University Super Series dipastikan akan kembali bergulir. Memasuki musim ketiga, kompetisi tahun ini akan berlangsung selama delapan bulan, mulai dari Oktober 2020 hingga Mei 2021.

Kehadiran kompetisi ini tidak lepas dari perkembangan industri esports di Tanah Air. Selain itu, kompetisi ini sekaligus mewadahi kompetisi berjenjang dan terstruktur, sehingga tidak hanya industri yang berkembang, tetapi juga ekosistemnya.

"Melalui rangkaian acara ini, IEL juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan peluang industri esports dengan berbagai kompetisi dan webinar bagi gamers, cosplayer, talenta-talenta e-sports, influencer maupun content creator," tutur COO MIX 360 Esports, Harry Kartono dalam keterangan resmi yang diterima.

Kompetisi ini juga mendapat dukungan dari IESPA. Menurut Ketua Umum IESPA, Edi Lim, kompetisi ini membuka kesempatan bagi gamer termasuk kreator konten untuk berkarya di industri esports.

"Kami yakin ke depannya, industri ini akan menjadi salah bentuk digital economy creative yang berkembang di Indonesia," tutur Edy menjelaskan.

IEL University Super Series Season 3 2021 akan dimulai di 11 kota Indonesia, seperti Bandung, Bogor, Jakarta, Lampung, Manado, Padang, Pontianak, Semarang, Surabaya, Tarakan, dan Yogyakarta.

2 dari 4 halaman

32 Perguruan Tinggi Berpartisipasi

Ilustrasi eSports
Perbesar
Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Selama awal musim ini, IEL University Super Series 3 2021 akan mencari perwakilan tim terbaik dari masing-masing kampus yang berpartisipasi. Ada dua gim yang dipertandingkan di kompetisi ini, yaitu Dota 2 dan PUBG Mobile.

Lalu pada Januari 2021, babak penyisihan akan digelar secara online dan mempertemukan 32 perguruan tinggi, sebelum akhirnya akan ada pertandingan Grand Final pada Mei 2021.

Perguruan tinggi yang akan berpartisipasi dalam kompetisi ini adalah UPN Veteran Jatim, ITS, ITT Surabaya, Undip, UKDW, UAJY, UGM, UNY, IPB, Universitas Lampung, Universitas Andalas, UIN Sunan Ampel, hingga UBK.

IEL University Super Series 2021 juga mengadakan Masterclass Webinar, IEL Star Talent Hunt, dan IEL Cosplay Championship. Kompetisi ini didukung oleh sponsor utama Super Soccer, Vidio, dan Bukalapak.

3 dari 4 halaman

Turnamen PUBG Battle of Asia 2020 Sediakan Hadiah Rp 500 Juta

PuBG Mobile
Perbesar
Payload 2.0 di PUBG Mobile meluncur resmi. (Doc: PUBG Corp)

Baru-baru ini, Binance juga menggelar turnamen PUBG Mobile bertajuk Battle of Asia 2020.

Binance Battle of Asia 2020 merupakan kejuaraan PUBG Mobile yang melibatkan empat negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Total hadiah Rp 500 juta disediakan oleh Binance, yang merupakan salah satu bursa cryptocurrency terbesar di dunia. Ajang ini bekerja sama dengan Ligagame dan turut mendapat dukungan dari IESPA (Indonesia Esports Association).

Turnamen ini ditujukan untuk yang ingin merasakan dunia kompetitif Esports. Biasanya turnamen Esports mewajibkan status sebagai ​Pro Gamer​ tapi kompetisi ini tidak mensyaratkan itu serta tidak ada biaya pendaftaran.

Tak cuma para pemain PUBG, penonton Battle of Asia juga bisa mendapatkan hadiah. Binance mengadakan 4 giveaway untuk seluruh partisipan, penonton dan penggemar. Hadiahnya berupa HP gaming Asus ROG 3, keyboard Razer Huntsman Elite, headset Razer Nari dan Random Pack UC. 

(Dam/Why)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓