Review Realme 7 Pro: Usung Fast Charging 65W, Baterai Penuh 30 Menit Saja

Oleh Agustinus Mario Damar pada 14 Okt 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 15:00 WIB
Realme
Perbesar
Bagian depan Realme 7 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Realme baru saja memperkenalkan Realme 7 Pro sebagai smartphone terbarunya. Kehadiran smartphone ini melengkapi Realme 7 dan Realme 7i yang lebih dulu diperkenalkan.

Mengusung nama Pro, Realme membenamkan kemampuan flagship untuk menawarkan kemampuan lebih mumpuni dan berbeda dari Realme 7 biasa. Untuk Realme 7 Pro sendiri fitur tersebut adalah 65W SupertDart Charge.

Sesuai namanya, fitur fast charging ini menawarkan kemampuan pengisian daya super ngebut. Bahkan, Realme mengusung smartphone ini dengan slogan 65W Charging Evolution.

Namun selain pengisian daya super cepat, bagaimana performa Realme 7 Pro secara keseluruhan? Untuk mengetahuinya, simak ulasan Tekno Liputan6.com berikut ini.

Desain

Pembahasan soal desain smartphone sebenarnya sudah sempat disinggung di artikel unboxing. Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci.

Realme menggunakan desain punch-hole di pojok kiri atas layar yang sekaligus menjadi tempat diletakkannya kamera depan beresolusi 32MP.

Bodi Realme 7 Pro disebut terinspirasi dari ruang kaca dari alam. Penerapan itu membuat desainya terkesan premium.

Tampilan bodi belakang dari Realme 7 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Selain itu, bodi belakang smartphone ini juga tidak mudah menyerap sidik jari, sehingga lebih bersih. Finishing bodi belakang Realme 7 Pro juga membuatnya tidak licin dan tetap nyaman digenggam.

Sementara untuk sistem operasi, Realme 7 Pro menjalankan Realme UI berbasis Android 10. Bagi kamu yang masih asing, Realme UI menawarkan pengalaman pemakaian layaknya Android Stock. 

Realme UI di Realme 7 Pro (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)


Performa

Realme
Perbesar
Boks Penjualan Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hadir dengan dukungan chipset Snapdragon 720G, performa Realme 7 Pro terbilang sangat memuaskan. Varian yang kami terima memiliki RAM 8GB dengan memori 128GB, sehingga sudah sangat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Perpindahan antar aplikasi termasuk saat membuka atau menutupnya, kami merasakan tidak ada kendala sama sekali. Sebagai gambaran, hasil pengukuran di aplikasi Geekbench 5 mencatat skor 571 (single-score) dan 1671 (multi-core).

Hasil pengukuran Realme 7 Pro di aplikasi Geekbench. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Saat digunakan untuk bermain gim, seperti Call of Duty Mobile maupun PUBG Mobile, kami juga tidak merasakan masalah. Realme 7 Pro dapat melibas dua gim itu, bahkan dengan setelan grafis high.

Pengalaman bermain Call of Duty: Mobile di Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Dengan baterai 4.500mAh, smartphone ini dapat juga diandalkan untuk penggunaan seharian. Dalam penggunaan normal, seperti chatting, menonton film, hingga memainkan gim, perangkat ini dapat bertahan dari pagi hingga menjelang malam.

Namun dengan penggunaan yang berat, durasi penggunaan baterai jelas akan turut berpengaruh. Kendati demikian, dengan 65W SuperDart Charging, pengisian baterai smartphone ini sangat ngebut.

Kami sempat mencobanya untuk mengisi baterai saat kapasitasnya tinggal 19 persen. Setelah dicek, dalam waktu kurang lebih 30 menit, baterai Realme 7 Pro ternyata sudah terisi penuh kembali.


Kamera

Realme
Perbesar
Kamera belakang Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Untuk kamera, Realme 7 Pro hadir dengan lensa utama beresolusi 64MP. Lalu, ada ultra wide 8MP, lensa makro, dan lensa portrait B&W.

Hasil foto keseluruhan dari smartphone ini terbilang apik dan memuaskan untuk kelas menengah. Bahkan, saat mengambil gambar dari mode 64MP, hasil foto lebih jelas dan memiliki detail lebih baik.

Untuk mengetahui seperti apa kemampuan kamera Realme 7 Pro, berikut ini beberapa hasil jepretan yang sudah kami ambil.

Hasil Foto Lensa 64MP dari Realme 7 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Realme 7 Pro dengan Night Mode (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil Foto Lensa 64MP dari Realme 7 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto makro dari Realme 7 Pro (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)Hasil foto lensa ultra-wide dari Realme 7 Pro (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Hasil foto dengan mode portrait di Realme 7 Pro. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)


Kesimpulan

Realme
Perbesar
Boks Penjualan Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Berbekal harga 4 jutaan, Realme 7 Pro harus diakui menawarkan kemampuan yang terbilang mengagumkan. Khususnya, untuk kemampuan pengisian daya nyang dibenamkan.

Dengan kemampuan tersebut, tidak berlebihan apabila Realme menyebutnya sebagai smartphone dengan kemampuan pengisian daya terbaik di kelasnya.

Untuk urusan performa maupun kemampuan kameranya, smartphone ini juga terbilang apik dan memuaskan.

Boks Penjualan Realme 7 Pro (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Realme juga turut membenamkan sertifikasi Dolby Atmos dan Dual Stereo Speaker untuk memberikan pengalaman multimedia lebih mumpuni.

Selain itu, Realme 7 Pro ini juga memiliki sejumlah fitur tambahan seperti NFC hingga verifikasi tahan uji dari TÜV Rheinland, sehingga membuatnya kian lengkap.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya