Sukses

Pengalaman Jajal ColorOS 11 di Find X2 Pro, Tawarkan Kustomisasi Menyeluruh

Cek pengalaman Tekno Liputan6.com menjajal ColorOS 11 di Find X2 Pro.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo telah memperkenalkan ColorOS 11 beberapa waktu lalu. Versi terbaru ColorOS ini pun sudah mulai digulirkan untuk sejumlah smartphone Oppo, salahs satunya adalah Find X2 Pro.

Menyusul kehadirannya, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan menjajal pengalaman memakai ColorOS 11 yang berbasis Android 11 ini. Dan, hasil pengalaman tersebut dibahas dalam artikel kali ini.

Berdasarkan pengalaman kami, ColorOS 11 menawarkan kustomisasi yang sangat dalam. Maksudnya, kami dimungkinkan untuk mengubah termasuk mengatur tampilan yang ada di smartphone-nya.

Tidak hanya mengganti ukuran ikon, tapi desainnya juga dapat kami sesuaikan. Begitu pula dengan latar belakang warna sistem, yang biasanya menjadi bawaan dan tidak dapat diganti.

Kustomisasi ini juga termasuk dengan tema, wallpaper, layout aplikasi, tampilan animasi pemindai sidik jari, hingga font dan desain notification drawer-nya.

Pengaturan kustomisasi yang ada di ColorOS 11. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

 

Harus diakui, kemampuan kustomisasi ColorOS 11 layaknya launcher pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Namun yang membedakan, kini seluruh kemampuan menjadi bawaan di smartphone yang menjalankan ColorOS 11.

Bagi kami, fitur kustomisasi ini sangat menarik, sebab pengguna dimungkinkan untuk berganti-ganti tema sesuai keinginannya. Karenanya, bagi kamu yang senang mengubah tampilan smartphone, kemampuan ini akan berguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Kustomisasi Lainnya

Selain tampilan smartphone, Oppo juga memungkinkan pengguna membuat pola tampilan Always-On-Display sendiri. Jadi, pengguna dapat membuat pola tersendiri dengan mengetuk atau menyeret jari di layar smartphone.

Kemampuan kustomisasi juga hadir untuk wallpaper. Tidak sekadar menampilkan wallpaper bawaan, pengguna dapat membuat wallpaper sendiri dari koleksi foto miliknya.

Berbekal fitur ini, algoritma di ColorOS 11 dapat menganalisa dari sebuah foto. Selanjutnya, sistem akan menghasilkan beberapa wallpaper dengan gaya berbeda berdasarkan referensi foto tersebut.

Tidak itu, ColorOS 11 juga memungkinkan pengguna membuat nada dering sendiri. Cara membuatnya pun cukup mudah, sebab Oppo sudah menyediakan aplikasi khusus dan tinggal diatur sesuai keinginan.Fitur ringtone maker yang ada di ColorOS 11 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

 Untuk ColorOS 11, fitur lain yang tidak kalah menarik bagi kami adalah kehadiran dark mode dalam tiga intensitas berbeda. 

Fitur ini menarik dan juga membantu kami, sebab ada sejumlah pilihan kontras yang tersedia, mulai dari cukup pekat hingga sangat pekat.

Dengan fitur ini, dark mode yang biasanya tidak dapat diubah dan menjadi bawaan sistem, tapi dengan ColorOS 11, pengguna dimungkinkan untuk memilih kadarnya dan dapat disesuaikan dengan kenyamanan saat memakai.

Lalu ada aplikasi Oppo Relax yang sebelumnya sudah ada di ColorOS. Namun yang membedakan, untuk di ColorOS 11 ada fitur Sound Mix, sehingga pengguna dimungkinkan untuk menambah suara dari musik yang tersedia.

Tampilan Oppo Relax di ColorOS 11 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Fitur baru yang juga tersedia untuk Oppo Relax ada suara yang direkam dari kota-kota besar. Lewat fitur ini, kami bisa mendengarkan suasana di berbagai kota, seperti Beijing, Tokyo, Bangkok, hingga Reykjavik (Islandia).

3 dari 3 halaman

Kemampuan Baru di ColorOS 11

Mengingat ColorOS 11 berbasis Android 11, deretan fitur anyar yang hadir di Android terbaru itu juga hadir di sini. Salah satunya adalah fitur Bubbles yang harus diakui memudahkan kami saat ingin membalas pesan.

Tampilan Bubbles di ColorOS 11. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

 

Selain itu, Oppo juga sudah bekerja sama dengan Google Lens untuk menghadirkan 3-Finger Translate. Fitur ini merupakan kombinasi kemampuan screenshot Oppo yang dipadukan dengan Google Translate.

Dengan fitur ini, kami dapat melakukan screenshot dengan menekan tiga jari di atas layar dan langsung menerjemahkan kata-kata di tangkapan layar itu memanfaatkan fitur Google Translate.

Tampilan 3 Finger Translate di ColorOS 11 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

ColorOS 11 juga sudah mendukung fitur Nearby Share yang diperkenalkan di Android 11 untuk memudahkan pengguna untuk berbagi file.

Oppo juga menyertakan fitur Battery Guard yang mencegah perangkat mengalami over-charge ketika melakukan pengisian daya, terutama di malam hari saat perangkat tidak digunakan.

Selain dari fitur di atas, Oppo juga meningkatkan kemampuan fitur Super Wide-Angle, Ultra Steady Video Shooting, dan HDR.

Melalui peningkatan ini, Oppo memungkinkan ketiga fitur tersebut digunakan lewat aplikasi pihak ketiga. Lalu, ada dua fitur lagi yang rencananya hadir menyusul, seperti Private System dan FlexDrop.

Sementara untuk soal performa secara keseluruhan, kami tidak merasakan ada lag sama sekali. Bahkan, transisi antar aplikasi begitu cepat dan mulus.

Untuk itu, secara keseluruhan, ColorOS 11 menawarkan peningkatan besar-besaran ketimbang pendahulunya, terutama dari sisi kustomisasi.

(Dam/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini