Sukses

Qualcomm Bakal Garap Smartphone Gaming Bareng Asus?

Menurut laporan terbaru, Qualcomm diketahui memiliki rencana untuk menghadirkan smartphone gaming sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Segmen gim mobile, harus diakui tengah naik daun. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya vendor yang kini menghadirkan smartphone khusus gaming. 

Langkah yang disebut juga akan diikuti oleh Qualcomm di tahun ini. Perusahaan yang dikenal sebagai pembesut chipset ini, menurut laporan Digitimes, ternyata memiliki rencana untuk merilis smartphone gaming.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (8/10/2020), Qualcomm tidak sendirian dalam menggarap smartphone ini. Dari laporan, perusahaan asal Amerika Serikat itu akan mengembangkannya bersama Asus.

Namun untuk sekarang, hanya informasi itu yang baru diketahui. Terlebih, baik Qualcomm dan Asus sendiri belum berkomentar apapun mengenai laporan ini.

Meski belum dikonfirmasi, kerja sama Qualcomm dengan Asus untuk membuat smartphone gaming terbilang wajar. Sebab, Asus dikenal sebagai perusahaan yang beberapa kali merilis seri smartphone gaming lewat lini ROG Phone.

Terlebih, Asus juga sempat melakukan kerja sama serupa dengan Tencent. Sementara untuk Qualcomm sendiri, hal ini terbilang baru, karena perusahaan itu memang lebih dikenal sebagai pembesut chipset Snapdragon.

Kendati belum ada informasi detail soal perangkat ini, Qualcomm sebenarnya sudah mengumumkan akan menggelar event di awal Desember 2020.

Event itu biasanya menjadi ajang perkenalan chipset terbaru dan tidak tertutup kemungkinan perangkat kolaborasi ini hadir di acara tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qualcomm Bakal Umumkan Snapdragon 875

Seperti diketahui, Qualcomm biasanya mengumumkan chipset flagship terbaru melalui konferensi tahunan di Hawaii pada Desember. Namun karena pandemi Covid-19, perusahaan akan menggelar acara tersebut secara online.

Dilansir GSM Arena, Rabu (7/10/2020), perusahaan mengumumkan, Qualcomm Snapdragon Technology Summit akan digelar secara online pada 1 hingga 2 Desember 2020. Hal ini diumumkan di jejaring sosial Tiongkok, Weibo.

Presiden Xiaomi Tiongkok, Lu Weibing, menjadi yang pertama mengungkapkan kebahagiannya. Ia mengonfirmasi, flagship terbaru perusahaan nanti akan menjadi salah satu smartphone pertama di pasar dengan Snapdrgon 875.

Smartphone segmen menengah Xiaomi dengan Snapdragon 775G kemungkinan juga akan debut di acara tersebut.

3 dari 3 halaman

Qualcomm Umumkan Snapdragon 750G

Qualcomm pada bulan lalu memperkenalkan chipset terbaru besutannya, yakni Snapdragon 750G. Sama seperti seri Snapdragon 7 lain, chipset ini juga sudah mendukung 5G.

Chipset ini merupakan suksesor dari Snapdragon 730G, sekaligus alternatif yang menawarkan performa lebih kencang dari Snapdragon 690.

Snapdragon 750G dibekali dengan modem X52 yang juga ada pada Snapdragon 765. Jika dibandingkan dengan modem X51 pada Snapdragon 690, X52 sudah dibekali dengan mmWave 5G dan memiliki kecepatan unduhan hingga 3,7Gbps.

Sebagai tambahan, chipset ini juga sudah mendukung S-6. Qualcomm menyebut Snapdragon 750G sebagai chipset 5G yang sudah mendukung kemampuan multi-SIM.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.