Malam Ini Mars Paling Dekat dengan Bumi, Tak Terjadi Lagi sampai 15 Tahun ke Depan

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 06 Okt 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2020, 16:00 WIB
Planet Mars (NASA).
Perbesar
Planet Mars (NASA).

Liputan6.com, Jakarta - Planet Mars telah lama menjadi objek yang diamati dari Bumi untuk mengetahui asal usul serta ketersediaan air di sana. Berbagai misi penjelajahan ditujukan ke Mars.

Nah, di minggu ini, Mars disebut-sebut akan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi. Kejadian ini bahkan tidak akan terjadi lagi, setidaknya hingga 15 tahun mendatang. Demikian menurut Space

Mengutip laman NASA, Selasa (6/10/2020), jarak terdekat Mars dengan Bumi berlangsung pada 6 Oktober 2020 atau malam ini.

Dengan jarak terdekat ini, para pecinta bintang bisa menyaksikan Mars yang terlihat cerah dan besar dari Bumi, tanpa bantuan teleskop. Tentu saja Mars bisa disaksikan jika kondisi cuaca terang tanpa hujan ataupun mendung.

NASA menyebut, Mars akan terlihat pada malam hari tepatnya di langit bagian selatan dan berada pada titik tertingginya sekitar tengah malam.

Mars ada di jarak terdekat dengan Bumi bertepatan dengan fase oposisi, yakni ketika Mars berada di sisi berlawanan dari Bumi dan Matahari. Formasi ini terjadi tiap dua tahun sekali.

2 dari 3 halaman

Mars dan Bumi Berlawanan Orbit

Pecahkan 'Misteri' Gas, Eropa Siap Luncurkan Misi ke Mars
Perbesar
Ilustrasi satelit mengorbit di Planet Mars. (NASA)

Selama masa oposisi, Mars dan Bumi paling dekat satu sama lain dalam orbitnya. Artinya, saat itu pula, Mars bisa terlihat lebih terang ketimbang waktu lainnya.

Selanjutnya, Mars akan menjadi lebih redup ketika Mars dan Bumi bergerak menjauh satu sama lain dalam orbitnya mengelilingi Matahari.

Jarak terdekat antara Mars dan Bumi terjadi ketika Bumi berada di jarak terjauhnya dengan Matahari atau fase aphelion. Sementara, Mars berada di jarak terdekat dengan Matahari atau perihelion.

3 dari 3 halaman

Jaraknya 54,6 Juta Km

Jarak paling antara Maras dan Bumi adalah 54,6 juta kilometer atau sekitar 33,9 juta mil dan ini tidak sering terjadi.

Kedua planet ini tidak akan saling mendekat lagi setidaknya hingga 2029. Sementara puncak jarak paling dekat antara Mars dan Matahari terjadi pada 2035, di mana keduanya hanya berjarak 56,9 juta kilometer atau 35,4 juta mil.

Sementara itu, jarak terjauh antara Mars dan Bumi adalah pada masa konjungsi, yakni 401 juta kilometer. Ini terjadi ketika Bumi dan Mars berada di sisi berlawanan dari Matahari dan keduanya berada di posisi aphelion mereka (jarak terjauh dari Matahari).

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓