Bocoran Fitur Baru WhatsApp, Always Mute hingga Media Guidelines

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 03 Okt 2020, 09:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2020, 09:00 WIB
WhatsApp
Perbesar
WhatsApp (AP Photo/Patrick Sison, File)

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp dikenal sebagai aplikasi chatting yang penuh kemudahan. Namun baru-baru ini, versi beta untuk WhatsApp diperbarui dengan kehadiran berbagai fitur, terinspirasi dari platform lain.

Misalnya pada minggu lalu, WhatsApp menghadirkan fitur bernama Expiring Media. Kemudian, dihadirkan pula fitur Catalogue Shortcut dan sebuah tombol panggilan yang diperbarui untuk obrolan bisnis.

Minggu ini, WhatsApp dikabarkan tengah menghadirkan fitur baru untuk Android dalam versi v2.20.201.10 beta.

Mengutip Gizmochina, Sabtu (3/10/2020), fitur yang dimaksud antara lain adalah opsi "Always Mute", "Storage Usage UI", "dan Media Guidelines".

WABetaInfo dalam laporannya pun menjabarkan fungsi berbagai fitur baru ini.

1. Always Mute

Ada kalanya aplikasi pesan dipenuhi dengan berbagai notifikasi yang membuat pengguna terganggu. WhatsApp pun menawarkan sebuah fitur bernama "Mute" untuk mengatasi hal ini.

Durasi terlama untuk mengaktifkan fitur "Mute" adalah selama 1 jam. Namun dalam versi beta terbaru, WhatsApp menambahkan opsi "Always Mute".

Sayangnya kehadiran Always Mute ini baru dalam versi Beta terbaru WhatsApp untuk Android. Belum informasi resmi apakah opsi ini akan hadir secara resmi untuk semua pengguna.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Storage Usage

Ilustrasi WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

WhatsApp beta terbaru juga menghadirkan "Storage Usage" UI yang memiliki tampilan detail tentang penggunaan ruang penyimpanan, ketimbang sebelumnya. 

Pada tampilan baru ini, halaman bar menampung lebih banyak informasi storage. Di bawahnya ada opsi untuk membersihkan file yang sudah tidak diperlukan.

Ada pula ikon dua baris yang berisi file-file yang baru diterima serta dukungan untuk penyortiran.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Media Guidelines

WhatsApp
Perbesar
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Terakhir, pada WhatsApp untuk Android Beta v2.20.201.10 juga menambahkan "Media Guidelines" yang memiliki fungsi seperti pada Instagram.

Media Guidelines ini membantu pengguna meluruskan stiker dan teks ketika mengedit gambar, video, dan GIF.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya