Sukses

Apple Minta Pengguna Lakukan Ini untuk Perbaiki Bug GPS di Apple Watch

Guna mengatasi masalah pada GPS di Apple Watch yang tak bisa mensinkronkan data, Apple meminta pengguna melakukan hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis dokumen berisi solusi mengatasi bug terkait GPS di Apple Watch yang menjalankan iOS 14 dan WatchOS 7.

Sebelumnya Apple menemukan bug ini pada pekan lalu, tepatnya ketika para pengguna Apple Watch gagal merekam pemetaan data GPS pada aktivitas workout masing-masing.

Sejumlah pengguna mengaku data mereka hilang di aplikasi Fitness di iPhone setelah memakai aplikasi Workout milik Apple dan aplikasi pihak ketiga seperti Strava.

Mengutip Apple Insider, Jumat (2/10/2020), kini Apple menyarankan pengguna yang menjalankan iOS 14 pada iPhone dan WatchOS 7 di Apple Watch untuk menghapus dan restore data dari iCloud Backup. Hal ini diyakini dapat mengatasi bug GPS pada Apple Watch.

Secara khusus, Apple meminta pengguna untuk unpair Apple Watch dari iPhone. Pengguna kemudian diminta untuk membuat atau memperbarui iCloud Backup dan memverifikasi bahwa penyimpanan data kesehatan telah diaktifkan di iCloud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah Selanjutnya: Pulihkan Data

Setelah data dari Apple Watch dan iPhone dihapus, Apple mengajak pengguna untuk memulihkan data iPhone dari iCloud Backup yang baru saja disimpan.

Kemudian, memasangkan kembali (pair) dan restore data Apple Watch dengan aplikasi Watch.

Sayangnya, Apple tidak menjelaskan apa penyebab error tersebut. Namun berdasarkan solusi yang diberikan, yakni menghapus data dan melakukan restore, kemungkinan iOS 14 dan WatchOS 7 mungkin mengalami bug pada penanganan, penyimpanan, atau sinkronisasi data.

3 dari 3 halaman

Perkenalkan Apple Watch Terbaru

Bicara tentang Apple Watch, pada Apple September Event, perusahaan memperkenalkan Apple Watch seri terbaru. Hadir dengan nama Apple Watch Series 6, perusahaan memperkenalkan produk tersebut dalam event yang digelar secara virtual.

"Apple Watch selalu membantu orang hidup tetap sehat dan aktif, dan tahun ini kami meningkatan kemampuannya ke tahap selanjutnya," tutur CEO Apple, Tim Cook, saat peluncuran acara virtual yang digelar, Rabu (16/9/2020).

Menurut COO Apple, Jeff William, Apple Watch Series 6 merupakan varian Apple Watch paling canggih saat ini. Hal itu bukannya tanpa alasan, sebab Apple sudah membekali perangkat ini dengan kemampuan mengukur saturasi oksigen dalam darah.

Bersama dengan Apple Watch generasi terbaru ini, Apple turut memperkenalkan watchOS 7. Sistem operasi khusus smartwatch ini hadir dengan tujuh pilihan Watch Face yang dipilih sesuai dengan selera pengguna.

Selain itu, watchOS 7 juga dibekali dengan fitur fitnes dan kesehatan baru, termasuk low-range VO2 Max, pemantau kondisi tidur, pendeteksi cuci tangan otomatis, dan sejumlah tipe latihan baru. Ada pula dukungan penunjuk arah dari aplikasi Maps di versi ini.

Apple juga memperkenalkan fitur Family Setup di watchOS 7. Dengan fitur ini, orangtua memungkinkan menghubungkan akun Apple Watch anak ke iPhone milik mereka.

Melalui fitur ini, Apple ini memungkinkan anak-anak yang belum memiliki iPhone, tetap dapat merasakan pengalaman memakai Apple Watch.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini