Sukses

Per 1 Oktober Durasi Layanan Google Meet Versi Gratis Hanya 60 Menit

Versi gratis dari layanan Google Meet akan dibatasi dengan durasi maksimum 60 menit per 1 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Versi gratis dari layanan Google Meet akan dibatasi dengan durasi maksimum 60 menit per 1 Oktober 2020.

Hal ini selaras dengan pernyataan perusahaan pada awal April lalu yang menyebut bahwa semua pengguna Google dapat memanfaatkan layanan Google Meet secara cuma-cuma dengan durasi tak terbatas hingga 30 September.

Menurut laporan The Verge yang dikutip pada Senin (78/9/2020), juru bicara Google menyebut tidak ada perubahan rencana terkait hal itu.

"Kami tidak memiliki [informasi] apa pun untuk dikomunikasikan terkait perubahan promosi dan fitur lanjutan yang akan berakhir [pada 30 September 2020]. Jika ada perubahan, kami pasti akan memberi tahu Anda," kata juru bicara Google.

Itu artinya, awal Oktober mendatang pengguna Google Meet versi gratis hanya dapat melakukan video-conference selama sejam.

Apa yang akan terjadi saat suatu video-conference mencapai durasi tersebut? Video-conference itu akan terputus seketika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panggilan Google Meet Kini Bisa Via TV

Diwartakan sebelumnya, perusahaan mengumumkan kehadiran fitur baru di Google Meet. Kini, layanan video conference tersebut dapat diakses melalui layar TV.

Hal itu dapat dilakukan dengan memanfaatkan dukungan dari Chromecast. Kehadiran layanan ini diumumkan oleh anggota tim Chromecast Grace Yang beberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Rabu (19/8/2020), dengan dukungan ini, panggilan Meet dapat dilakukan dengan memanfaatkan Chromecast yang tersambung di TV, Smart Display, termasuk TV Pintar berbasis Android.

“Meet di Chromecast memungkinkan pengguna membuat atau bergabung dengan meeting untuk terhubung dengan teman sekolah, berkolaborasi dalam sebuah proyek, dan menghadiri kuliah,” tulisnya dalam forum dukung Chromecast.

Kendati demikian, suara dan video untuk komunikasi dua arah melalui Meet tetap perlu dilakukan melalui komputer. Jadi, yang ditampilkan di TV merupakan layar meeting secara keseluruhan.

Model Chromecast yang mendukung fitur ini adalah Chromecast Ultra termasuk Chromecast generasi kedua dan versi paling baru. Meski sudah dapat digunakan, Google mengingatkan performa fitur ini dapat berbeda tergantung model layar atau Android TV yang digunakan.

Sebagai informasi, dalam beberapa bulan terakhir, Google memang terus menambah fitur yang ada diMeet. Terbaru, ada fitur keamanan untuk mencegah pengguna anonim bergabung dalam sebuah meeting yang digelar pelanggan G Suite for Education atau G Suite Enterprise for Education.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini