Sukses

Aplikasi Lokal Ini Berikan Informasi Terkini di Suatu Daerah hingga Bentuk Komunitas

Aplikasi ini diklaim akan memudahkan pengguna mencari informasi di tempat mereka berada. Mulai dari tempat makan, hotel, kegiatan hingga atraksi.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia startup sedang berkembang di dukung dengan cepatnya kebutuhan akan solusi teknologi. Terlebih saat pandemi Covid-19, berbagai startup disiapkan agar membuat user-nya betah di rumah saja atau hanya sekadar berkeliling di kotanya.

Begitu juga salah satu solusi yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang ketika berkunjung di kota lain, baik berwisata, urusan bisnis, atau bahkan orang yang memang tinggal di kota tersebut.

"Biasanya, pengguna akan menggunakan aplikasi untuk merencanakan perjalanan ke kota tujuan. Lalu, apa yang akan pengguna lakukan di kota tujuannya? Bagaimana cara mendapatkan informasi di tempat tersebut?," tutur Bima Januri, CEO Localin, Kamis (17/9/2020).

Bima memperkenalkan Localin, aplikasi yang diklaim akan memudahkan penggunanya untuk mencari informasi di tempat mereka berada. Mulai dari tempat makan, hotel, kegiatan hingga atraksi.

"Selain itu, platform ini juga punya satu fitur yang berbeda dengan aplikasi lain, yakni komunitas. Fitur ini akan membantu pengguna untuk membuat, mengembangkan, atau menemukan komunitas yang diinginkan juga berbagi informasi dan mengatur kegiatan untuk anggota komunitas," kata Bima.

Untuk mendapatkan semua fitur premium ini, lalu membuat komunitas sendiri, setiap komunitas hanya membayar Rp 10.000/tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunitas Jadi Target

Bima juga mengatakan, komunitas merupakan salah satu target audience utama dari aplikasi ini. Berdasarkan hasil riset internal, banyak komunitas yang mengharapkan adanya fitur yang memudahkan mereka berinteraksi dan berkegiatan.

"51,4 persen responden yang kami tanyakan saat ini sedang bergabung dengan satu atau lebih komunitas. Sisanya, justru akan berencana bergabung dengan komunitas di masa depan," jelas Bima.

Menariknya, mayoritas responden menginginkan ada aplikasi yang mengakomodasi kebutuhan komunitasnya. Seperti fitur membuat kegiatan/pertemuan (60 persen), chatting (58,7 persen), dan mencari anggota baru (44 persen).

"Kebanyakan responden kami menganggap belum pernah ada platform yang bisa mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan komunitas mereka. Kami mendata untuk kemudian mewujudkan semua keinginan mereka," lanjut Bima.

 

3 dari 3 halaman

Fitur Berita Lokal

Lalu, untuk mencari tahu tentang berita terbaru di tempat para penggunanya berada, aplikasi yang baru diluncurkan ini menyediakan juga fitur berita lokal.

Fitur ini telah dikurasi agar hanya berita yang relevan berdasarkan lokasimu yang muncul untuk kamu baca yang bersumber dari media lokal maupun nasional yang kredibel.

"Jadi kita me-link kan berita-berita daerah tempat user berada, berasal dari berbagai media online lokal dan nasional. Setidaknya ada 80 media lokal dan nasional yang ada di database kita, dan itu di-update per jamnya," ungkap Bima.

Saat ini, di Localin telah tersedia fitur Hotel, Eats, News, Event, dan Community. Fitur lain yang juga akan segera hadir adalah Movies yang bisa memudahkan pengguna untuk membeli tiket bioskop tanpa mengantre. Serta khusus komunitas, fitur chat akan memudahkan interaksi antarpengguna yang tergabung dalam satu komunitas.

"Karena saat ini masih pandemi, info event yang kami sediakan baru yang diselenggarakan secara online saja," kata Bima.

(Pramita Tristiawati/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini