Sukses

Review Realme 7: Jagoan Baru Smartphone Kelas Menengah dengan Gaming Chipset, NFC, dan Kamera 64MP

Untuk rentang harga Rp 3 jutaan, apa yang ditawarkan oleh Realme 7 lebih dari cukup. Baterai, kamera, chipset dan NFC menjadi nilai jual utama dari Realme 7.

Liputan6.com, Jakarta - Realme 7 merupakan seri smartphone terbaru Realme dengan embel-embel angka yang telah lebih dulu dirilis di India belum lama ini.

Pada perayaan ulang tahun keduanya, perusahaan menegaskan seri smartphone angka mengusung jargon "Capture Sharper, Charge Faster". Artinya, seri smartphone ini menargetkan pengguna yang menginginkan kemampuan kamera tajam dan pengisian daya cepat.

Kami berkesempatan untuk mencoba unit Realme 7 selama kurang lebih sepuluh hari. Untuk mengetahui bagaimana performa smartphone yang berjalan pada Realme UI berbasis Android 10 tersebut, simak ulasan kami berikut ini.

Desain dan Layar

Sekilas, desain Realme 7 menurut saya mirip dengan Realme Narzo yang telah lebih dulu diluncurkan di pasaran beberapa bulan lalu.Luas layarnya 6,5 inci dengan rasio terhadap bodi mencapai 90,5 persen.

Penempatan lensa kamera depan di pojok kiri atas, pemindai sidik jari di tepi kanan yang menyatu dengan tombol power, serta lekukan di keempat sisinya mirip dengan apa yang dapat kita lihat pada Realme Narzo.

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Konsep pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power di tepi kanan, menurut saya, merupakan strategi tepat untuk tetap mempertahankan kesan berkelas daripada pemindai sidik jari di bodi belakang yang banyak ditemukan pada entry level smartphone.

Lalu dari sisi ongkos produksi, tentu saja pemindai sidik jari tipe ini juga lebih murah ketimbang pemindai sidik jari yang tersemat di bawah layar (in-display fingerprint scanner).

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Tombol volume terletak di tepi kiri bodi, sementara di tepi bawah perusahaan menempatkan lubang untuk audio jack 3,5mm, soket USB Type-C, dan pengeras suara (speaker).

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Beralih ke bodi belakang, di bagian kiri atas terdapat empat lensa kamera yang berderet secara vertikal. Lalu di bagian kiri bawah ada tulisan "realme" berwarna perak yang menjadi ciri khas perusahaan.

Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Hardware

MediaTek Helio G95 memainkan peran sebagai dapur pacu di Realme 7. Perlu diketahui, Realme 7 menjadi smartphone pertama di dunia yang dibekali gaming chipset tersebut.

MediaTek Helio G95 dirancang khusus dirancang pada arsitektur 12nm, sehingga ia menjadi lebih bertenaga dan memiliki efisiensi lebih tinggi. Chipset ini juga dilengkapi dengan dua inti Cortex-A76 hingga 2.05GHz dan enam inti Cortex-A55 hingga 2GHz, serta Mali-G76GPU pada 900MHz. 

ROM dan ROM dari Realme 7 masing-masing berkapasitas 8/128GB. Di atas kertas, spesifikasi ini akan mampu menghadirkan pengalaman gaming mulus serta performa bertenaga untuk memenuhi kebutuhan harian.

Bicara soal gaming chipet tak lengkap rasanya membahas sistem pendingin. MediaTek Helio G95 dilengkapi dengan sistem pendingin Carbon Fiber yang diklaim dapat menurunkan suhu hingga 8,6 persen sambil tetap menjaga performa ponsel. Sebagai smartphone dengan gaming chipset, layar Realme 7 dibekali dengan fresh rate 90Hz.

Call of Duty Mobile di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kami mencoba memainkan Call of Duty Mobile. Berkat spesifikasi Realme 7, saya dapat memilih setelan grafis dengan kualitas Very High dan frame rate High. Selain itu, kami juga menjajal Asphalt 9: Legends. Smartphone ini mendukung setelan grafis High

Asphalt 9: Legends di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Menurut pengujian yang saya lakukan di Sling Shot Extreme di 3D Mark, Realme 7 mendapat skor 2780. Ia mengungguli sekitar 57 persen seluruh tipe smartphone yang melakukan pengujian serupa.

Skor Realme 7 di Benchmark Platform 3D Mark dengan Pengujian Slingshot Extreme. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Soal performa, selama pengujian berlangsung suhu perangkat ada di kisaran 34 hingga 37 derajat. Ini bisa menjadi salah satu indikator bahwa sistem pendingin di Realme 7 bekerja sebagaimana mestinya. Tanpa sistem pendingin itu, boleh jadi suhu perangkat lebih besar dari itu.

Di luar keperluan gaming, performa Realme 7 tanpa ragu dapat diandalkan untuk keperluan sehari-hari mulai dari streaming musik, video, atau sekadar mengakses email dan media sosial.

3 dari 6 halaman

Kamera

Masing-masing lensa beresolusi 64MP, sudut lebar 119 derajat, lensa makro, serta lensa potret B&W. Untuk lensa 64MP, perusahaan memakai lensa buatan Sony. Berikut ini beberapa hasil jepretan kamera Realme 7.

Hasil Kamera 64MP di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu HidayatHasil Kamera Normal di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Foto makanan di atas diambil dengan mode 64MP dan normal. Terlihat, foto pertama yang diambil dengan mode 64MP memiliki detail lebih tinggi, seperti tekstur yang lebih terlihat tegas dan warnanya pun lebih hidup.

Hasil Kamera 64MP di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Kamera Normal di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kedua gambar di atas juga diambil dengan mode 64MP dan normal. Juga tampak jelas, lensa 64MP memproduksi hasil foto dengan detail lebih baik daripada mode normal.

Hasil Kamera Low Light dengan Night Mode Aktif di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Kamera Low Light dengan Night Mode Tidak Aktif di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Lalu dua foto low-light di atas diambil dengan Night Mode aktif dan mati. Terbukti, Night Mode membuat hasil foto lebih baik, terutama pada bagian pendaran cahaya lampu-lampu dan area di sekitarnya.

Berikut ini beberapa jepretan lainnya.

Hasil Kamera Normal di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Kamera Normal di Realme 7. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

4 dari 6 halaman

Baterai dan Pengisian Daya

Sebagai sumber tenaga, Realme 7 dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000mAh. Ia dipadukan dengan teknologi pengisian daya cepat 30W Dart Charge.

Sistem pengisian daya cepat ini mampu mengisi baterai dari nol hingga seratus persen dalam waktu 65 menit. Masa pakai baterai tentunya bervariasi dan tergantung pada pemakaian pengguna. 

Namun Realme mengklaim, baterai ini dapat membuat ponsel menyala 733 jam dalam keadaan siaga, 48 jam untuk bertelepon, 15 jam menonton video di YouTube, dan 81 jam memainkan streaming musik.

 

5 dari 6 halaman

Kesimpulan

Untuk rentang harga Rp 3 hingga 4 jutaan, apa yang ditawarkan oleh Realme 7 lebih dari cukup. Baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat, kamera utama 64MP, RAM dan ROM 8/128GB, serta gaming chipset dengan sistem pendingin sudah mampu mengakomodasi keperluan harian dan gaming.

Kehadiran NFC juga menjadi nilai plus lain dan cocok terutama bagi mereka yang sering bertransaksi memakai e-Money. NFC ini akan memudahkan pengguna mengisi saldo e-Money langsung dari aplikasi m-Banking atau aplikasi lainnya.

Tidak berlebihan rasanya untuk menyebut Realme 7 sebagai jagoan baru di segmen kelas menengah.

Sorotan utama saya pada ponsel ini adalah spesifikasi dan desainnya yang mirip dengan saudara tuanya di lini berbeda, yakni Realme Narzo. Perbedaan segmentasi pasar yang dipaparkan oleh perusahaan, boleh jadi tidak akan terlalu begitu berpengaruh pada keputusan calon pembeli mengingat kemiripan di antara keduanya.

6 dari 6 halaman

Spesifikasi Lengkap

 Processor

MediaTek Helio G95

CPU:Octa-core, Up to 2.05GHz

GPU:ARM Mali-G76 MC4 900MHz

Storage & RAM

RAM:8GB LPDDR4x dual-channel

ROM:128GB UFS 2.1

 

Color

Mist White, Mist Blue

 

Display

90Hz Ultra Smooth Display

6.5” (15.5cm) Fullscreen

Resolution:2400x1080 FHD+

Screen-to-body ratio:90.5%

Corning Gorilla Glass

 

Charging & Battery

30W Dart Charge

5000mAh(typ)

Includes an 5V/6A charger & cable

USB Type-C port

 

Camera

64MP Quad Camera

Rear Camera

64MP Ultra high-resolution wide-angle camera

f/1.8, 6P lens

Sony IMX682, 1/1.73”

 

8MP Ultra wide-angle Lens

FOV 119°, f/2.3, 5P lens

 

2MP B&W Portrait Camera

f/2.4, 3P lens

 

2MP Macro lens

4cm focus, f/2.4, 3P lens

 

Photography function

64MP Mode, Super NightScape, Starry Mode, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter Malam, Chroma Boost, Slow Motion, Bokeh Effect Control.

 

Video recording

UIS Video Stabilization

UIS Max Video Stabilization

4K/30fps video recording

1080P/30fps, 60fps video recording

720P/30fps, 60fps video recording

 

In-display Selfie

16MP Primary camera

FOV 79.3°, f/2.0, 5P lens

 

Photography function

Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR,

Face-Recognition, Filter, Bokeh Effect Control

 

Video recording

1080P/30fps video recording

720P/30fps video recordingCellular & Wireless

 

3-Card Slot

2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot

 

Wireless network

2.4/5 GHz

802.11 a/b/g/n/ac

Bluetooth 5.0

NFC

 

Navigation

GPS / AGPS/ Glonass / Beidou

 

Size & Weight

Height: 162.3mm

Width: 75.4mm

Depth: 9.4mm

Weight≈196.5g

 

Sensors

Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor

 

Operating System

realme UI

Based on Android 10

 

Packing List

realme 7

30W Dart Charger

USB Type-C Cable

Protect Case

Protect Film

SIM Card Tool

Important Info Booklet with Warranty Card

Tüv Rheinland Certificate card

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini