Sukses

Bos Facebook Kritik App Store dan Puji Toko Aplikasi Android

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengkritik peran toko aplikasi milik Apple, App Store. Menurutnya Apple telah melakukan dominasi dengan toko aplikasi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg mengkritik peran toko aplikasi milik Apple, App Store. Kritik ini diungkapkan bos Facebook dalam sebuah wawancaranya dengan Axios.

Zuckerberg menganggap, Apple telah melakukan dominasi dengan App Store. Pasalnya, App Store selama ini menjadi sumber utama aplikasi di ekosistem iOS dan iPadOS. Hal ini dinilai Zuckerberg sebagai sesuatu yang problematik.

"Ya, saya yakin mereka (Apple) memiliki kendali sepihak atas apa yang ada di perangkat, dalam hal aplikasi," kata Zuckerberg, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari MacWorld UK, Minggu (13/9/2020).

Lebih lanjut, Mark Zuckerberg juga menyebut, ada hal yang harus diperhatikan oleh orang.

"Saya pikir ada pertanyaan yang harus jadi perhatian orang, tentang kontrol App Store dan apakah memungkinkan bagi dinamika persaingan yang kuat," tuturnya.

Sebaliknya, Zuckerberg memuji Android sebagai platform yang lebih terbuka yang memungkinkan pemasangan aplikasi dari sumber lain dan toko aplikasi lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akui Tak dalam Posisi Terbaik untuk Mengkritik

Mengingat Facebook kini telah jadi fokus berbagai penyelidikan, Zuckerberg mengakui, ia tak selalu dalam posisi terbaik untuk mengkritik praktik bisnis perusahaan lain.

Namun, Zuckerberg tidak merahasiakan fakta bahwa dirinya memandang kebijakan Apple patut dipertanyakan.

Ditanya mengenai perlunya investigasi mengenai syarat dan ketentuan pada App Store, Zuckerberg menyebut bukan tempatnya berbicara tentang hal ini.

"Saya rasa, saya bukan orang yang tepat untuk menjawab ini. Namun saya berpikir, sejumlah perilaku tentu menimbulkan pertanyaan. Saya rasa itu merupakan sesuatu yang perlu dicermati, dan mereka sedang diperiksa dengan cermat," katanya.

3 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kalinya Bos Facebook Kritik Apple

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Mark Zuckerberg mempertanyakan kebijakan Apple secara terbuka.

Bulan lalu, Zuckerberg mempertanyakan praktik Facebook mengumpulkan biaya dari Facebook Event. Facebook juga pernah mengkritik fitur privasi di iOS 14.

Mengetahui wawancara ini, banyak pihak yang tidak bisa menerima komentar Zuckerberg terhadap Apple.

Ada pihak yang beranggapan bahwa Zuckerberg sendiri cukup kontroversial dengan Facebook. Pasalnya, Facebook dianggap mendominasi pasar dan Zuckerberg bukan orang yang pantas memberikan kritikan terhadap Apple tentang dominasi.

Sementara, pihak lain menuding Zuckerberg membuat kritik atas kepentingannya sendiri, karena Facebook dan Apple dalam hubungan yang kompetitif.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini