Bos Facebook Kritik App Store dan Puji Toko Aplikasi Android

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 13 Sep 2020, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Sep 2020, 15:00 WIB
[Bintang] Mark Zuckerberg
Perbesar
Tawa Mark Zuckerberg sebelum dirundung masalah pencurian data pengguna Facebook. (AFP/JUSTIN SILLIVAN)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg mengkritik peran toko aplikasi milik Apple, App Store. Kritik ini diungkapkan bos Facebook dalam sebuah wawancaranya dengan Axios.

Zuckerberg menganggap, Apple telah melakukan dominasi dengan App Store. Pasalnya, App Store selama ini menjadi sumber utama aplikasi di ekosistem iOS dan iPadOS. Hal ini dinilai Zuckerberg sebagai sesuatu yang problematik.

"Ya, saya yakin mereka (Apple) memiliki kendali sepihak atas apa yang ada di perangkat, dalam hal aplikasi," kata Zuckerberg, seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari MacWorld UK, Minggu (13/9/2020).

Lebih lanjut, Mark Zuckerberg juga menyebut, ada hal yang harus diperhatikan oleh orang.

"Saya pikir ada pertanyaan yang harus jadi perhatian orang, tentang kontrol App Store dan apakah memungkinkan bagi dinamika persaingan yang kuat," tuturnya.

Sebaliknya, Zuckerberg memuji Android sebagai platform yang lebih terbuka yang memungkinkan pemasangan aplikasi dari sumber lain dan toko aplikasi lain.

2 dari 3 halaman

Akui Tak dalam Posisi Terbaik untuk Mengkritik

Mark Zuckerberg
Perbesar
CEO Facebook Mark Zuckerberg (AP Photo/Jacquelyn Martin)

Mengingat Facebook kini telah jadi fokus berbagai penyelidikan, Zuckerberg mengakui, ia tak selalu dalam posisi terbaik untuk mengkritik praktik bisnis perusahaan lain.

Namun, Zuckerberg tidak merahasiakan fakta bahwa dirinya memandang kebijakan Apple patut dipertanyakan.

Ditanya mengenai perlunya investigasi mengenai syarat dan ketentuan pada App Store, Zuckerberg menyebut bukan tempatnya berbicara tentang hal ini.

"Saya rasa, saya bukan orang yang tepat untuk menjawab ini. Namun saya berpikir, sejumlah perilaku tentu menimbulkan pertanyaan. Saya rasa itu merupakan sesuatu yang perlu dicermati, dan mereka sedang diperiksa dengan cermat," katanya.

3 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kalinya Bos Facebook Kritik Apple

Aplikasi di smartphone
Perbesar
Sekarang kamu bisa beli aplikasi di App Store dan melakukan pembayaran digital lewat DANA.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya Mark Zuckerberg mempertanyakan kebijakan Apple secara terbuka.

Bulan lalu, Zuckerberg mempertanyakan praktik Facebook mengumpulkan biaya dari Facebook Event. Facebook juga pernah mengkritik fitur privasi di iOS 14.

Mengetahui wawancara ini, banyak pihak yang tidak bisa menerima komentar Zuckerberg terhadap Apple.

Ada pihak yang beranggapan bahwa Zuckerberg sendiri cukup kontroversial dengan Facebook. Pasalnya, Facebook dianggap mendominasi pasar dan Zuckerberg bukan orang yang pantas memberikan kritikan terhadap Apple tentang dominasi.

Sementara, pihak lain menuding Zuckerberg membuat kritik atas kepentingannya sendiri, karena Facebook dan Apple dalam hubungan yang kompetitif.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa