Sukses

Apple Ungkap Kemungkinan Face ID Hadir di Mac

Apple tengah mengeksplor kemungkinan Face ID diterapkan di komputer Mac.

Liputan6.com, Jakarta - Face ID selama ini jadi fitur yang ada pada iPhone dan iPad. Padahal kehadirannya di komputer Mac juga cukup diperlukan.

Sebelumnya, Apple telah memperkenalkan Touch ID ke Mac. Kemungkinan terbaru, Face ID bakal jadi salah satu fitur keamanan yang akan ada di komputer Mac.

Mengutip Ubergizmo, Minggu (13/9/2020), Apple tengah mengeksplor kemungkinan Face ID diterapkan di komputer Mac.

Hal ini berdasarkan sebuah paten yang dimiliki Apple. Menurut Apple World Today, paten tentang Face ID mengisyaratkan bahwa fitur keamanan ini akan hadir di Mac.

"Dalam beberapa perwujudannya, perangkat elektronik secara opsional mengidentifikasi wajah seseorang dan secara opsional melakukan tindakan sesuai indikasi tersebut," demikian bunyi sebagian paten tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Hanya untuk Identifikasi Pengguna

Deskripsi paten juga menyebut, sistem Face ID tak hanya bisa dipakai untuk mengidentifikasi, tetapi juga bisa digunakan untuk menentukan pandangan pengguna dan melakukan tindakan berdasarkan hal tersebut.

"Dalam beberapa perwujudan, perangkat elektronik secara opsional menentukan lokasi pandangan di antarmuka pengguna dan secara opsional melakukan tindakan sesuai dengan yang ditentukan," tulis sebagian deskripsi paten.

3 dari 3 halaman

Dukung Aksesibilitas

Jika fitur FaceID hadir di Mac, hal ini bisa membantu aksesibilitas bagi mereka yang difabel. Contohnya, mereka bisa menggunakan mata untuk melihat ikon di layar untuk membuka sebuah aplikasi.

Hingga kini, belum diketahui apakah paten ini benar-benar diwujudkan, namun dengan rencana Apple bakal merilis komputer Mac berbasis ARM baru, mungkin saja fitur ini sudah diperhitungkan.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini