Sukses

Jelang PSBB Jakarta, Smartfren Pastikan Jaringan 4G Optimal

Smartfren memastikan jaringan 4G di Jakarta tetap optimal saat Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 14 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren memastikan jaringan 4G di Jakarta tetap optimal saat Pemprov DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 14 September 2020.

Sebelumnya operator yang tergabung di Grup Sinarmas ini menyelanggarakan optimasi jaringan dan secara intensif terus memantau perubahan trafik yang terjadi.

Adapun optimasi jaringan yang dilakukan Smartfren dengan menyesuaikan kapasitas jaringan di area yang memiliki trafik rendah, kemudian mengatur kembali route trafik data ke area yang memerlukan kapasitas lebih tinggi, sesuai kapasitas masing-masing.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh pelanggan Smartfren mendapatkan koneksi internet maksimal di mana pun mereka berada.

Bagi operator seluler, PSBB akan mengubah pola pergerakan orang dan hal ini menyebabkan titik kepadatan trafik data berubah menjauh dari area bisnis, perkantoran, dan wisata.

VP Technology Relation & Special Project Smartfren , Munir Syahda Prabowo, mengatakan, Smartfren siap dan terus mengoptimalkan jaringan agar kinerjanya bisa mendukung skema PSBB dari pemerintah.

"Jaringan Smartfren sudah 100 persen 4G, selalu dipantau secara intensif selama 24 jam dan dikelola secara dinamis. Jadi menyesuaikan pergerakan kepadatan trafik," kata Munir, melalui keterangan resmi Smartfren yang diterima Liputan6.com, Sabtu (12/9/2020).

Lebih lanjut, proses optimasi jaringan ini dilakukan terus menerus guna menjamin pelanggan mendapatkan kualitas maksimal saat sedang bekerja atau belajar dari rumah memakai aplikasi video conference.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Layanan Pelanggan Aktif 24 Jam

"Misalnya, ketika PSBB 14 September 2020 nanti trafik lebih tinggi di area permukimann karena WFH, kami akan melakukan penyesuaian kapasitas untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut," tutur Munir.

Smartfren juga menyiapkan call center yang bisa dihubungi selama 24 jam melalui 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain.

Galeri Smartfren pun tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Misalnya pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, penerapan jaga jarak saat antrean, memasang sekat pembatas di counter pelayanan, dan mewajibkan pemakaian masker bagi pegawai dan pengunjung.

3 dari 3 halaman

Berbagai Produk dan Paket untuk Pelanggan

Di samping itu, Smartfren telah meluncurkan produk baru yang relevan bagi pengguna yang melaksanakan WFH dan SFH. Misalnya Smartfren Unlimited dengan Booster Unlimited serta Kuota Nonstop.

Smartfren Unlimited merupakan paket internet yang bisa mengakses berbagai aplikasi tanpa ada batasan, selama 24 jam, sehingga pelanggan tidak perlu membeli paket satu per satu sesuai kebutuhan aplikasi.

Sementara, Kuota Nonstop merupakan paket data berkuota besar dengan bonus akses yang membuat pelanggan bisa tetap terhubung ke internet meski kuota utamanya habis.

Sebelumnya pada masa penerapan PSBB pertama kali, yakni di antara Maret – Mei 2020, Smartfren mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 10 persen di seluruh wilayah operasional.

Penyebabnya adalah adanya peningkatan aktivitas masyarakat secara online, yang didukung adanya berbagai paket kuota data Smartfren sesuai dengan kebutuhan mereka.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini