Sukses

Sama-Sama Entry Level, Pilih Redmi 9A atau Redmi 9C?

Bingung memilih Redmi 9A atau Redmi 9C? Simak pembahasannya di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja memperkenalkan Redmi 9C untuk pasar Indonesia. Smartphone ini hadir menyusul Redmi 9A yang diperkenalkan bulan lalu.

Seperti diketahui, kedua smartphone ini hadir menyasar pasar entry-level. Harga keduanya pun sebenarnya tidak terpaut jauh, sekitar Rp 200 ribu untuk varian dengan RAM dan memori internal yang sama.

Lantas apa perbedaan dari dua model smartphone anyar tersebut? Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Redmi 9C sebenarnya merupakan peningkatan dari Redmi 9A.

Hal itu dapat dilihat dari kamera dan chipset yang digunakan. "Salah satu yang terlihat adalah Redmi 9C memiliki tiga kamera, bukan satu seperti 9A," tuturnya saat konferensi pers virtual, Kamis (10/9/2020).

Selain itu, chipset yang digunakan di Redmi 9C juga lebih tinggi dari Redmi 9A. Sebab, Redmi 9C menggunakan MediaTek Helio G35, sedangkan Redmi 9A menggunakan MediaTek Helio G25.

Dengan dua hal itu, keduanya pun disebut membidik target pasar berbeda.

Redmi 9A ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan perangkat entry level terbaik, sedangkan Redmi 9C ditujukan untuk generasi muda yang menginginkan performa dan kamera lebih. 

Alvin juga menjelaskan keputusan Xiaomi menghadirkan dua model perangkat di kelas 1,5 jutaan ini bukan tanpa alasan. Dia menuturkan pasar smartphone entry level akan meningkat pada saat pandemi hingga setelahnya.

Alasannya, ada perubahan pola dari konsumen yang biasnya membeli smartphone Rp 2 jutaan, lalu membeli model dengan harga di bawahnya. Hal itu yang membuat pasar smartphone di kisaran Rp 1 jutaan ini akan membesar.

"Untuk itu, Redmi 9A dan Redmi 9C menjadi opsi terbaik bagi konsumen di entry level. Terlebih, di segmen ini perbedaan harga Rp 200 ribuan itu akan sangat berarti," ujarnya menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Xiaomi Resmi Perkenalkan Redmi 9C, Harga Rp 1 Jutaan

Xiaomi sendiri memang baru saja memperkenalkan Redmi 9C untuk pasar Indonesia. Smartphone ini hadir melengkapi Redmi 9A yang sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu.

Menurut Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, Redmi 9C didesain sebagai perangkat yang menyasar generasi muda atau berjiwa muda. Karenanya, smartphone ini hadir dengan sejumlah kemampuan yang dibutuhkan mereka.

"Redmi 9C sangat spesial karena didesain untuk generasi muda atau berjiwa muda. Untuk itu, smartphone ini menawarkan layar besar, baterai lebih awet, kamera kece, dan performa kencang," tuturnya dalam peluncuran Redmi 9C secara virtual, Rabu (9/9/2020).

Untuk diketahui, smartphone ini memiliki layar berukuran 6,53 inci dengan desain Dot Drop atau lebih dikenal sebagai waterdrop notch. Redmi 9C mempunyai resolusi layar 720x1600 HD+.

"Desain unibodi smartphone ini membuatnya lebih premium. Kami juga sudah menghadirkan desain anti slip dan anti sidik jari di perangkat ini," tutur Alvin melanjutkan.

Untuk spesifikasi, perangkat ini dibekali MediaTek Helio G35. Sebagai penunjang performa, ada baterai berkapasitas 5.000mAh. 

Lantas, berapa harga Redmi 9C di Indonesia? Varian RAM 3GB/ROM 32GB akan dijual Rp 1.499.000 dengan harga perkenalan Rp 1.399.000, sedangkan varian RAM 4GB dan ROM 64GB dibanderol Rp 1.649.000 dengan harga perkenalan Rp 1.599.000.

"Penjualan perdana akan dilakukan pada 15 September 2020 di Mi.com, JD.ID, dan Mi Authorized Store. Lalu menyusul ke rekanan ritel offline lain, seperti Erafone," ujar Alvin.

3 dari 3 halaman

Spesifikasi Redmi 9C

Smartphone ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni twilight blue, midnight grey, dan sunrise orange. Redmi 9C hadir dengan sertifikasi P2i splash proof dan TUV Rheinland.

Beralih ke fotografi, smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13MP (lensa utama), 2MP (lensa makro), dan 2MP (depth sensor). Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 5MP.

Untuk Redmi 9C di Indonesia, Xiaomi juga menghadirkan garansi hingga 24 bulan. Karenanya, Alvin mengatakan konsumen tidak perlu khawatir saat membeli perangkat ini. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.