Sukses

Verifikasi Transaksi GoPay Kini Bisa Pakai Sidik Jari

GoPay baru saja mengumumkan kehadiran fitur biometrik sidik jari dan pengenalan wajah untuk melakukan verifikasi transaksi di luar layanan Gojek.

Liputan6.com, Jakarta - GoPay baru saja mengumumkan kehadiran fitur biometrik sidik jari dan pengenalan wajah untuk melakukan verifikasi transaksi di luar layanan Gojek. Fitur ini disebut menjadi bagian dari Gojek SHIELD, yaitu rangkaian teknologi keamanan di aplikasi Gojek.

Saat ini, fitur biometrik sidik jari sudah tersedia untuk seluruh pengguna Android dan iOS. Namun untuk fitur pengenalan wajah, pengguna iOS saja yang baru dapat menggunakannya.

"Selain PIN, pengguna dapat memanfaatkan fitur identifikasi biometrik atau karakteristik fisiologis unik tiap pengguna berupa sidik jari atau wajah guna meningkatkan keamanan transaksi," tutur Managing Director GoPay , Budi Gandasoebrata, dalam keterangan resmi, Kamis (10/9/2020).

Dengan kehadiran fitur ini, Budi berharap pengguna dapat bertransaksi di GoPay secara lebih maksimal. Terlebih, ada jaminan saldo GoPay kembali untuk kehilangan yang terjadi di luar kendali pengguna.

Untuk itu, bagi kamu pengguna GoPay yang menjajal fitur ini perlu memperbarui aplikasi ke versi terkini terlebih dulu. Lalu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Dari halaman GoPay, kamu tinggal mengklik opsi Lainnya.
  2. Setelah itu, pilih pengaturan dan klik ID Sidik Jari.
  3. Masukkan PIN.
  4. Beri izin mengaktifkan fitur ID Sidik Jari dan kamu langsung dapat memanfaatkannya.

Sementara untuk mengakses fitur ini dari halaman transaksi pembayaran, berikut ini ada beberapa langkahnya:

  1. Setelah menyelesaikan transaksi memakai GoPay, akan muncul opsi notifikasi pengaktifkan ID Sidik Jari
  2. Lalu, klik 'Izinkan Sekarang' untuk mengaktifkan fitur ini.

Lalu untuk pengguna iOS, cek langkah-langkahnya berikut ini: 

  1. Buka opsi “Setting” dan klik “Touch ID & Passcode”
  2. Masukkan password
  3. Pilih “Add a Fingerprint" dan ikuti instruksi
  4. Masih di opsi “Setting”, kamu tinggal aktifkan Touch ID untuk aplikasi Gojek dan fitur ini langsung aktif. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gopay Hadirkan Fitur Tarik Tunai, Bisa Dipakai Seluruh ATM BCA

Sebelumnya, Gopay juga mengumumkan telah memiliki fitur tarik tunai yang bisa digunakan di ATM BCA di seluruh Indonesia. Hal ini terselenggara atas kerja sama antara Gopay dan BCA.

Dengan begitu, pengguna hanya butuh lima langkah mudah untuk proses tarik tunai Gopay di ATM BCA. Untuk mengetahuinya, berikut ini langkah-langkah penarik saldo GoPay di ATM BCA: 

1. Klik menu GoPay Lainnya di aplikasi Gojek

2. Pilih fitur Tarik Tunai

3. Masukkan jumlah nominal saldo GoPay yang ingin ditarik

4. Lakukan otentikasi dengan PIN.

5. Setelah otentikasi, pelanggan akan menerima 6-digit kode transaksi yang dapat langsung digunakan untuk tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA terdekat.

6. Kode transaksi bersifat rahasia dan hanya berlaku selama 1 (satu) jam dari waktu kode tersebut diberikan.

Sementara ketika di depan ATM BCA, pengguna bisa memilih untuk bertransaksi tanpa kartu melalui menu "Transaksi Tanpa Kartu".

Selanjutnya pengguna bisa memasukkan kode virtual account (70008 + nomor HP) kemudian kode transaksi. ATM BCA akan mengeluarkan uang tunai sesuai jumlah yang ditarik.

3 dari 3 halaman

Kerja Sama Gopay dan BCA

VP Business Development Gopay, Imam Akbar Hadikusumo, mengatakan, di masa yang penuh tantangan ini, Gopay ini terus berinovasi memenuhi kebutuhan pengguna.

"Fitur tarik tunai Gopay, didukung dengan jaringan ATM BCA yang luas dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, memudahkan pengguna Gopay untuk mengirimkan uang kepada rekan atau kerabat yang berada di luar kota atau belum memiliki akun bank," kata Imam dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (11/8/2020).

Imam mengatakan, penerima bisa melakukan tarik tunai secara praktis di ATM BCA di mana saja tanpa kartu, lewat fitur ini.

Fitur ini juga sangat membantu pengguna GoPay yang sehari-harinya terbiasa cashless, tapi di beberapa kesempatan perlu tunai.

Selain kerja sama dalam menghadirkan fitur Tarik Tunai di ATM BCA, sebelumnya, BCA dan Gopay telah melakukan kerja sama seperti melalui fitur Virtual Account BCA dan fitur OneKlik.

Imam juga menjelaskan, fitur ini akan tersedia secara bertahap untuk semua pengguna Gojek. Pengguna hanya perlu meng-update aplikasi Gojek di smartphone-nya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.