Cocok Buat Gamer, TWS Ini Diklaim Punya Latency Rendah

Oleh Iskandar pada 07 Sep 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 07 Sep 2020, 13:00 WIB
Vyatta Airboom Nitro. Dok: Vyatta Indonesia
Perbesar
Vyatta Airboom Nitro. Dok: Vyatta Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kalangan menganggap, perangkat true wireless stereo (TWS) terdengar kurang sempurna, baik dari segi clarity maupun latency atau delay.

Masalah utama yang sering dihadapi para gamer pada TWS adalah latency yang masih terbilang cukup tinggi. Misalnya, suara yang dihasilkan terdengar lebih lambat dibandingkan dengan gambar yang ditampilkan pada layar.

Untuk mengatasi hal tersebut perusahaan penyedia aksesori komputer dan smartphone, Vyatta, menciptakan TWS untuk para pecinta musik dan juga mobile gamer.

Wirawan Ciputra, Vice President Vyatta Indonesia, mengatakan TWS yang dirancang perusahaan memiliki delay yang sangat rendah yaitu hanya 65 milliseconds (ms), ditambah bobotnya hanya 410 gram.

"Setelah tim R&D Vyatta melakukan pengembangan inovasi, kami akhirnya berhasil menciptakan dua buah TWS dengan segmen kebutuhan berbeda lewat seri Airboom Nitro dan Airboom Dom," kata Wirawan melalui keterangannya, Senin (7/9/2020).

Ia menjelaskan Airboom Nitro diperuntukan untuk para gamer, di mana produk ini memiliki latency hanya 65ms dibandingkan dengan TWS gaming lain yang masih memiliki latency sekitar 119–200ms.

"Sementara Airboom Dom lebih mengutamakan kualitas suara yang memang diperuntukan untuk para pecinta musik. Selain itu, bentuk yang mini dengan berat hanya 410 gram dapat memberikan kesan yang modern," ucapnya menambahkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Fitur Unggulan Airboom Nitro

Vyatta Airboom Nitro. Dok: Vyatta Indonesia
Perbesar
Vyatta Airboom Nitro. Dok: Vyatta Indonesia

Selain latency yang sangat minim, Airboom Nitro dilengkapi dual microphone untuk membuat suara yang dihasilkan terdengar jernih dan jelas, mengingat microphone menjadi pelengkap utama dalam memainkan mobile gaming.

Juga memiliki kemampuan auto pairing dari powercase-nya. Ditambah mendukung audio codec AAC (Advanced Audio Coding) yang umumnya memiliki kualitas suara lebih baik dari MP3 dalam bitrate sama, khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s.

Selain itu, Airboom Nitro diperkuat baterai yang bisa bertahan hingga 37 jam (baterai dari earbuds dan powercase) dalam sekali pengecasan. Dalam 5 menit pengecasan Airboom Nitro diklaim bisa digunakan hinggal 1 jam 15 menit.


Fitur Unggulan Airboom Dom

Vyatta Airboom Dom. Dok: Vyatta Indonesia
Perbesar
Vyatta Airboom Dom. Dok: Vyatta Indonesia

Airboom Dom menawarkan kualitas suara beresolusi tinggi dengan codec aptX dari Qualcomm, teknologi auto pairing dari powercase, dan noise reduction atau penangkal kebisingan dari Qualcomm cVc.

Qualcomm cVc memungkinkan TWS ini menghilangkan suara 'noise' di sekitar hingga 30db dan akan fokus ke suara vokal saat dipakai untuk menelepon.

Selain itu, Airboom Dom juga dilengkapi dengan fungsi 14 in 1 yang memudahkan pengguna untuk beraktivitas.

Mengenai harga, Airboom Nitro ditawarkan dengan harga spesial di Shopee senilai Rp 439.000 dan Airboom Dom di Tokopedia dengan hanya Rp 639.000. Harga tersebut berlaku saat peluncuran exclusive pada 7 September 2020.

(Isk/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya