Sukses

Uji Coba, Instagram Stories Kini Tampil di Facebook

Perusahaan mengatakan tengah melakukan uji coba untuk menampilkan Instagram Stories yang diunggah pengguna ke aplikasi Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya Facebook untuk membuat seluruh aplikasinya terintegrasi ternyata kian gencar dilakukan. Terbaru, pengguna dimungkinkan untuk mengunggah konten Instagram Stories ke platform Facebook.

Dikutip dari The Verge, Senin (7/9/2020), fitur ini memang masih sebatas uji coba, tapi menunjukkan keseriusan Facebook membuat seluruh platform miliknya memberikan pengalaman penggunaan yang terintegrasi.

Untuk sekarang, uji coba fitur ini masih terbatas untuk sejumlah pengguna saja. Facebook pun mengatakan terbuka terhadap masukkan (feedback) dari pengguna mengenai kehadiran fitur tersebut.

Perlu diketahui, fitur ini sebenarnya tidak langsung membuat Instagram Stories pengguna muncul untuk seluruh pengguna Facebook.

Jadi, akun yang dapat melihat Stories tersebut sebenarnya hanya followers pengguna yang memang menghubungkan akun Instagram dan Facebook-nya.

Oleh sebab itu, perusahaan memastikan konten Stories yang muncul di Facebook, dilihat orang yang sama dengan di Instagram. Seluruh jumlah views maupun tanggapan untuk Stories itu nantinya tetap ditampilkan di Instagram.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Facebook mencoba melakukan integrasi dengan Instagram. Bulan lalu, raksasa media sosial itu diketahui mulai menggabungkan Facebook Messenger dan Instagram Direct.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook Mulai Gabungkan Instagram dan Messenger

Bulan lalu, Facebook mulai mengintegrasikan sistem chat untuk Instagram dan Messenger. Sebuah pembaruan untuk fitur tersebut diketahui sudah menyambangi sejumlah pengguna iOS dan Android.

Dilansir dari The Verge, Minggu (16/8/2020), sejumlah pengguna melihat pembaruan di aplikasi Instagram dengan keterangan "There's a New Way to Message on Instagram".

Selain itu ada daftar fitur termasuk yang disebut dengan "a new colorful look for your chats," atau tampilan chat lebih berwarna.

Setelah pengguna menekan opsi pembruan, ikon DM yang biasa di kanan atas Instagram diganti dengan logo Facebook Messenger.

Fitur-fitur baru lainya termasuk chat di Instagram juga lebih berwarna daripada sebelumnya, lebih banyak reaksi emoji, serta opsi swipe-to-reply, dan "chat with friends who use Facebook."

Namun, untuk saat ini pengguna masih belum bisa mengirim pesan ke pengguna Facebook dari Instagram.

3 dari 3 halaman

Penegasan Facebook

Kehadiran pembaruan ini dinilai mempertegas rencana Facebook untuk menyatukan seluruh platform pesannya.

Saat ini, Facebook memiliki tiga layanan pesan yaitu Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Facebook sebelumnya dilaporkan akan membangun kembali infrastruktur dasarnya.

Raksasa media sosial tersebut berharap bisa membuat pengguna yang hanya ada di satu aplikasi bisa terhubung ke aplikasi-aplikasi lain Facebook.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini