Sukses

Tips Penting dalam Memilih Kartu Memori microSD untuk Ponsel

Tips Penting dalam Memilih Kartu Memori untuk Ponsel [BELUM]

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan kartu memori eksternal seperti microSD merupakan salah satu fitur penting dari sebuah ponsel terutama bagi ponsel dengan ROM berkapasitas terbatas.

Bayangkan, kalau misalnya hampir separuh dari kapasitas ROM ponsel kamu terpakai untuk sistem operasi dan separuh lainnya untuk aplikasi harian, bagaimana kamu bisa memasang gim favorit kamu, menyimpan foto, lagu, video ataupun file lainnya?

Atau, kalau kamu punya hobi memotret foto beresolusi tinggi dan merekam video 4K, mau tidak mau kamu memerlukan memori tambahan juga untuk menyimpan hasil karya kamu, kan? 

Di sinilah kartu memori microSD memainkan perannya.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli kartu memori microSD, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Kapasitas

Sebagai permulaan, sebaiknya kamu cari tahu, berapa kapasitas maksimal kartu memori eksternal yang didukung oleh ponsel kamu. Jangan sampai kamu telanjur membeli kartu memori yang kapasitasnya melebihi dukungan maksimum.

Beberapa ponsel kelas menengah hingga flagship terbaru sudah mendukung kartu memori berkapasitas 128GB, 256GB, 512GB, bahkan 1TB seperti Galaxy Note 20 Ultra.

 

3 dari 3 halaman

2. Kebutuhan

Selain kapasitas, kamu juga mesti menentukan sejak awal, untuk apa kartu memori itu akan dipakai kelak. Apakah untuk menyimpan aplikasi?

Atau untuk mengambil foto dengan mode pengambilan kontinu (continuous/burst shooting)? Atau untuk merekam video 4K?

Asal kamu tahu saja, beberapa contoh aktivitas di atas idealnya menuntut spesifikasi kartu memori berbeda. Umumnya, pabrikan kartu memori menampilkan keterangan apakah produk mereka, misalnya, mendukung perekaman 4K.

Oleh sebab itu, kamu mesti memastikan apakah spesifikasi kartu memori yang kamu cari, sesuai dengan kebutuhan kamu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini