Sukses

Penjelasan Telkomsel Soal Dugaan Hacker Lakukan Peretasan via SMS

Telkomsel memberikan tanggapan mengenai informasi adanya dugaan penyalahgunaan akses sistem internal perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memberikan tanggapan mengenai informasi adanya dugaan penyalahgunaan akses sistem internal Telkomsel.

Sebelumnya, beredar di media sosial bahwa sistem internal Telkomsel diduga telah dipakai oleh seseorang untuk mendapatkan akses ke fitur SMS seorang pelanggan.

Informasi yang diperoleh dari SMS ini kemudian digunakan oleh orang tersebut untuk masuk ke berbagai akun finansial korban, termasuk mendaftarkan identitas korban ke layanan kredit.

Atas masalah ini, Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin melalui keterangan resmi perusahaan memastikan dan menjamin, hingga saat ini data pelanggan tetap aman.

"Telkomsel memastikan dan menjamin hingga saat ini data pelanggan yang tersimpan dalam sistem Telkomsel tetap aman dan terjaga kerahasiaannya," katanya, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (2/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Deteksi Adanya Peretasan

Denny lebih lanjut memastikan, saat ini sistem keamanan seluruh operasional perangkat berfungsi normal. Ia juga mengatakan, Telkomsel tidak mendeteksi adanya peretasan.

"Telkomsel secara konsisten telah menerapkan sistem pengamanan, termasuk operasional sistem perlidungan dan keamanan data pelanggan dengan prosedur standard operasional tersertifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di industri telekomunikasi di Indonesia," tuturnya.

Untuk alasan keamanan, Telkomsel mengimbau masyarakat untuk menjaga kerahasiaan data pribadi, termasuk informasi password, PIN ataupun OTP yang digunakan sebagai verifikasi akses layanan digital.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.