Sukses

MediaTek Umumkan Helio G95, Chipset untuk Smartphone Gaming Premium

MediaTek Helio G95 adalah chipset untuk smartphone gaming premium terbaru dari MediaTek.

Liputan6.com, Jakarta - MediaTek mengumumkan chipset smartphone terbaru, Helio G95. Chipset ini ditujukan untuk mendukung kemampuan gaming pada smartphone premium.

Anggota baru di lini Helio G series ini memiliki teknologi gim MediaTek HyperEngine versi terbaru, dukungan multi-kamera, konektivitas kencang, dan AI Super Resolution untuk streaming video.

Chipset ini hadir untuk mendukung smartphone gaming 4G. Rencananya, smartphone dengan chip Helio G95 ini bakal diluncurkan di pasar global mulai September.

Helio G95 menawarkan kinerja lebih cepat, fitur premium di fotografi multi-kamera yang mampu mendukung pemrosesan gambar hingga 4 kamera, dan dukungan AI processing unit. Chipset ini juga mendukung tampilan standar HDR 10.

Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek Yenchi Lee mengatakan, segmen smartphone gaming yang terus tumbuh membuat vendor terus menghadirkan produk berteknologi lebih baru.

"MediaTek terus meningkatkan chip seri G untuk menawarkan kinerja hebat dan MediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini,” kata Lee, dikutip dari keterangan MediaTek, Rabu (2/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arsitektur Helio G95

MediaTek Helio G95 menggabungkan sepasang CPU Arm Cortex-A76 dengan frekuensi hingga 2,05GHz dan enam CPU Cortex-A55 yang efisien penggunaan dayanya, serta Arm Mali-g76 MC4 yang sudah diperbarui, dengan frekuensi hingga 900MHz untuk kinerja core tunggal dan multicore.

Chip ini juga dilengkapi dengan sebuah DSP ultra-low power dan always-on yang mendukung deteksi wake-up word ganda, memastikan perpindahan lancar antara dua fungsi Voice Wakeup (VoW) paralel.

DSP ultra-low power ini meminimalkan konsumsi daya dari aplikasi seperti Google Assistant always-on dan mendukung pemicu lebih dari satu kata kunci serta asisten virtual.

Teknologi gim MediaTek HyperEngine pada Helio G95 juga ditingkatkan sehingga mengedepankan engine jaringan, respon cepat, kualitas gambar, dan pengelolaan sumber daya untuk permainan yang lancar.

Bahkan, ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas-lag ketika bermain gim.

Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain gim, tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori.

3 dari 3 halaman

Berbagai Fitur dan Kemampuan Helio G95

Berbagai Fitur di MediaTek Helio G95:

1. Peningkatan teknologi gim MediaTek HyperEngine

2. Tampilan AI Super Resolution

3. Dukungan multi-kamera, hingga 4 kamera dengan resolusi maksimal 64MP

4. Wakeup word ganda

5. Pemicu konruensi WiFi dan LTE dalam 13 milidetik

6. Peningkatan skor benchmark CPU 5 persen dibandingkan Helio G90T

7. Peningkatan skor benchmark GPU Manhattan 3.0 sebesar 8 persen dibandingkan GT90T.

8. Penghematan bandwidth sebesar 75 persen pada kualitas video 720p.

(Tin/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini