Oppo ColorOS 7.2 Disuntik Fitur AI APP Preloading, Apa Istimewanya?

Oleh Iskandar pada 01 Sep 2020, 11:30 WIB
Diperbarui 01 Sep 2020, 11:30 WIB
Oppo Reno4
Perbesar
Oppo Reno4 bagian layar (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Oppo meluncurkan Reno4 di Indonesia, dan smartphone tersebut merupakan seri pertama yang kebagian sistem antarmuka ColorOS 7.2.

Antarmuka yang berbasis Android 10 tersebut kini dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence), mengikuti tren teknologi smart AI 4.0 ecosystem dengan menambahkan fitur AI APP Preloading.

Didukung spesifikasi harware yang powerful, kemampuan teknis kecerdasan AI diklaim akan dapat berjalan secara optimal pada perangkat.

Mengutip siaran pers yang Tekno Liputan6.com terima, Selasa (1/9/2020), ColorOS 7.2 mengimplementasikan AI App Preloading sebagai fitur cerdas yang akan mempermudah penggunaan aplikasi di smartphone.

Fitur ini mampu memprediksi aplikasi apa yang akan dibuka dan kapan akan digunakan. Alhasil, semakin sering aplikasi digunakan, AI APP Preloading akan menyiapkannya lebih cepat sehingga menghemat energi dan mempersingkat waktu.

2 dari 4 halaman

Kinerja Kunci

Oppo Reno4
Perbesar
Oppo Reno4 hadir dengan dual punch-hole di sisi kiri atas layar untuk menempatkan kamera selfie (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Kunci kinerja AI APP Preloading terletak pada kemampuan mempelajari pola aktivitas penggunaan smartphone. Software yang terintegrasi pada ColorOS 7.2 akan memproses rangkaian kombinasi sistem algoritma secara bertingkat dan berkelanjutan.

Artinya, AI akan terus mengenali kebiasaan pengguna secara lebih dekat dan komprehensif. Hasil kinerja ini membuat kemampuannya menyiapkan peluncuran sebuah aplikasi semakin berkembang, akurat, dan cepat.

Proses ini kemudian diselaraskan software untuk segera mengantisipasi dan mengalokasi keperluan CPU, I/O, dan memory yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Teknologi kecerdasan AI APP Preloading juga diklaim mampu menghasilkan peningkatan efisiensi, yang selanjutnya menghadirkan kecepatan, kelancaran, dan kemudahan bagi penggunanya.

 

3 dari 4 halaman

AI di Kehidupan Sehari-Hari

Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML)
Perbesar
Ilustrasi Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML). Kredit: Gerd Altmann from Pixabay

Software berbasis teknologi kecerdasan buatan telah berkembang pesat di berbagai bidang. AI menjadi cabang penting dari komputerisasi yang berhubungan dengan pembelajaran perilaku dan adaptasi cerdas dalam sebuah mesin.

Prosesnya semakin canggih dalam bentuk otomatisasi seperti penjadwalan, pesan perintah, perencanaan dan lainnya.

Smartphone telah menghubungkan satu aktivitas keseharian dengan yang lainnya. Ritme gaya hidup modern kerap menuntut kecepatan, terlebih di jam-jam padat aktivitas (peak time).

Misalnya, di pagi hari saat kamu ingin melakukan perjalanan dengan moda transportasi online (Gojek atau Grab). Di saat seperti ini, fitur AI APP Preloading akan sangat berguna, mengurangi waktu tunggu membuka aplikasi dan mendapat pesanan (pengemudi) lebih cepat.

 

 

4 dari 4 halaman

Hemat Waktu dan Baterai

Oppo Reno4
Perbesar
Bagian layar Oppo Reno4 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

AI APP Preloading juga membantu menghemat waktu dan daya baterai. Alhasil, kecerdasan fitur ini akan semakin mendukung aktivitas keseharian, memberi kemudahan dan kecepatan akses hingga beberapa aplikasi sekaligus.

Berdasarkan pengujian Oppo LAB, berkat kinerja AI APP Preloading dapat membuka aplikasi 23.63 persen lebih cepat dibanding sebelumnya.

Sementara untuk aplikasi video streaming prosesnya bahkan lebih cepat hingga 40 persen. Perlu dicatat, kinerja AI ini sama sekali tidak mengkonsumsi daya (power) baterai, sehingga performa smartphone tetap terjaga.

(Isk/Why)

Lanjutkan Membaca ↓