Sukses

10 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy Z Fold 2, Kamu Wajib Tahu!

Selain desain layar lipat yang mewah, Galaxy Z Fold 2 juga menghadirkan serangkaian fitur yang mendukung produktivitas, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Selain hadir dengan spesifikasi yang mumpuni seperti layar lebar Super Amoled, chipset flagship Snapdragon 865 Plus, dukungan RAM LPDDR5 12GB dan memori internal 256GB, Galaxy Z Fold 2 juga mengusung serangkaian fitur yang membantu produktivitas pengguna. 

Berikut adalah deretan fiturnya, mulai dari engsel yang dapat ditegakkan, tampilan aplikasi intuitif yang bisa dibuka di kedua layar, perekaman Pro Video, sampai bisa dipakai membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Lebih jelasnya, ini 10 fitur tersembunyi pada Samsung Galaxy Z Fold 2.

1. App Continuity

Galaxy Z Fold 2 juga didukung dengan App Continuity. Di mana, ketika pengguna membuka aplikasi di cover screen kemudian membuka layar utama smartphone, aplikasi yang tengah langsung bisa disaksikan di layar utama dengan smooth.

2. Flex Mode

Seperti Galaxy Z Flip, Galaxy Z Fold 2 juga menghadirkan dukungan Flex Mode. Bagian layar smartphone pun bisa dibuka dengan tegak untuk mendukung pengalaman pengguna memakai sejumlah aplikasi.

Video yang didukung mode Flex Mode antara lain adalah Video Player atau perekaman video, YouTube, dan Internet. Sementara untuk Native Apps yang didukung mode ini adalah Gallery, Video Call, serta Calendar.

Misalnya ketika dipakai untuk video call, layar atas akan menampilkan panggilan video dan bagian bawah menampilkan kontrol panggilan seperti memutus telepon, merekam suara, dan lain-lain.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perekaman Video dan Pengambilan Gambar

3. Capture View Mode dan Auto Framing

Untuk mendukung pengalaman foldable, Galaxy Z Fold 2 juga hadir dengan capture view mode. Di mana, bagian atas menampilkan layar kamera, layar bawah (sebelah kiri) menampilkan hasil foto yang sudah diambil, dan bagian kanan memperlihatkan kontrol terhadap kamera.

Ketika dipakai pada Flex Mode, perekaman video bisa dilakukan tanpa kontrol tangan alias hands-free berkat fitur Auto framing.

Di sini, Z Fold 2 memanfaatkan machine learning untuk melacak subjek di dalam sebuah frame tanpa harus menggerakkan perangkat.

Pengguna hanya tinggal mengarahkan telapak tangan ke kamera dan perangkat akan mendeteksi gerakan, kemudian mulai merekam.

4. Dual Preview Capture

Masih soal kamera, Z Fold memungkinkan pengguna untuk meng-capture momen dengan dual preview atau ber-selfie dengan kamera utama yang menghasilkan foto resolusi tinggi.

5. Pro Video Mode

Seperti Galaxy Note 20, Galaxy Z Fold menghadirkan opsi Pro Video mode. Di sini pengguna bisa memilih opsi perekaman suara, mau pakai mic depan, belakang, USB, atau dari koneksi Bluetooth.

3 dari 4 halaman

Multi Active Windows hingga 3 Aplikasi

6. Single Take dan Night Mode

Samsung Galaxy Z Fold 2 juga didukung fitur Single Take seperti di Galaxy S20 series. Pengguna juga bisa memakai Night mode untuk memotret momen malam hari.

7. Multi-Active Windows hingga 3 Aplikasi

Fitur tak kalah penting yang ada di Galaxy Z Fold 2 adalah multi active windows, di mana pengguna bisa membuka tiga aplikasi secara bersamaan dalam satu layar utama. Misalnya pengguna sedang membuka aplikasi Words kemudian ingin sambil mencari bahan di internet, sekaligus sembari buka email.

4 dari 4 halaman

Drag and Drop dan Tampilan Tablet

8. Drag and Drop

Fungsi produktivitas kian nyaman berkat dukungan fitur Drag and Drop. Di sini, pengguna bisa menarik dan letakkan teks, gambar, grafik, dari satu layar ke layar yang lain. Pengiriman attachment email pun lebih mudah berkat fitur ini.

9. Split Screen Capture

Galaxy Z Fold 2 juga memiliki fitur Split Screen Capture yang memungkinkan pengguna meng-capture layar pada satu aplikasi kemudian mentransfernya ke aplikasi lain tanpa harus memangkas bagian lain.

10. Tampilan Tablet untuk Berbagai Aplikasi

Untuk menambah optimasi tampilan beberapa aplikasi sudah didukung dengan tampilan menyesuaikan layar tablet jadi pengguna lebih nyaman ketika memakai aplikasi-aplikasi tersebut. Misalnya aplikasi YouTube atau Microsoft Office.

Untuk aplikasi-aplikasi milik Microsoft, Galaxy Z Fold 2 menghadirkan tampilan toolbar yang membuat pengguna mudah membuat draft atau mengedit dokumen seperti di PC atau tablet.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.