Sukses

Samsung Rilis Smartphone Layar Lipat Galaxy Z Fold 2, Ini Spesifikasinya

Samsung mengumumkan smartphone layar lipat ketiga sekaligus yang terbaru, Galaxy Z Fold 2. Seperti apa spesifikasinya?

Liputan6.com, Jakarta - Awal Agustus lalu, Samsung merilis Galaxy Note 20 series bersama dengan sejumlah perangkat lain. Pada kesempatan tersebut Samsung juga mengumumkan kehadiran smartphone layar lipat ketiganya, Galaxy Z Fold 2.

Galaxy Z Fold 2 adalah penerus Galaxy Fold yang hadir dengan pembaruan dari teknologi layar hingga deretan fiturnya.

Diungkapkan oleh President and Head of Mobile Communications Business Samsung Electronics, TM Roh, perjalanan Samsung menuju perangkat mobile generasi berikutnya, penuh dengan orisinalitas dan inovasi.

“Dengan peluncuran Samsung Galaxy Z Fold 2, kami mendengarkan feedback  dari pengguna dengan cermat untuk memastikan kami membawa peningkatan yang berarti pada hardware, sambil juga mengembangkan inovasi baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna," kata TM, dalam peluncuran global Galaxy Z Fold 2, Selasa (1/9/2020) malam.

Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Samsung memperkuat perangkatnya dengan bermintra dengan partner terkemuka, yakni Google dan Microsoft. 

"Kami membentuk kembali dan mendefinisikan kembali kemungkinan pengalaman perangkat mobile," tuturnya. 

Rencananya perangkat ini mulai dijual pada 18 September mendatang. Samsung Indonesia pun menyebut, perangkat ini bakal masuk ke Indonesia dalam waktu yang berdekatan dengan perilisan global.

Lantas, spesifikasi apa saja yang diusung perangkat ini?

Pertama adalah dari segi layar. Galaxy Z Fold 2 hadir dengan layar yang lebih luas ketimbang pendahulunya. Galaxy Z Fold 2 memiliki layar 7,6 inci, yang 1,12x lebih besar ketimbang Galaxy Fold (7,3 inci).

Tak hanya itu, bagian layar dalam Galaxy Z Fold 2 kini mengusung desain Infinity O display dengan sebuah lubang kamera. Bezel pun 27 persen lebih tipis dibandingkan dengan Galaxy Fold.

Samsung juga menggunakan material berbeda untuk layar Galaxy Z Fold 2, yakni memakai material kaca bernama Ultra Thin Glass (UTG) seperti yang digunakan pada Galaxy Z Flip.

Dengan layar ini, tingkat kecerahan Galaxy Z Fold 2 lebih tinggi, yakni untuk mode high brightness mencapai 700 nits.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Refresh Rate hingga 120Hz

Samsung juga meningkatkan ukuran layar sekunder alias cover screen yang ada di bagian depan smartphone.

Pada Galaxy Fold layar sekunder ini memiliki luas 4,6 inci. Namun di Galaxy Z Fold 2 ukuran layar ditingkatkan 1,63 kali menjadi 6,2 inci, juga dengan desain Infinity O untuk tempat kamera selfie-nya.

Ukuran bodi smartphone ketika dilipat pun lebih ringkas beberapa inci. Misalnya ketika dilipat, ketebalan Fold adalah 17,1 inci di bagian engsel dan15,7 inci di bagian lain.

Sementara pada Galaxy Z Fold 2, ketebalan bagian engsel sedikit lebih tipis, yakni 16,8 inci dan bagian lain adalah 13,8 inci.

Masih soal layar, Samsung meningkatkan kemampuan refresh rate pada Galaxy Z Fold 2 menjadi up to 120Hz adaptive atau sesuai konten yang dibuka oleh pengguna, dengan rentang 11Hz-120Hz. Sementara pada Galaxy Fold, kemampuan refresh rate-nya hingga 60Hz saja.

Dengan adaptive refresh rate ini, ketika pengguna membuka konten artikel di website, mereka menggunakan refresh rate 11Hz, sementara ketika nonton film refresh rate-nya antara 24-120Hz tergantung kualitas videonya. Untuk konten gim, refresh rate yang dihadirkan adalah 48Hz hingga 120Hz.

Dengan adaptive refresh rate ini, daya perangkat bisa lebih hemat karena dipergunakan sesuai kebutuhan.

3 dari 5 halaman

Teknologi Engsel Terbaru

Beralih ke fitur selanjutnya, Galaxy Z Fold 2 juga didukung dengan speaker high dynamic dual stereo yang mengsilkan suara lebih berkualitas.

Perubahan lain yang begitu terasa adalah di bagian engsel. Samsung menerapkan teknologi engsel yang lebih sempurna pada Z Fold 2 ketimbang pada Fold.

Di mana, layar Galaxy Z Fold 2 bisa dibuka tegak antara 75-115 derajat. Dengan begitu, pengguna bisa menegakkan layar untuk dimanfaatkan pada sejumlah aplikasi.

Pada bagian engsel, Samsung memakai teknologi Sweeper, seperti yang dipakai di Galaxy Z Flip. Teknologi Sweeper diyakini bisa mengurangi debu dan partikel kotoran lain yang menempel di bagian engsel.

4 dari 5 halaman

RAM, Memori, dan Kamera

Galaxy Z Fold 2 didukung oleh chipset Snapdragon 865 Plus yang diklaim memiliki peningkatan kinerja CPU hingga 30 persen dibandingkan CPU Galaxy Fold.

Selain itu perangkat ini juga didukung RAM LPDDR5 12MP dan memori internal 256GB yang tidak bisa diperluas.

Untuk kamera, Galaxy Z Fold 2 memiliki kamera utama dengan tampilan gagah, mirip seperti modul kamera Galaxy Note 20 Ultra.

Adapun ketiga kamera tersebut, antara lain adalah 12MP, ultra-wide angle 12MP, dan telephoto 12MP. Sementara kedua kamera lain diletakkan di bagian cover yakni 10MP dan kamera di layar utama 10MP.

5 dari 5 halaman

Baterai 4.500mAh dan Opsi Warna Mystic Bronze & Black

Galaxy Z Fold 2 didukung dengan baterai 4.500mAh yang ditempatkan di kedua bagian smartphone. Perangkat ini diklaim lebih cepat dalam mengisi daya ketimbang pendahulunya berkat dukungan fast charging 25watt serta pengisian wireless charging 15watt.

Galaxy Z Fold 2 juga didukung dengan fitur wireless power share yang bisa dipakai untuk mengisi daya produk wearable Samsung atau smartphone lain.

Smartphone Galaxy Z Fold 2 juga mendukung dual SIM satu Nano SIM card dan satunya eSIM.

Tak ketinggalan, fingerprint scanner ditempatkan di sisi smartphone. Galaxy Z Fold 2 juga didukung fitur keamanan face recognition.

Smartphone ini hadir dalam dua opsi warna yakni Mystic Black dan Mystic Bronze, dengan bobot seberat 282 gram.

Untuk engsel sendiri Samsung menghadirkan opsi warna lain seperti Metalic Silver, Metalic Red, Metalic Gold, dan Metalic Blue.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.