Sukses

NovelMe Buka Akses Pendapatan Tambahan bagi Penulis di Masa Pandemi

NovelMe membuka kesempatan bagi pengguna mendapatkan pemasukan alternatif dengan mengirimkan karyanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi pandemi Covid-19 saat ini harus diakui membawa dampak pada perekonomian Indonesia. Meskipun, ada beberapa sektor usaha yang masih dapat berdiri, salah satunya adalah sektor informasi dan teknologi.

Untuk itu, sebagai salah satu aplikasi mobile tempat penulis Indonesia berkarya, NovelMe, membuka kesempatan bagi pengguna mendapatkan pemasukan alternatif dengan mengirimkan karyanya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (31/8/2020), NovelMe sendiri kini sedang membuka kompetisi Next Top Writer Season 6. Melalui lomba menulis novel digital ini, NovelMe menawarkan hadiah hingga total Rp 20 juta.

Adapun lomba ini berlangsung selama Juli hingga September 2020. Selain hadiah dari kompetisi, peserta juga bisa memperoleh pendapatan dari penjualan novel berbayar, hadiah pembaca, hingga bonus jika rajin memperbarui ceritanya.

Sebagai gambaran, penulis yang masuk dalam tiga besar NovelMe setidaknya mendapatkan pemasukan hingga puluhan juta rupiah. Hal tersebut sempat diutarakan oleh seorang penulis bernama Liemey.

Dia mengatakan, keputusan untuk menulis di NovelMe awalnya hanya ingin mengejar bonus memperbarui cerita saja, tapi ketika novelnya masuk dalam daftar tiga besar dia kian memantapkan diri.

"Melalui aplikasi ini, saya sudah membuktikan diri penulis amatir juga bisa mendapat puluhan juta per bulan," tuturnya. Terlebih saat ini, kantor tempatnya Liemey bekerja sudah tutup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompetisi Novel Terbesar di Indonesia Digelar

Tahun lalu, NovelMe juga menggelar ajang kompetisi Next Top Writer. Kompetisi tersebut berlangsung sejak 1 April hingga 30 Juni 2019 dan mengusung tagline, “Wujudkan Novelmu, Menangkan Hadiahnya.”

"Next Top Writer merupakan ajang bagi para penulis untuk mempublish karya novel buatannya di aplikasi NovelMe dan berkesempatan besar untuk memenangkan total hadiah uang tunai senilai ratusan juta rupiah," kata Project Manager NovelMe, Aji Pribadi, dalam keterangan tertulisnya.

Setiap bulannya, pengguna NovelMe bertambah lebih dari 100 persen, memungkinkan karya-karya penulis untuk dapat dinikmati banyak pembaca setia NovelMe setiap harinya. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, memungkinkan banyak penulis dan pembaca menjadikan NovelMe sebagai sahabat setia baca tulis. 

Aji menambahkan, dengan adanya kompetisi tersebut diharapkan dapat melahirkan penulis yang berbakat. "NovelMe ingin melahirkan lebih banyak penulis populer dan berbakat, serta menyebarkan kebaikan dengan memproduksi novel yang lebih menarik juga berkualitas," tuturnya. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.