Sukses

Hybrid Cloud Nutanix Kini Tersedia di AWS

Nutanix mengumumkan ketersediaan Nutanix Cluster di layanan cloud AWS bagi para pelanggan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Nutanix mengumumkan ketersediaan Nutanix Cluster di layanan AWS bagi para pelanggan di Indonesia. Hal ini memperluas cakupan fleksibilitas dan kemudahan Hyperconverged Infrastructure (HCI) dari Nutanix, berikut seluruh produk dan layanan Nutanix, ke dedicated server Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) di Amazon Web Services (AWS).

Ini juga menjadi kabar baik bagi para pelanggan karena mereka akan dapat memanfaatkan stack software Nutanix di cloud privat dan publik seutuhnya. 

"Kami senang bisa mendukung perluasan lingkungan private cloud pelanggan ke AWS dengan peluncuran Clusters di AWS ini. Ini memberikan fleksibilitas kepada para pelanggan untuk mendapatkan hasil maksimal dari lingkungan AWS dan Nutanix mereka," tutur Doug Yeum, Worldwide Channels and Alliances Head di Amazon Web Services, Inc, dalam keterangan tertulis.

Menurut Gartner, pada 2021 diprediksi 90 persen organisasi akan menerapkan model multicloud atau hybrid cloud untuk kebutuhan TIK merek. Perusahaan-perusahaan memerlukan fleksibilitas layanan cloud.

"Seiring perkembangan industri, fokus kami telah berkembang lebih dari sekadar data center, kami ingin membantu para pelanggan dalam mengelola kompleksitas dalam penggunaan multicloud, baik private maupun public," ujar Tarkan Maner, Chief Commercial Officer Nutanix.

Fitur-fiur utama di Nutanix Clusters termasuk:

Apps dan Data Mobility

Nutanix Cluster memecahkan masalah tersulit (pain point) lingkungan enterprise secara signifikan dalam perjalanan cloud mereka dengan menyediakan cara ringkas untuk memindahkan aplikasi dan data lawas (legacy) ke cloud. Mobilitas ini dapat berlangsung tanpa perlu merancang ulang aplikasi, yang biasanya memakan waktu dan biaya mahal.

Operasional Efisien dengan Lingkungan Cloud Terpadu

Nutanix Clusters memungkinkan pelanggan untuk membuat, mengelola, dan mengatur infrastruktur serta aplikasi mereka, di private dan public cloud, semuanya dilakukan melalui satu interface (antarmuka).

Dengan Single stack ini tim tidak perlu membagi-bagi tugas untuk mengelola setiap lingkungan, atau melatih ulang anggota tim, dan juga memungkinkan mobilitas aplikasi di seluruh cloud dengan seamless.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

Integrasi Jaringan Built-in dengan AWS

Berkat integrasi built-in dengan networking layer di AWS, Nutanix Clusters memberikan manfaat dalam hal kemudahan implementasi dan performa. Integrasi jaringan juga memungkinkan pelanggan untuk menggunakan akun AWS yang ada, termasuk kredit yang belum digunakan, virtual private cloud, dan subnet.

Optimasi Biaya Cloud

Selain mengatasi kendala teknis dan operasional penting dengan lingkungan hybrid cloud, Nutanix Clusters juga dapat menghemat biaya secara signifikan bagi pelanggan. Hal ini dicapai dengan tidak perlu membagi tim untuk mengelola setiap lingkungan cloud, tidak perlu melakukan migrasi mahal untuk aplikasi lawas, dan menyediakan cara mudah untuk hibenrasi klaster public cloud hanya dengan satu klik untuk mencegah pemborosan.

3 dari 3 halaman

Fitur Lainnya (2)

Kebebasan Memilih

Nutanix Clusters di AWS memberikan pilihan bagi pelanggan untuk menggunakan kembali hardware di on-premise atau kredit AWS saat mereka membangun lingkungan hybrid. Selain itu, pelanggan juga dapat memilih untuk membawa lisensi on-premise atau memilih model bayar sesuai penggunaan (pay-as-you-go) atau Cloud Commit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.