Sukses

Peneliti ITB Menangkan Hibah Penelitian dari Facebook

Proposal penelitian dari tim ITB bertujuan untuk melihat dan mendalami peran teknologi digital pada ketangkasan bisnis selama masa krisis di tiga industri paling terdampak: pariwisata, pendidikan, dan pertanian

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengumumkan daftar pemenang proposal proyek penelitian Dampak Ekonomi Teknologi Digital. Salah satu tim pemenang proyek tersebut adalah Eko Agus Prasetio, Ayu Purwariyanti, Dedy Sushandoyo, Muhammad Irham Rahadhian, Naufal Al Labib Tisyadi, dan Retna Ayu Mustikarini Kencanasari dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dengan proposal bertajuk "Ketangkasan Bisnis - Peran Penting Iklan Digital Berbasis Data", Eko dan kawan-kawan bersanding dengan para pemenang lainnya di seluruh dunia.

Facebook, pada Januari 2020 lalu, mengumumkan hibah senilai USD 1 juta untuk mendanai proyek-proyek yang mengukur dampak media sosial dan teknologi digital terhadap perekonomian serta peluang ekonomi. Pemenang putaran pertama hibah telah diumumkan pada awal Juni.

"Dan sekarang, kami mengumumkan pemenang penghargaan penelitian putaran kedua. Saat kami meninjau proposal-proposal yang masuk, pentingnya pekerjaan ini menjadi semakin jelas. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak bisnis kecil dan menengah di seluruh dunia beradaptasi dengan beroperasi secara online," ujar Arturo Gonzalez, Direktur Advokasi dan Riset di Facebook dalam keterangan tertulis.

Guna lebih memahami tantangan dan peluang mereka, kata Arturo, proposal terpilih diharapkan dapat memberikan wawasan mengenai berbagai teknologi yang digunakan oleh bisnis kecil dan menengah, mendalami topik terkait seperti iklan digital, pemasaran, pembayaran, serta alat bantu digital lainnya.

"Kami yakin proposal-proposal dari pemenang-pemenang ini akan membantu memberikan gambaran pemulihan ekonomi lintas sektor untuk bisnis kecil dan menengah," tutur Arturo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tiga industri paling terdampak

Proposal penelitian dari tim ITB bertujuan untuk melihat dan mendalami peran teknologi digital pada ketangkasan bisnis selama masa krisis di tiga industri paling terdampak: pariwisata, pendidikan, dan pertanian. Proposal ini juga akan membedah lebih jauh manfaat pendukung teknologi digital dalam menghadapi krisis ini.

"Kami sangat senang penelitian kami mendapatkan hibah dari Facebook. Hibah ini akan menjadi pijakan kami untuk menjalankan proyek penelitian ini," ujar juru bicara tim pemenang.

 

3 dari 3 halaman

Kontribusi penelitian

Mereka juga berharap ketika proyek penelitian ini selesai, mereka dapat berkontribusi dalam hal literatur penelitian tentang peran teknologi digital pada ketangkasan bisnis serta memberikan informasi dan referensi praktis yang berguna dalam pemanfaatan teknologi digital di saat krisis yang luar biasa,.

Facebook menerima 189 proposal dari 39 negara. Proposal yang menang mencakup agenda penelitian, mulai dari memeriksa strategi iklan yang digunakan oleh bisnis milik minoritas untuk menjangkau konsumen, hingga penggunaan pembayaran nirsentuh oleh bisnis kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini