Sukses

Hands-on Samsung Galaxy Tab S7 Plus, Alternatif iPad Pro dan Laptop

Kami telah menggunakan Samsung Galaxy Tab S7 Plus selama beberapa hari, dan berikut adalah ulasan singkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia baru saja meluncurkan teblet premium terbarunya, Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus.

Keduanya menyuguhkan pengalaman seperti layaknya PC berkat hadirnya Samsung DeX. Cukup aktifkan fitur tersebut, maka tampilan layar Tab akan berubah seperti PC atau laptop.

Baik Galaxy Tab S7 dan Galaxy S7 Plus ditopang Prosesor Snapdragon 865+, dengan RAM 6GB dan ROM 128GB untuk Galaxy Tab S7 serta RAM 8GB dan ROM 256GB untuk Tab S7 Plus.

Kamera depan Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Sebagai tambahan, Samsung DeX pada Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7 Plus juga ditingkatkan dan dilengkapi dengan sistem One UI terbaru dan task bar yang lebih efisien.

Fitur screen zoom dan opsi ukuran font akan semakin memudahkan kamu ketika menggunakan Samsung DeX saat bekerja.

Kamera belakang Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Kami telah menggunakan Galaxy Tab S7 Plus selama beberapa hari, dan berikut adalah ulasan singkatnya. Jangan berharap ulasan lengkap, karena ini adalah unit sampel. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Desain

Desain terlihat elegan dan simpel, yang bisa dibilang agak mirip dengan Apple iPad Pro. Samsung hadir dalam dua ukuran, 11 inci dan 12,4 inci. Sementara iPad Pro terdiri dari 11 inci dan 12,9 inci.

Sasisnya sama-sama terbuat dari aluminium di bagian samping dan panel belakang. Warna, bezel layar, penempatan port USB-C, dan bahkan speaker serupa antara Apple dan Samsung.

Tiga pin di bagian bawah Samsung Galaxy Tab S7 Plus (dalam posisi lanskap), untuk memberi daya pada keyboard dan menahannya ke bagian sasis. Liputan6.com/Iskandar

Perbedaannya adalah Samsung Tab S7 Plus mengandalkan format layar 16:10, membuatnya agak lebar saat digenggam pada posisi lanskap.

Tablet Apple tersebut masih memiliki rasio layar 3:2, sehingga Galaxy Tab S7 Plus 12,4 inci terlihat seperti versi iPad Pro yang lebih panjang.

Selain rasio aspek, perbedaan terbesar adalah panel metalik di bagian belakang yang menahan stylus S Pen.

3 dari 7 halaman

Solid dan Kokoh

Saat digenggam, form factor desainnya sangat solid dan kokoh. Namun ukurannya cukup besar dengan dimensi 285 x 185mm x 5,7mm, dan agak berat dengan bobot 575 gram.

Tombol pengunci layar dan tombol volume ditempatkan di tepi kanan (atau atas dalam posisi lanskap). Slot kartu SIM/microSD juga ada di bagian tersebut.

Tombol pengunci layar, tombol volume, dan slot kartu SIM/microSD pada Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Namun sayang, tidak ditemukan lubang audio jack. Pun demikian, kamu tetap bisa mendengarkan audio secara personal melalui earbuds atau headphone nirkebel.

Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Profesional Samsung Electronics Indonesia mengungkapkan alasan perusahaan tak menghadirkan lubang audio jack.

Grill speaker dan port USB type-C pada Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

"Absennya lubang audio jack karena Samsung ingin mendukung Galaxy Ecosystem, seperti earbuds nirkabel Galaxy Buds," katanya saat Online Hands On Session via Zoom, Rabu (26/8/2020).

Sementara di bagian bawah bodi (saat posisi portrait) terdapat grill speaker dan port USB type-C untuk keperluan isi daya atau transfer berkas. 

 

4 dari 7 halaman

Layar

Galaxy Tab S7 dilengkapi panel LCD, sedangkan Galaxy Tab S7 Plus Super AMOLED. Meski berbeda, keduanya sama-sama menawarkan kecepatan refresh 120Hz untuk mendukung kinerja yang mulus.

Tablet ini menawarkan resolusi 2800 x 1752 piksel. Sudut pandangnya sangat luas, dengan tampilan cerah, tajam, dan kontras.

Namun, panelnya sangat reflektif serta mudah meninggalkan jejak sidik dan debu.

5 dari 7 halaman

S Pen

Stylus iPad Pro menempel di tepi samping (atau atas pada posisi lanskap), sedangkan Galaxy Tab S7 Plus memberikan tempat khusus untuk S Pen di permukaan belakang. Juga dilindungi oleh aksesori keyboard (opsional).

S Pen yang ada memiliki desain terbaru dengan form factor membulat dan ujung yang memanjang, sehingga bisa menghadirkan pengalaman menulis dan menggambar yang lebih alami dengan latency 9ms.

S Pen bawaan Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Mirip seperti Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra, S Pen pada Galaxy Tab S7 Plus menawarkan fungsionalitas baru.

Fitur Air Actions anyar memungkinkan kamu menjalankan berbagai fungsi, seperti memilih trek musik atau mengontrol kamera dengan gerakan di udara.

S Pen bawaan Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Fitur Samsung Notes yang disediakan memudahkan kamu untuk mencatat, ditambah dengan fitur impor dan anotasi PDF yang membuat kamu bisa menulis, mengetik, dan menggambar di area yang sama.

 

6 dari 7 halaman

Aksesori Keyboard

Tablet ini bisa dibilang sangat membutuhkan perlindungan ekstra, terlebih jika kamu memiliki mobilitas tinggi.

Tablet juga tidak bisa berdiri sendiri bila tidak didukung dengan aksesori tambahan. Maka dari itu, aksesori book cover keyboard bisa dijadikan pilihan.

Samsung Galaxy Tab S7 Plus dengan aksesori book cover keyboard. Liputan6.com/Iskandar

Keyboard fisik ini hadir dengan dua bagian yang berfungsi untuk menopang dan melindungi tablet. Panel magnet dipasang ke bagian belakang, termasuk penyangga yang dapat disesuaikan.

Terdapat pula sebuah cover yang menutupi S Pen, dan itu mudah dibuka tutup. 

Samsung Galaxy Tab S7 Plus dengan aksesori book cover keyboard. Liputan6.com/Iskandar

Keyboard ini dilengkapi dengan tuts yang responsif dan cukup akurat. Juga ada deretan tombol shortcut untuk mengatur volume, kecerahan layar, dan lainnya.

Aksesori book cover keyboard untuk Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Liputan6.com/Iskandar

Trackpad yang dimilikinya pun juga cukup besar dan sensitif, layaknya seperti memakai laptop.

7 dari 7 halaman

Harga

Galaxy Tab S7 dan Tab S7 Plus hadir pertama kali melalui program pre-order di Samsung.com, Lazada, Blibli, JD.id, dan Shopee.

Galaxy Tab S7 dengan pilihan warna Mystic Black, dan Mystic Silver ditawarkan masing-masing seharga Rp 12.999.000. Adapun Galaxy Tab S7 Plus dengan tiga pilihan warna yaitu Mystic Black, Mystic Silver dan Mystic Bronze, dibanderol Rp 16.999.000.

Selama periode pre-order 24 – 30 Agustus 2020, pembeli akan langsung mendapatkan gratis book cover keyboard, masing masing senilai Rp 2.299.000 untuk Galaxy Tab S7 dan Rp 2.699.000 untuk Galaxy Tab S7 Plus.

Selain itu, guna memaksimalkan pengalaman menikmati entertainment, pembeli juga akan mendapatkan langsung akses gratis Youtube premium selama 4 bulan.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini