Sukses

8 Tips untuk UKM Menghindari Serangan Phishing

Phishing merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menipu orang-orang dengan mengelabui mereka, misalnya melalui email.

Liputan6.com, Jakarta - Penjahat siber selalu memiliki cara untuk menjerat para korbannya. Phishing merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menipu orang-orang dengan mengelabui mereka, misalnya melalui email.

Kejahatan siber ini bisa menimpa pihak mana pun, termasuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan para karyawannya.

Berikut 8 tips dari pakar perusahaan keamanan siber, Kaspersky, untuk UKM dan karyawan agar tidak terjebak phishing:

1. Mengedukasi karyawan tentang dasar-dasar keamanan siber

Misalnya, karyawan sebaiknya tidak membuka atau menyimpan file dari email atau situs web yang tidak dikenal karena dapat membahayakan seluruh perusahaan, atau dengan tidak menggunakan detail pribadi apa pun dalam kata sandi mereka.

Untuk memastikan kata sandi yang kuat, staf tidak boleh menggunakan nama, tanggal lahir, alamat jalan, dan informasi pribadi lainnya.

2. Ingatkan staf secara rutin tentang cara menangani data sensitif

Misalnya,untuk hanya menyimpan data di layanan cloud tepercaya yang perlu diautentikasi untuk akses, dan tidak boleh dibagikan dengan pihak ketiga yang tidak tepercaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Lainnya

3. Menerapkan penggunaan perangkat lunak sah, yang diunduh dari sumber resmi.

4. Membuat cadangan data penting, serta memperbarui peralatan dan aplikasi TI secara teratur. Hal ini untuk menghindari kerentanan belum ditambal, yang dapat menyebabkan pelanggaran.

5. Konfigurasikan enkripsi WiFi. Sangat penting untuk mengonfigurasi koneksi jaringan Anda dengan benar, dan mengatur login serta kata sandi router secara teratur.

3 dari 3 halaman

Tips Lainnya

6. Gunakan VPN ketika akan menyambungkan ke jaringan WiFi yang bukan milik Anda.

Saat terhubung melalui VPN, semua data Anda akan dienkripsi, apa pun setelan jaringannya, dan pihak luar tidak akan dapat membacanya.

7. Gunakan layanan korporat untuk email, pesan, dan semua pekerjaan lainnya.

Tetap berpegang pada sumber daya perusahaan saat bertukar dokumen dan informasi lainnya. Drive cloud yang dikonfigurasi untuk bisnis, umumnya jauh lebih andal daripada versi pengguna gratis (free user versions).

8. Lindungi perangkat dengan solusi antivirus. Sangat penting bagi Anda untuk menginstal solusi keamanan yang andal di semua perangkat yang menangani data perusahaan.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini