Sukses

Cara Daftar GoFood Lewat Aplikasi Gobiz

Berikut langkah-langkah yang mesti kamu tempuh dan dokumen yang harus disiapkan bila ingin mendaftarkan usaha di GoFood.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki pada Juni lalu menyebut ada 236.980 pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19.

Untuk bertahan di situasi ini, kata Teten, pelaku UMKM perlu menerapkan strategi digitalisasi. Misalnya, membuka kanal penjualan di online marketplace atau di layanan pesan-antar makanan.

Nah, salah satu layanan yang dapat Anda pertimbangkan adalah GoFood . Seperti kita ketahui, GoFood  terintegrasi langsung di aplikasi Gojek yang telah memiliki basis pengguna setia di banyak kota di Indonesia.

Bagi kamu pelaku UMKM yang hendak mendaftarkan usaha di platform GoFoodlewat aplikasi Gobiz, kami rangkum langkah-langkah yang mesti ditempuh dan dokumen yang harus disiapkan seperti berikut ini.

Dokumen pendukung

1. KTP pemilik usaha

2. NPWP pemilik usaha (kalau ada)

3. Halaman depan buku tabungan pemilik usaha

4. Alamat email usaha. Sebaiknya kamu membuat alamat email khusus yang terpisah dari alamat email pribadi. 

5. Nomor ponsel usaha. Sama seperti alamat email, kami sarankan kamu mendaftarkan nomor ponsel khusus untuk GoFood .

6. Surat kuasa, apabila, misalnya, identitas pemilik rekening yang didaftarkan tidak sama dengan identitas di KTP dan NPWP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proses Pendaftaran

Selain dokumen di atas, kamu pun akan diminta untuk mengunggah foto tempat usaha tampak luar dan lapak berjualan kamu. Akan lebih baik, jika tempat usaha kamu memiliki banner yang menampilkan logo.

Proses pendaftaran GoFood terdiri dari tiga langkah, yakni Registrasi, Verifikasi, dan Aktivasi. Semua proses ini berlangsung di aplikasi Gobiz, yang dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

Pada langkah registrasi, kamu akan diminta mengisi data dan melampirkan dokumen pendukung yang diperlukan.

Data dan dokumen itu lalu akan diperiksa oleh tim GoFood. Jika ada kekurangan atau kekeliruan pada data isian atau dokumen pendukung, kamu akan diminta untuk melengkapi atau memperbaikinya.

3 dari 3 halaman

Verifikasi

Setelah proses registrasi berhasil, dalam waktu paling lama dua hari kerja, akan ada tim yang mendatangi tempat usaha kamu untuk melakukan verifikasi.

Proses verifikasi berlangsung singkat; mengecek lokasi dan foto-foto yang sebelumnya telah diunggah pada proses Registrasi. Jika tidak ada masalah, verifikasi dinyatakan berhasil dan akun GoFood kamu langsung aktif saat itu juga.

Jangan lupa, sebelum memulai proses registrasi, siapkan juga menu dan foto makanan atau minuman yang hendak kamu jual di Gofood.

Selain itu, pastikan kamu membaca baik-baik perjanjian kerja sama antara kamu dan Gofood. Selamat mencoba!

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini