Cara Daftar GoFood Lewat Aplikasi Gobiz

Oleh M Hidayat pada 24 Agu 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2020, 08:00 WIB
Tampilan Aplikasi Gofood
Perbesar
Tampilan Aplikasi Gofood. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki pada Juni lalu menyebut ada 236.980 pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19.

Untuk bertahan di situasi ini, kata Teten, pelaku UMKM perlu menerapkan strategi digitalisasi. Misalnya, membuka kanal penjualan di online marketplace atau di layanan pesan-antar makanan.

Nah, salah satu layanan yang dapat Anda pertimbangkan adalah GoFood . Seperti kita ketahui, GoFood  terintegrasi langsung di aplikasi Gojek yang telah memiliki basis pengguna setia di banyak kota di Indonesia.

Bagi kamu pelaku UMKM yang hendak mendaftarkan usaha di platform GoFoodlewat aplikasi Gobiz, kami rangkum langkah-langkah yang mesti ditempuh dan dokumen yang harus disiapkan seperti berikut ini.

Dokumen pendukung

1. KTP pemilik usaha

2. NPWP pemilik usaha (kalau ada)

3. Halaman depan buku tabungan pemilik usaha

4. Alamat email usaha. Sebaiknya kamu membuat alamat email khusus yang terpisah dari alamat email pribadi. 

5. Nomor ponsel usaha. Sama seperti alamat email, kami sarankan kamu mendaftarkan nomor ponsel khusus untuk GoFood .

6. Surat kuasa, apabila, misalnya, identitas pemilik rekening yang didaftarkan tidak sama dengan identitas di KTP dan NPWP.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Proses Pendaftaran

Tampilan Aplikasi Gobiz
Perbesar
Tampilan Aplikasi Gobiz. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Selain dokumen di atas, kamu pun akan diminta untuk mengunggah foto tempat usaha tampak luar dan lapak berjualan kamu. Akan lebih baik, jika tempat usaha kamu memiliki banner yang menampilkan logo.

Proses pendaftaran GoFood terdiri dari tiga langkah, yakni Registrasi, Verifikasi, dan Aktivasi. Semua proses ini berlangsung di aplikasi Gobiz, yang dapat kamu unduh di Play Store secara gratis.

Pada langkah registrasi, kamu akan diminta mengisi data dan melampirkan dokumen pendukung yang diperlukan.

Data dan dokumen itu lalu akan diperiksa oleh tim GoFood. Jika ada kekurangan atau kekeliruan pada data isian atau dokumen pendukung, kamu akan diminta untuk melengkapi atau memperbaikinya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Verifikasi

Ilustrasi GoFood
Perbesar
Ilustrasi GoFood

Setelah proses registrasi berhasil, dalam waktu paling lama dua hari kerja, akan ada tim yang mendatangi tempat usaha kamu untuk melakukan verifikasi.

Proses verifikasi berlangsung singkat; mengecek lokasi dan foto-foto yang sebelumnya telah diunggah pada proses Registrasi. Jika tidak ada masalah, verifikasi dinyatakan berhasil dan akun GoFood kamu langsung aktif saat itu juga.

Jangan lupa, sebelum memulai proses registrasi, siapkan juga menu dan foto makanan atau minuman yang hendak kamu jual di Gofood.

Selain itu, pastikan kamu membaca baik-baik perjanjian kerja sama antara kamu dan Gofood. Selamat mencoba!

(Why/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓