Sukses

Tampilan Facebook Klasik Bakal Hilang Permanen Mulai September

Facebook berencana untuk menghilangkan secara permanen tampilan Facebook Klasik per September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pengalaman tampilan Facebook klasik sampai saat ini masih bisa dinikmati oleh pengguna Facebook. Tampilan klasik Facebook sendiri hadir dengan nuansa warna biru di bagian bar navigasi yang ada di atas laman Facebook.

Namun Facebook punya rencana untuk menghilangkan tampilan klasik ini selama-lamanya, per September 2020.

Dalam laporan Engadget, pada laman dukungan Facebook disebutkan bahwa semua pengguna hanya akan menikmati tampilan desain baru Facebook.

Saat ini pengguna memang bisa mengubah tampilan Facebook sesuai yang dikehendaknya, baik itu desain Facebook baru maupun klasik.

"Namun tombol tampilan Facebook klasik tidak akan lagi tersedia mulai September," kata Facebook, seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (22/8/2020).

Sebelumnya, Facebook mengumumkan tampilan barunya pada konferensi pengembang Facebook pada tahun lalu. Kemudian, perusahaan mulai menggulirkan pembaruan desain itu pada aplikasinya di iOS dan Android.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Baru

Pada Maret 2020, tampilan baru ini mulai disebar untuk pengguna versi desktop sebagai sebuah fitur pilihan. Di mana, pengguna bisa memakai desain Facebook baru atau memilih untuk tetap pakai Facebook klasik.

Per September barulah Facebook menghilangkan desain klasik untuk selama-lamanya.

Tampilan antarmuka baru ini menjadi perubahan besar yang pernah dibuat Facebook. Tampilan baru jauh lebih bersih berkat penggunaan warna putih yang dominan.

3 dari 3 halaman

Gulirkan Dark Mode

Facebook juga menggulirkan opsi dark mode untuk pengguna yang membutuhkannya.

Secara fungsional, tampilannya pun menghadirkan fokus yang lebih besar pada fitur Group. Selain itu juga memudahkan pengguna melihat bagian Facebook Watch, Market, dan Gaming di bilah navigasi bagian atas.

Ketimbang tampilan sebelumnya yang terlihat berantakan, tampilan baru Facebook ini lebih efisien dan membantu pengguna menemukan berbagai fitur utama yang ingin dicarinya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.