Sukses

Gmail hingga Drive Sempat Down, Semua Layanan Google Kini Kembali Normal

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (20/8/2020) pukul 19.55, seluruh layanan Google kini sudah kembali normal.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah layanan Google, seperti Gmail, Drive, YouTube, hingga Meet pun sempat down atau ikutan tumbang.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (20/8/2020) pukul 19.39, seluruh layanan Google sudah kembali normal.

Informasi ini didapat dari update-an perusahaan di laman G Suite Status Dashboard yang memperlihatkan ikon semua layanan telah kembali hijau.

Kami pun mencoba kembali mengirim email lengkap dengan attachment. Alhasil, email tersebut berhasil terkirim lengkap dengan file attachment.

Google pun menjelaskan, masalah di Gmail dan layanan lain milik perusahaan sudah diselesaikan.

"Masalah di layanan Google sudah diselesaikan. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini, dan terima kasih atas kesabaran dan dukungan Anda," tulis Google.

Sayang, hingga kini raksasa mesin pencari tersebut tidak mengungkap apa masalah yang membuat hampir semua layanan Google tumbang dalam waktu bersamaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berbagai Layanan Google Lain Ikut Down

Kantor pusat Google. Foto: Digital Trends

Tidak hanya Gmail, Google Drive dan YouTube, sebagian besar layanan Google lain juga ikut tumbang.

Berdasarkan update Google di laman G Suite Status Dasboard, sejumlah layanan Google yang mengalami gangguan antara lain adalah Gmail, Google Drive, Google Docs, Google Slides, Google Groups, Google Chat, Meet, Keep, hingga Google Voice.

Sebelumnya pihak Google menyebut, pihaknya telah melakukan investigasi atas masalah yang menimpa Gmail dan Google Drive. Google juga berjanji untuk memberikan info lebih lengkap setelahnya.

 

3 dari 3 halaman

Sebelumnya Gmail dan Drive Tumbang

Aplikasi Gmail. (Doc: BGR)

Sebelumnya, layanan email milik Google, Gmail, beserta Google Drive down bersama-sama pada hari ini, Kamis (20/8/2020).

Berdasarkan situs DownDetector, layanan Gmail dan Google Drive tumbang di berbagai negara di seluruh dunia. Salah satunya adalah di Indonesia.

Pengguna di Indonesia mengaku tak bisa mengunggah lampiran (attachment) file di Gmail. Akibatnya, pengiriman lampiran pesan pun terganggu.

"Kalau buka pesan normal, tetapi tidak bisa upload attachment sama send email," kata seorang pengguna Gmail, Iskandar, kepada Tekno Liputan6.com.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini