Sukses

Tiga Ide Silaturahmi Virtual dengan WhatsApp Saat Libur Tahun Baru Islam

Tak hanya chatting dengan satu anggota keluarga, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas virtual bersama-sama via WhatsApp. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa bulan berada di rumah, long weekend bisa membuat masyarakat tergiur untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata. Namun karena masih berada di masa pandemi, tetap berada di rumah bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Komunikasi dan silaturahmi dengan keluarga pun tetap bisa dilakukan melalui aplikasi pesan atau media sosial. Salah satunya melalui aplikasi pesan populer WhatsApp.

Tak hanya chatting dengan satu anggota keluarga, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas virtual bersama-sama via WhatsApp. Kira-kira, apa saja yang bisa dilakukan, berikut adalah tiga ide aktivitas bersama.

1. Makan Siang dan Malam Virtual Bersama

Siapa bilang makan siang atau malam bersama hanya bisa dilakukan secara langsung di luar rumah. Kita tetap bisa makan siang bersama keluarga atau teman-teman melalui WhatsApp Video Call.

WhatsApp Video Call bisa memuat 8 partisipan untuk ikut serta dalam video call. Jika kurang besar, WhatsApp juga punya fitur Rooms yang terintegrasi dengan FB Messenger.

Lewat fitur Rooms ini, kamu bisa tergabung dengan obrolan berisi 50 orang sekaligus, tanpa batasan waktu. Begini caranya:

Pertama, pastikan kamu memiliki aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger versi terbaru. Kemudian, buka aplikasi WhatsApp, klik Panggilan dan pilih Buat Forum (tombol biru dengan logo video kamera).

Cara lainnya kamu bisa klik chat individu, kemudian pilih opsi Lampirkan (simbol klip kertas di Android atau Plus di iPhone). Kemudian pilih Forum (tombol biru dengan simbol video kamera).

Jika kamu sudah jadi bagian dari group chat dengan anggota lebih dari 5 orang, kamu bisa klik Panggilan grup (simbol telepon dan plus). Kemudian, pilih Lanjutkan di Messenger. Pengguna pun akan dialihkan dari aplikasi WhatsApp ke situs Messenger di browser.

Selanjutnya, klik Coba, lalu Buat Forum Sebagai (nama). Pengguna juga bisa memilih Aktivitas Forum untuk mengubah tujuan dari ruang chat tersebut. Pengguna juga dapat mengirim tautan ke WhatsApp untuk berbagi tautan video call ke seluruh anggota keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Main Gim Bersama pakai WhatsApp Web

Para pengguna bisa bermain gim interaktif bersama teman-teman. Kamu bisa mainkan gim tebak-tebakan virtual melalui, Scattergories, di WhatsApp Web dan Desktop.

Caranya dengan mengaktifkan fitur screen sharing untuk menampilkan generator huruf dan kategorinya. Caranya, jika kamu menggunakan WhatsApp untuk Desktop, pastikan untuk menginstal versi terbaru.

Buka laman WhatsApp Web atau Desktop, kemudian klik Menu (simbol ‘tiga titik’ atau ‘panah yang mengarah ke bawah’) di bagian atas daftar chat, lalu Buat Forum.

Cara lainnya, kamu bisa klik pada sebuah chat individu atau chat grup, lalu klik Lampirkan (simbol ‘klip kertas’ di Android atau simbol ‘plus’ di iPhone), kemudian Forum (tombol biru dengan simbol ‘video kamera’).

Ketika diminta, klik Lanjutkan di Messenger. Kamu akan dialihkan dari WhatsApp ke situs daring Messenger di browser kamu.

Karena Messenger disediakan oleh Facebook, kamu perlu masuk dengan akun Facebook serta setuju dengan syarat dan ketentuan Facebook.

Jika diminta, klik Coba, kemudian klik Buat Forum sebagai (nama kamu). Kamu bisa membagikan tautan yang ada di tengah layar ke sanak-saudara menggunakan WhatsApp, email, atau SMS.

Mereka yang yang ingin bergabung, tidak perlu lagi masuk dengan akun Facebook, cukup klik tautan yang kamu kirim.

3 dari 3 halaman

3. Belanja Produk Lokal

Jika kamu ingin melakukan retail therapy atau ingin mengirimkan makanan atau barang cantik kamu bisa membeli via WhatsApp.

Caranya ketika melihat ada produk lokal yang menarik di Instagram, dan ada kontak WhatsApp-nya kamu hanya tinggal mengklik tombolnya untuk dukung para pengusaha lokal!

Kalau akunnya adalah WhatsApp Business, kamu bisa langsung cek produk atau layanan apa saja yang mereka tawarkan lewat katalog di aplikasi.

Buka profil mereka di WhatsApp Business, klik Lihat Profil Bisnis, kemudian pilih Lihat Semua yang berada di dekat menu Katalog.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.