Sukses

Rayakan HUT RI, 6,5 Juta Orang Ikut Panjat Pinang Virtual di Aplikasi Grab

Total menurut data Grab, sebanyak 6,5 juta orang Indonesia telah berpartisipasi dalam panjat pinang virtual ini, selama dua minggu terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-75 di tengah adaptasi normal baru. Ikut ambil bagian dalam perayaan HUT RI, Grab Indonesia mengajak seluruh masyarakat memeriahkan dengan mengikuti lomba panjat pinang virtual.

Total menurut data Grab, sebanyak 6,5 juta orang Indonesia telah berpartisipasi dalam panjat pinang virtual ini, selama dua minggu terakhir.

Puncak acara panjat pinang virtual ini adalah konser musik virtual bersama sederet musisi dan performer kebanggaan tanah air, antara lain Gigi, Kikan, Dipha Barus, Marion Jola, Diskoria, dan Soleh Solihun. Acara ini bakal diselenggarakan pada 21 Agustus 2020 dengan pembawa acara Surya dan Adit.

Sekadar informasi, dalam upaya mencapai puncak pinangnya, setiap orang diajak untuk membantu UMKM Indonesia dengan bertransaksi di aplikasi Grab.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan, era kebiasaan baru mendorong Grab untuk bisa lebih inovatif dan kreatif dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Menurut Neneng, 17 Agustus bukan hanya hari jadi bangsa tetapi juga wujud dari semangat inklusif dan gotong royong masyarakat kita.

"Pesta Satu Tujuh-an merupakan tanda terima kasih Grab kepada jutaan masyarakat Indonesia yang terus setia bertransaksi dengan aplikasi Grab sehingga secara bergotong royong mendorong roda perekonomian jutaan orang lainnya di masa pandemi ini, termasuk para UMKM dan mitra Grab," kata Neneng, seperti dikutip dari keterangan resmi Grab yang diterima Liputan6.com, Kamis (20/8/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konser Virtual

Pesta Satu7an ini terinspirasi dari salah satu lomba ikonik yang sering dipertandingkan di Hari Kemerdekaan.

Untuk itu Grab menghadirkan Lomba Panjat Pinang Virtual Se-Indonesia. Sesuai namanya, virtual, lomba panjat pinang ini bersifat kolaboratif yang bisa diikuti seluruh masyarakat Indonesia.

Caranya mengikuti lomba panjat pinang virtual ini dengan melakukan transaksi di platform Grab. Tiap transaksi dilakukan masyarakat di platform Grab seperti GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, hingga GrabKios, panjatan pinang bertambah sedikit demi sedikit hingga sampai di puncak.

Di puncak ketinggian pinang, masyarakat Indonesia yang telah bergotong-royong memanjat pinang virtual ini akan menggapai hadiah menarik berupa konser musik virtual yang dapat disaksikan melalui Youtube Grab Indonesia.

3 dari 3 halaman

Kontribusi ke UMKM

Selama berlangsungnya lomba ini, terjadi peningkatan transaksi sebanyak lebih dari 10 persen yang membantu berputarnya roda perekonomian UMKM Indonesia.

Dari upaya mereka memanjat pinang, pengguna Grab telah berkontribusi langsung kepada lebih dari 250 ribu UMKM yang terdaftar di platform Grab.

Adapun lima kota besar yang paling antusias memanjat, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Semarang.

Sama seperti UMKM dan pekerja informal, industri musik juga tengah terdampak akibat situasi pandemi saat ini. Oleh karena itu, Grab Indonesia mengajak para pekerja seni ini untuk berinovasi dalam berkarya lewat konser musik virtual.

Ajang ini ditujukan agar mereka dapat melepas rasa rindu beraksi di panggung dan menyapa para penggemar mereka dan juga turut berbagi bersama UMKM Indonesia.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.