Sukses

Jaringan 4G LTE XL Axiata Selimuti 450 Kota dan Kabupaten se-Indonesia

Jaringan 4G LTe XL Axiata kini menyelimuti 450 kota dan kabupaten di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata, selain menyampaikan perkembangan kesiapan untuk merilis layanan VoLTE, juga melaporkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di berbagai dareah.

Dalam sesi virtual media update pada hari ini, Selasa (18/8/2020), Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyatakan jaringan 4G LTE XL Axiata kini menyelimuti 450 kota dan kabupaten di hampir seluruh provinsi di Indonesia.

"Total panjang jaringan backbone fiber optik mencapai lebih dari 45 ribu kilometer. Setiap tahun, jangkauan jaringan data kami terus semakin luas dan akan semakin banyak menjangkau masyarakat hingga ke pelosok-pelosok daerah," ujar Gede.

Dalam menjalankan bisnis ini, menurut Gede, perusahaan juga selalu berupaya untuk mendukung visi pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional.

"Perluasan pembangunan jaringan akan terus kami laksanakan, termasuk menjangkau wilayah yang lebih sulit dan terpencil di Kawasan Timur Indonesia," tutur Gede.

Selain itu, perusahaan mengklaim kapasitas jaringan data juga terus ditingkatkan seiring dengan trafik layanan data yang meningkat setiap tahun. Hingga paruh pertama 2020, trafik data XL Axiata disebut meningkat lebih dari 40 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Peningkatan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat diharapkan akan dapat memenuhi lonjakan trafik data sejak masyarakat menjalani aktivitas bekerja dan belajar dari rumah sebagai bagian dari upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Total BTS

Saat ini XL Axiata menyebut memiliki lebih dari 133.000 BTS dan lebih dari 43.000 di antaranya merupakan BTS dengan teknologi 4G LTE. Sebagian di antara BTS tersebut berada di tempat terpencil dan area perbatasan dengan negara lain atau di pulau-pulau wilayah terluar Republik Indonesia.

XL Axiata, melalui kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, juga membangun BTS di daerah tertinggal melalui skema Universal Service Obligation (USO). Hingga tahun ini XL Axiata menyatakan telah membangun lebih dari 350 BTS USO tersebut.

3 dari 3 halaman

Persiapan 5G

Selain membangun jaringan data, XL Axiata juga mengadopsi berbagai teknologi jaringan terbaru yang akan menambah manfaat keberadaan jaringan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya, XL Axiata saat ini juga berfokus pada persiapan layanan 5G.

Pada praktiknya, langkah konkret perusahaan menyambut 5G adalah melakukan fiberisasi jaringan. Langkah ini juga sekaligus dalam rangka meningkatkan kualitas jaringan data di setiap area, sehingga kapasitas jaringan menjadi lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini