Sukses

Apple Ancam Cabut Akses Developer Program Fortnite di iOS dan Mac

Pihak Apple mengancam untuk mencabut akses Epic ke alat pengembang iOS dan Mac, dengan menghapusnya dari Apple Developer Program.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memberikan tanggapan atas gugatan dari Epic Games terkait penghapusan gim Fortnite dari toko aplikasi App Store. Kedua perusahaan kini tengah mengalami perselisihan.

Terbaru, Epic menyebut, pihak Apple mengancam untuk mencabut akses mereka ke alat pengembang iOS dan Mac, dengan menghapusnya dari Apple Developer Program.

Apple sendiri mengatakan, tak akan mencabut akses ke Apple Developer jika Epic menghentikan opsi pembayaran langsung Fortnite.

"Kami sangat ingin mempertahankan perusahaan (Epic Games) sebagai bagian dari Apple Developer Program dan aplikasi mereka di Store," kata Apple kepada The Verge, Selasa (18/8/2020).

"Masalah yang dibuat Epic untuk dirinya sendiri adalah masalah yang dapat diperbaiki dengan mudah jika mereka mengirimkan pembaruan aplikasi dan kembali mematuhi pedoman yang disetujui untuk semua pengembang," kata Apple, memberikan penegasan.

Sebelumnya, pembaruan Fortnite dianggap Apple dan Google, sebagai upaya Epic menyiasati pedoman App Store yang meminta pengembang menggunakan sistem pembayaran milik platform untuk pembelian di dalam aplikasi (in-app-purchase).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apple dan Google Hapus Fortnite dari Toko Aplikasi

Apple dan Google mendapatkan biaya jasa sebesar 30 persen dari pembelian di dalam aplikasi.

Apple dan Google pun sama-sama menghapus Fortnite dari toko aplikasi masing-masing karena Epic Games dianggap melanggar pedoman toko aplikasi.

Epic membalas dengan tuntutan hukum, menggugat kedua perusahaan telah menerapkan praktik anti persaingan.

Epic juga telah mengajukan perintah awal yang meminta pengadilan untuk mencegah Apple memutusnya dari program pengembang. Apple pun menyebut, Epic punya waktu hingga 28 Agustus untuk melakukan perubahan.

3 dari 3 halaman

Pernyataan Lengkap Apple

Berikut pernyataan lengkap Apple:

App Store dirancang untuk menjadi tempat yang aman dan dapat dipercaya untuk pengguna. App Store juga menjadi kesempatan bisnis yang baik bagi seluruh pengembang. Epic menjadi salah satu pengembang paling sukses di App Store, bertumbuh menjadi bisnis multi miliar dolar dengan jutaan pengguna iOS di seluruh dunia.

Kami sangat ingin membuat Epic tetap jadi bagian dari Apple Developer Program dan melanggengkan aplikasi Fortnite di App Store.

Masalah yang dibuat Epic untuk dirinya sendiri adalah masalah yang bisa diperbaiki dengan mudah jika mereka mengirimkan pembaruan aplikasi mereka dan mengembalikannya untuk mematuhi pedoman yang telah disetujui dan ini berlaku bagi semua pengembang.

Kami tidak akan membuat pengecualian untuk Epic karena menurut kami tidak benar menempatkan kepentingan bisnis mereka di atas pedoman yang melindungi pelanggan kami.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini