Sukses

Menjajal Kamera Galaxy Note 20 Ultra dengan Lensa 108MP dan 50x Zoom

Tak hanya memboyong performa yang powerful, Galaxy Note 20 Ultra juga hadir dengan fitur kamera yang mumpuni untuk beragam keperluan, seperti apa hasil foto-fotonya?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merilis Galaxy Note 20 Ultra secara global beberapa waktu lalu. Saat ini di Indonesia, pre-order untuk seri Galaxy Note 20 masih berlangsung hingga 19 Agustus 2020.

Galaxy Note 20 Ultra merupakan versi paling tinggi di seri Note 20. Tak hanya memboyong performa powerful, Galaxy Note 20 Ultra juga hadir dengan fitur kamera mumpuni untuk beragam keperluan.

Baik untuk membidik berbagai momen dalam kondisi cahaya terang maupun malam hari, kemampuan zoom digital hingga 50x, dukungan berbagai fitur video kreatif, hingga kualitas perekaman profesional beresolusi 8K.

Galaxy Note 20 Ultra sendiri dibekali tiga kamera utama. Jika dilihat dari tampilannya, Galaxy Note 20 Ultra hadir dengan kamera yang tampak gagah dan buas berkat ukuran lensanya yang besar.

Adapun ketiga kamera Galaxy Note 20 Ultra masing-masing adalah lensa wide 108MP dengan aperture f1.8, dukungan laser auto focus yang mampu menangkap fokus lebih cepat, serta dukungan perekaman hingga kualitas 8K.

Kamera selanjutnya adalah wide-angle dengan resolusi 12MP dan aperture F2.2.

Selain itu, ada kamera telephoto periskop beresolusi 12MP dengan aperture f3.0 yang memiliki kemampuan optical zoom 5x dan digital zoom hingga 50x. Seperti apa hasil bidikan Galaxy Note 20 Ultra, berikut foto-foto dan ulasannya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Foto-Foto dengan Galaxy Note 20 Ultra

Dengan kamera utama 12MP dan 108MP, Galaxy Note 20 Ultra mampu menghasilkan foto sangat baik. Misalnya pada gambar mainan kereta di bawah ini, Galaxy Note 20 Ultra membidik objek dan mengaburkan latar belakang foto. Hasilnya terlihat sangat rapi. 

Dukungan sistem Laser Auto Focus yang disematkan pada kamera Galaxy Note 20 Ultra juga membuat pembidikan fokus sebuah objek foto menjadi sangat cepat, termasuk ketika membidik objek dengan tulisan. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto dengan Galaxy Note 20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara foto di bawah ini, ketika kita memilih mode pemotretan resolusi tinggi (108MP) untuk memoto mainan kereta, berikut adalah hasilnya ketika di-crop hingga maksimal. Bagian roda kereta masih terlihat dengan jelas. 

Hasil foto dengan Galaxy Note 20 Ultra, menggunakan resolusi 108MP dan dicrop hingga maksimal. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perlu diketahui, ketika dipakai untuk memotret dengan resolusi tinggi (108MP), file foto yang dihasilkan sangat besar bisa mencapai 15-16MB untuk satu foto. 

Begitu juga ketika kamera dipakai untuk memotret objek kucing di bawah ini. Hasil foto ketika di-crop di bagian tertentu masih sangat tajam, bahkan hingga crop maksimal di bagian kumis kucing. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra saat dicrop maksimal (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sementara, foto di bawah ini memperlihatkan Galaxy Note 20 Ultra ketika digunakan untuk memotret matahari. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra saat memotret momen backlight (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 6 halaman

Berbagai Mode Pemotretan: Food Mood dan Live Focus

Galaxy Note 20 Ultra memiliki berbagai mode pemotretan yang sama Galaxy S20 Series. Mulai dari foto Pro, Panorama, Food, Night, Live Focus Video, Pro Video, perekaman Super Slow-Mo, Slow Motion, Hyperlapse, Live Focus, dan Single Take. 

Berbagai mode foto dalam Galaxy Note 20 Ultra mirip dengan yang ada di Galaxy S20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Berikut adalah ketika kamera digunakan untuk memotret makanan dengan Food mode.

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra untuk memotret makanan dengan Food Mode (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian, foto di bawah ini dijepret dengan mode normal menggunakan kamera 12MP. 

Hasil foto dengan Galaxy Note 20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto di bawah ini ketika kita membidik menggunakan mode Live Focus. Hasilnya, latar belakang bokeh tampak rapi dan natural. 

Hasil foto dengan Galaxy Note 20 Ultra menggunakan mode Live Focus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Berikut adalah berbagai opsi background Live Focus yang ditawarkan pada Samsung. Selain untuk foto, pengguna juga bisa merekam video Live Focus dengan memburamkan latar belakang. Opsi bokehnya ada Blur, Big Circle, Colour Point (background foto hitam putih dan objek berwarna), serta efek Glitch. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra, berbagai opsi Live Focus yang ada di Galaxy Note 20 series (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

4 dari 6 halaman

Foto Malam Hari

Galaxy Note 20 Ultra didukung Night Mode untuk hasil foto lebih baik saat malam hari. Hasil foto malam tanpa menggunakan Night mode sebenarnya juga sudah sangat baik. Kehadiran mode Night Mode membuat foto malam hari lebih sempurna. 

Coba bandingkan kedua foto di bawah ini, kira-kira mana yang dipotret menggunakan Night Mode dan mana yang tidak?

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra untuk foto malam hari (tanpa Night Mode) (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra untuk foto malam hari (dengan Night Mode) (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto malam hari lainnya dengan Galaxy Note 20 Ultra.

Hasil foto malam hari dengan Galaxy Note 20 Ultra (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

5 dari 6 halaman

Zoom Mode

Galaxy Note 20 Ultra dibekali lensa kamera telephoto periskop beresolusi 12MP dengan aperture f3.0 yang memiliki kemampuan optical zoom 5x dan digital zoom hingga 50x.

Dibandingkan dengan Galaxy S20 Ultra yang memiliki kemampuan digital zoom 100x, Galaxy Note 20 Ultra tidak kalah. Meski punya kemampuan zoom lebih kecil, fitur zoom hingga 50x sebenarnya bukan fitur yang akan dipakai pengguna dalam kehidupan sehari-hari, sehingga hal ini bukanlah masalah berarti. 

Berikut adalah perbandingan foto menggunakan tiap mode, wide angle, normal, dan zoom susuai keterangannya. 

Pada foto wide angle, terlihat lebih banyak objek di kebun yang terfoto ketimbang pada foto normal. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra, fitur zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selanjutnya foto di bawah ini, membidik objek yang sama di sebuah kebun, yakni pohon cabai namun dengan zoom berbeda, 4x zoom dan 10x zoom. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra, fitur zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selanjutnya kami mencoba zoom lebih tinggi, yakni hingga 20x dan 50x. Ketika dipakai untuk membidik zoom maksimal 50x, Samsung memberikan alat bantu Viewfinder tambahan sehingga memudahkan pengguna untuk membidik objek.

Samsung menghadirkan viewfinder untuk membidik zoom pada Galaxy Note 20 Ultra sehingga memudahkan pengguna memilih bagian mana yang ingin dizoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Di bawah ini adalah hasil foto zoom 20x dan 50x menggunakan Galaxy Note 20 Ultra. 

Hasil foto Galaxy Note 20 Ultra, fitur zoom (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Kamera Galaxy Note 20 Ultra mampu membidik berbagai momen dengan baik dan tanpa masalah. Tentu hal ini sangat wajar mengingat smartphone ini merupakan flagship smartphone terbaik Samsung saat ini. 

Dengan ketiga kamera yang dimiliki, perangkat ini bisa mendukung pengguna untuk membuat konten yang wah hanya berbekal smartphone. Kemampuan kamera utama dengan resolusi tinggi tidak mengecewakan.

Hasil foto zoom pun cukup apik, meski harus diakui untuk foto zoom memang hasilnya tidak sempurna dengan berbagai noise-nya. Akan lebih baik hasilnya jika pengguna memakai bantuan tripod atau mini tripod untuk membidik gambar dengan mode zoom, terutama untuk pengambilan gambar zoom 50x. 

Samsung menghadirkan berbagai mode seperti yang ada di Galaxy S20 Ultra, salah satunya Single Take yang memungkinkan pengguna membidik beberapa foto dan video dalam satu kali perekaman. Fitur ini pun sudah ada di smartphone Samsung kelas menengah seperti Galaxy A51 dan A71.

Untuk perekaman video, Samsung menyediakan kualitas perekaman hingga resolusi 8K dan fitur perekaman video Pro, sehingga pengguna bisa bisa memaksimalkan perangkat ini untuk membuat konten yang menarik. 

Sayangnya harus diakui untuk perekaman video Super Slow Motion, tak bisa digunakan ketika pengguna tidak berada di tempat dengan kondisi cahaya matahari yang baik. 

Dengan file foto yang cukup besar hingga belasan atau puluhan MB per foto, pengguna memang harus memiliki ruang penyimpanan yang lega. Samsung Galaxy Note 20 Ultra mengakomodir dengan ruang memori internal 256 GB dan 512GB yang bisa diperluas dengan memori eksternal. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.