Sukses

Review Galaxy Buds Live: Lebih dari Sekadar TWS dengan Tampilan Stylish

Berikut ini adalah pengalaman kami memakai Galaxy Buds Live.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy Buds Live resmi diumumkan Samsung bertepatan dengan peluncuran smartphone terbaru perusahaan, Galaxy Note 20 series, pada awal Agustus 2020.

Tampil sebagai penerus Galaxy Buds ini, Samsung menghadirkan seri earbuds True Wirelss stereo (TWS) dengan bentuk stylish.

Tak hanya tampil keren, Galaxy Buds Live memberikan pengalaman audio premium, nyaman dipakai berlama-lama, dan kemampuan baterai yang mumpuni.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah pengalaman kami memakai Galaxy Buds Live

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Isi di dalam boks Galaxy Buds Live. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tidak seperti TWS earbuds kebanyakan yang memiliki "kaki" menjuntai dari kuping saat dipakai, Galaxy Buds Live terpasang sangat pas di lubang telinga.

Pada saat membuka casing dan melihat bentuk earbuds ini secara langsung pertama kali, kami tidak yakin Galaxy Buds Live akan mampu menempel atau nyaman di telinga. Namun ternyata, semua rasa khawatir itu tak terbukti. Saking nyamannya, kami pun terkadang lupa sedang memakai Galaxy Buds Live.

Ini berkat desain TWS baru milik Samsung yang menyerupai kanal lubang telinga, dan mirip kacang mede, sehingga terpasang di kuping dengan baik.

Pas dilubang telinga dan tidak mudah copot. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Meski tampak tidak memiliki penahan yang menopang earbuds ini supaya terpasang dengan baik dan tidak mudah lepas, Galaxy Buds Live membuktikan hal sebaliknya. Beberapa kali kami menggelengkan kepala earbuds TWS ini tetap terpasang.

Karena itu, tidak terlalu berlebihan untuk menyebut Galaxy Buds Live ini sangat pas untuk pemakaian outdoor atau buat nge-gym. Toh, Samsung sendiri sudah menyertakan sertifikat IPX2 sehingga perangkat ini tahan air dan keringat.

Asal jangan memakai saat hujan, mandi atau berenang ya sobat Tekno Liputan6.com karena pastinya perangkat ini tidak dibuat untuk situasi tersebut.

3 dari 5 halaman

Kualitas Suara

Galaxy Buds Live. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Saat dipakai untuk mendengarkan berbaga genre musik, Galaxy Buds Live mampu menghasilkan kualitas suara jernih. Baik treble dan bass pun terdengar asyik ditelinga.

Meski begitu, bagi kamu yang ingin menikmati bass atau treble lebih dari pengaturan dapat mengubahnya lewat equalizer di aplikasi Galaxy Gear Tak hanya itu, Samsung juga menyediakan pengaturan, seperti Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear, dan Treble Boost.

Menariknya, Galaxy Buds Live ini sudah menyertakan fitur active noise canceling yang jarang hadir di perangkat TWS vendor lain, selain AirPod Pro.

Buds Live yang berbentuk seperti kacang mede. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan kemampuan ini, Galaxy Buds Live akan menaikkan atau menurunkan suara berdasarkan kondisi sekitar. Namun, suara sekitar tetap terdengar dan tidak terisolasi secara penuh.

Lalu bagaimana dengan kemampuannya saat dipakai untuk menerima dan melakukan panggilan telepon?

Untuk menjawab, kamu hanya perlu tap dua kali pada earbuds. Sepanjang pengujian dan dipakai untuk berkomunikasi, baik suara dari atau yang didengar lawan bicara pun cukup baik.

4 dari 5 halaman

Kontrol dan Baterai

Isi di dalam boks Galaxy Buds Live. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, aplikasi Galaxy Wearable wajib hadir di smartphone kamu. Dengan ini, earbuds milik Samsung pun tampil lebih maksimal.

Selain menyediakan fitur equalizer, kamu juga bisa memakai aplikasi ini untuk mencari lokasi earbuds kalau kamu lupa meletakkannya.

Lanjut ke bagian kontrol, Galaxy Buds Live ini mengadopsi kendali yang sama dengan seri Galaxy Buds milik Samsung sebelumnya.

Untuk memainkan lagu, kamu hanya perlu tap satu kali pada earbuds. Sementara untuk skip ke lagu selanjutnya atau menerima panggilan dapat tap dua kali, dan tap tiga kali untuk kembali ke track sebelumnya.

Casing sekaligus charger untuk Galaxy Buds Live. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dalam hal ketahanan baterai, kami memakai Galaxy Buds Live sepanjang hari dan mampu bertahan seharian dengan sisa baterai earbuds di kisaran 20 hingga 30 persen.

Sementara itu, untuk casing charger sendiri mampu bertahan hingga tiga hari dengan satu kali pengisian baterai saja.

Sebagai informasi, baterai Galaxy Buds Live masing-masing berkemampuan 60mAh, sedangkan baterai casing berkapasitas 472mAh.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Galaxy Buds Live. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Secara keseluruhan, Galaxy Buds Live memang sebuah earbuds TWS premium yang memberikan performa setimpal dengan banderol harga Rp 2,6 jutaan.

Tak hanya menawarkan penampilan stylish, Samsung mampu menawarkan kualitas suara yang apik dan sangat memuaskan untuk sebuah perangkat TWS.

Kehadiran active noise canceling menjadi nilai lebih dari Galaxy Buds Live ini, apalagi baterai yang ditawarkan pun mampu bertahan cukup lama.

Meski begitu, bukan berarti Galaxy Buds Live ini tidak memiliki kekurangan. Dengah label harga tersebut, pasti banyak pengguna yang mengharapkan earbuds ini mampu bertahan terkena air lebih baik seperti produk pesaing lainnya.

Menurut pengalaman kami, akan menjadi nilai lebih seandainya Samsung menambahkan kemampuan untuk mengatur volume ke Galaxy Buds Live. Dengan begini, pengguna tidak perlu repot mengambil ponsel untuk mengecilkan volume suara atau membesarkannya.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.