Sukses

Ingin Terjun ke Dunia Videografi? Perhatikan 5 Hal ini

Sebelum terjun ke dunia videografi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar senantiasa siap dari skill maupun perangkat yang digunakan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dekade sebelumnya demam fotografi melanda sekarang seiring maraknya perkembangan content di aplikasi berbagi video seperti Youtube banyak orang mencoba peruntungan di dunia videografi, baik untuk keperluan membuat konten pribadi maupun bekerja secara professional.

Namun, sebelum terjun ke dunia videografi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar senantiasa siap dari skill maupun perangkat  yang digunakan.

Seorang videographer dituntut untuk menghasilkan footage atau potongan gambar yang prima. Karena itulah penting mempelajari Teknik serta komposisi pengambilan gambar yang menarik. Seorang videografer harus terus bergerak dan harus rajin berpindah-pindah dengan tujuan menemukan angle video dari berbagai sudut yang baik tanpa terhalang apapun. Dengan begitu  stok footage ada banyak alternatif dan variatif sehingga memudahkan ketika proses editing.

Pastikan pencahayaan optimal

Pastikan video diambil dalam kondisi pencahayaan yang baik, bila syuting di luar ruang hindari sumber cahaya membelakangi objek (backlight). Untuk syuting di dalam ruang manfaatkan soft box atau lampu tembak agar video dihasilkan prima.

Usahakan tetap stabil saat mengambil video

Agar footage dihasilkan tidak merepotkan saat proses editing, maka merekam video sestabil mungkin hal yang mutlak. Manfaatkan stabilizer atau gimbal  agar video bebas shaky atau Anda bisa juga mempelajari teknik merekam video handheld.

Pelajari aplikasi video editing

Tiap potongan-potongan video hasil rekaman tadi nantinya harus diolah kembali agar menjadi satu kesatuan. Mempelajari aplikasi editing juga penting walaupun hasil video akan diolah oleh editor. Zaman sekarang tak perlu bingung mempelajari operasional aplikasi editing karena tutorial lewat video online dengan mudah bisa ditemukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenali alat rekam Anda

Merekam video dalam resolusi tinggi itu artinya memberi Anda keleluasaan saat proses editing. Video resolusi besar umumnya dihasilkan oleh kamera berspesifikasi tinggi dan bobotnya tentu tidak ringan. Resolusi popular tertinggi saat ini ialah 4K, namun apa jadinya bila Anda bisa merekam dalam resolusi video 8K namun dengan perangkat yang sangat ringan?

Hal itu bisa Anda temukan bila memanfaatkan Samsung Galaxy Note20, ya smartphone flagship besutan Samsung yang mampu merekam video dalam resolusi 8K atau setara empat kali lipat lebih detail dari resolusi 4K namun bobotnya jauh lebih ringkas daripada kamera video.

Keunggulan lainnya Galaxy Note20 memiliki tiga kamera belakang, yaitu Ultra Wide (12MP F2.2), Wide-angle (12MP Super Speed Dual Pixel AF with Optical Image Stabilizer), dan Telephoto (64MP F2.0). Khusus kamera Telephoto memiliki kemampuan 5x pembesaran optis (optical zoom) dan Super Resolution Zoom hingga 30x.

Di mode Video Pro Samsung Galaxy Note20 Anda dapat leluasa mengatur Iso dan aspek rasio layar, agar menghasilkan rekaman sinematik Anda bisa menentukan aspek 21:9 atau 16:9, tak hanya itu perekaman video juga ditunjang kemampuan stabilizer di kamera utama sehingga rekaman dihasilkan bebas getar atau shaky.

Dengan gawai yang ringkas namun powerfull Anda akan lebih leluasa mencari spot-spot rekam video. Penasaran dengan kemampuan rekamnya? Kabar baiknya Samsung memberikan penawaran khusus bagi Anda yang tak sabar ingin segera mencicipi kecanggihan teknologi tersebut dengan membuka Pre Order Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra yang dimulai tanggal 6-19 Agustus 2020.

Setiap pembelian Galaxy Note20 selama periode tersebut Anda akan mendapatkan e-voucher Galaxy Buds+ senilai Rp 2,399,000 dan tiap pembelian Galaxy Note20 Ultra akan mendapatkan e-voucher Galaxy Buds Live senilai Rp 2,599,000.

Agar smartphone Galaxy Anda semakin aman Samsung juga menyediakan  perlindungan ekstra dengan Samsung Care+ di mana perlindungan meliputi semua kerusakan yang tidak disengaja dan kerusakan disebabkan cairan, termasuk satu tahun jaminan baterai. Layanan mencakup perlindungan resmi, suku cadang resmi, dan gratis antar jemput. Hape aman hati pun tenang.

Keterangan lebih detail, kunjungi www.galaxylaunchpack.com

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini