Sukses

5 Cara Jitu Ubah Smartphone Lawas Menjadi Perangkat Lain

Cek artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengubah smartphone lawas menjadi perangkat elektronik lain yang tidak kalah fungsional.

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan sejumlah kantor untuk menerapkan sistem Work from Home (WFH) tidak jarang membuat para pekerja mencari alternatif smartphone baru untuk menunjang kebutuhan aktivitasnya.

Ada beragam alasan untuk melakukannya, antara lain untuk mendukung kebutuhan kerja yang lebih baik hingga membutuhkan perangkat lebih mumpuni.

Namun setelah mendapatkan smartphone baru, tidak sedikit pengguna yang kebingungan menentukan apa yang harus dilakukan pada perangkat lawasnya.

Dengan kondisi itu, opsi yang paling mungkin dilakukan adalah menjualnya atau memberikannya pada orang lain. 

Meski dua tersebut paling umum dilakukan, kamu sebenarnya dapat memanfaatkan smartphone lawas menjadi peralatan elektronik lain yang tidak kalah fungsional.

Berbekal sedikit trik dan waktu luang di kala WFH, smartphone lawasmu dapat disulap untuk mendukung kebutuhan lain.

Untuk mengetahui seperti apa cara mengubah smartphone lawasmu, cek tips singkat Tekno Liputan6.com yang dikutip dari CNET, Minggu (9/8/2020), berikut ini.

1. Ubah Smartphone Android jadi Google Home

Untuk mengubah smartphone Android lawasmu menjadi Google Home bukan perkara sulit. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan, sebab fitur Google Assistant sudah tersedia.

Jadi, kamu tinggal memastikan smartphone Android-mu menggunakan versi terbaru dan hubungkan dengan speaker bluetooth. Lalu, kamu tinggal mengucapkan 'OK, Google' dan memberikan perintah suara.

Nantinya, seluruh hasil perintah akan diberikan langsung melalui speaker tersebut dan kamu sudah mendapatkan Google Home versi sederhana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Manfaatkan Smartphone-mu jadi Kamera Keamanan

Opsi lain yang dapat kamu lakukan adalah mengubah smartphone-mu menjadi kamera keamanan. Kamu tinggal mengunduh aplikasi kamera keamanan, seperti Alfred untuk memulainya.

Setelahnya, cari lokasi paling strategis untuk meletakkan smartphone-mu dan pastikan mampu memantau wilayah sekitar. Lalu, kamu dapat memantau kondisi sekitar dari smartphone anyar milikmu yang sudah terhubung.

3. Pakai untuk Kamera Monitor Anak-Anak

Cara lain yang juga dapat kamu lakukan dengan smartphone lawas adalah menjadikannya kamera pengawas anak-anak atau bayi. Kamu cukup meletakkannya di kamar anak-anak dan bisa memantau lewat perangkat baru.

Untuk melakukannya, kamu tinggal memasang aplikasi, seperti Dormi atau Cloud Baby Monitor. Opsi lain yang dapat kamu lakukan adalah memasang aplikasi video call di masing-masing perangkat.

3 dari 3 halaman

4. Manfaatkan Smartphone jadi Mouse Nirkabel

Manfaat lain dari smartphone lawas adalah membuatnya menjadi mouse nirkabel. Sama seperti sebelumnya, kamu tinggal memasang aplikasi seperti Remote Mouse yang tersedia di iPhone dan Android.

Namun perlu diketahui, smartphone-mu harus tersambung lebih dulu dengan jaringan Wi-Fi yang sama dengan komputer atau laptop. Setelahnya, kamu tinggal menggunakannya sebagai alat bantu navigasi.

5. Pakai Smartphone Lawasmu sebagai Pemutar Musik

Cara mengubah smartphone lawasmu menjadi pemutar musik adalah dengan menghapus seluruh data yang ada di dalamnya. Lalu, pasang aplikasi pemutar musik atau file musik favorit.

Apabila kamu pengguna premium dari aplikasi streaming musik, kamu dapat mengunduh sebanyak-banyaknya dan membuat koleksi lagu sendiri.

Saat tertarik memperdengarkannya ke lebih banyak orang, kamu tinggal menghubungkan perangkat itu ke speaker. Selamat mencoba.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.