Sukses

Goresan S Pen Galaxy Note dari Tahun ke Tahun, S Pen Galaxy Note20 Ultra Semakin Real

Fitur S Pen pun terus ikut bertransformasi seperti halnya Galaxy Note yang terus terupdate mengikuti perkembangan zaman dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Keunggulan flagship Samsung Galaxy Note yang tak dimiliki smartphone di kelasnya adalah kehadiran S Pen. Seiring berjalannya waktu, fitur S Pen pun terus ikut bertransformasi seperti halnya Galaxy Note yang terus terupdate mengikuti perkembangan zaman dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kemunculan S Pen perdana untuk seri Note adalah saat Samsung Galaxy Note pertama kali meluncur tahun 2011, sejak itulah S Pen hadir menjadi teman setiap pengguna dalam bekerja, belajar, dan bermain. 9 Tahun kemudian atau tepatnya Agustus 2020, Samsung meluncurkan flagship seri Note terbarunya yakni Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra yang dilengkapi dengan S Pen canggih dan mengalami peningkatan signifikan.

Sebelum membahas S Pen Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, yuk kita flashback dan melihat kemampuan S Pen Galaxy Note dari tahun ke tahun.

Secara umum fungsi S Pen sama seperti jari kamu. Kelebihannya adalah pakai S Pen akan jauh lebih presisi untuk menulis dan menggambar di layar serta untuk navigasi menu maupun website. Pada awal kemunculannya, S Pen juga memiliki fungsi sebagai screen capture. Dengan mengklik tombol, lalu menyentuhkan pen ke atas layar selama dua detik, otomatis handphone akan melakukan screen capture.

Kemunculan Galaxy Note2, Galaxy Note3, dan Galaxy Note4, sensitivitas dan latensi dari S Pen semakin meningkat, sehingga membuat nyaman para pengguna untuk menulis di layar. Peningkatan kemampuan S Pen juga didukung dari peningkatan spesifikasi dari Note itu sendiri. 

Untuk melengkapi kemampuan S Pen, sejumlah fitur dihadirkan Samsung terutama pada Galaxy Note4. Seperti fungsi Air Command yang menyediakan lima pilihan aksi, yakni Action Memo, Scrap Booker, Screen White, S Finder, dan Pen Window. Lalu fungsi drag and drop sehingga pengguna mudah menyalin gambar-gambar hasil seleksi dari clipboard ke jendela aplikasi lain.

Menyusul kemudian fungsi Smart Select yang berguna untuk menyeleksi lebih dari satu klip gambar. Smart Select juga dapat digunakan untuk menyeleksi tulisan, baik teks berderet maupun potongan teks terpisah, semudah menyeleksi dengan mouse pada komputer. Ada juga fitur S Notes, yang memudahkan pengguna mengedit foto yang dibidik dengan kamera Note.

S Pen pada Galaxy Note5 pun fungsinya meningkat lagi. Misalnya dengan S Pen, kita bisa langsung menarik gambar dan info terkait gambar tersebut ke dalam fitur Scrapbook. Kemudian dapat memilih multiple item hingga memotong screenshot dengan mudah.

Pada Galaxy Note7, S Pen meningkat signifikan. Mengikuti seri Galaxy Note7 yang sudah tahan air karena dibekali IP68, S Pen juga dirancang agar tahan air dengan insulasi karet di beberapa bagiannya. Selanjutnya  sensitivitas S Pen juga meningkat dari sebelumnya 2048 menjadi 4096 tingkat atau dua kali lebih sensitif. Keuntungannya, kamu akan dapat mengatur tebal tipis goresan pena dengan lebih presisi. Ujung pena S Pen pada Galaxy Note7 juga lebih kecil 60%, dengan diameter yang hanya 0,7mm dan terbuat dari bahan elastomer yang menyerupai karet elastis. Berkat fitur Magnify dan Translate dengan S Pen, pengguna semakin mudah untuk memperbesar teks atau gambar yang ada di artikel atau dokumen juga semakin mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

S Pen Galaxy Note8

Kemunculan Samsung Galaxy Note8, S Pen pun turut mengalami peningkatan fungsi. Sensitivitas yang lebih baik membuat fungsi S Pen untuk fitur smart select, live message, magnify, screen off memo hingga coloring juga menjadi semakin baik dan lancar. S Pen benar-benar berfungsi layaknya sebuah pena, dengan ujung lancip dan memiliki pressure sensor seperti pena pada umumnya untuk menulis dan menggambar.

Selanjutnya, dengan kehadiran Galaxy Note9, S Pen juga mengalami revolusi. Jika di seri sebelumnya, S Pen berfungsi untuk doodling, menggambar, dan mencatat, kali ini S Pen makin mempermudah produktivitas, kreativitas, dan hiburan para penggunanya.

Sejak kemunculan Galaxy Note9, S Pen dilengkapi dengan teknologi Bluetooth Low-Energy (BLE) yang memastikan bahwa S Pen selalu siap kapan pun pengguna membutuhkannya. Fungsi S Pen bluetooth ini di antaranya adalah untuk membuka aplikasi, berfoto selfie maupun wefie, merekam suara, mengontrol musik dan video.

Selain itu S Pen bisa berfungsi sebagai clicker ketika berpresentasi dengan menggunakan Microsoft Power Point. Menariknya, S Pen untuk seri Galaxy Note9 ini memiliki varian warna yang berbeda-beda. S Pen berwarna kuning untuk Galaxy Note9 Ocean Blue, abu-abu muda untuk warna Midnight Black, dan Metallic Copper untuk smartphone berwarna sama.

S Pen kembali mengalami peningkatan sejumlah fungsi setelah kemunculan Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+. S Pen dapat digunakan untuk zoom layar hingga 300 persen. Selain itu, perangkat ini juga bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks, serta dapat pula mengkonversinya ke dalam bentuk PDF maupun Microsoft Word. Paling S Pen di Galaxy Note10 adalah kehadiran fungsi Air Action. Fitur ini memungkinkan kamu memakai S Pen di atas layar tanpa harus menyentuhkan ujungnya ke layar. Air Action mencakup banyak fungsi juga seperti mengganti mode foto dan video, Adjustable Zoom Speed, live focus di kamera, untuk membesarkan dan mengecilkan volume suara dan masih banyak lagi.

Tibalah pada pembahasan S Pen yang ada di Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra guys. Selain S Pen memiliki peningkatan yang signifikan karena dukungan fitur-fitur Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra, S Pen terbaru ini memberikan pengalaman menulis yang lebih baik layaknya menulis di atas kertas.

S Pen di Galaxy Note20 memiliki latensi yang rendah hanya 26ms, sedangkan Galaxy Note20 Ultra latensinya lebih baik lagi karena hanya 9ms. Efeknya pergerakan garis yang dibuat di atas layar mengikuti S Pen akan cepat mengikuti pergerakan S Pen. Goresan S Pen semakin halus dan lembut karena dukungan kemampuan AI based Point Prediction yang bisa memperkirakan titik atau pergerakan dari S Pen di atas layar.

Posisi S Pen pada Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mengalami perubahan signifikan, dari sebelumnya berada di sisi kanan bawah, sekarang pindah ke sisi kiri bawah karena tombol volume dan on/off Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra bergeser ke sebelah kanan.

Samsung Galaxy Note20 hadir dengan pilihan warna Mystic Green, Mystic Gray,dan Mystic Bronze. Flagship ini tersedia dalam satu varian ROM 8 GB/256 GB dan harga Samsung Galaxy Note20 Rp 14.499.000. Sementara Galaxy Note20 Ultra memiliki pilihan warna Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White. Harga Samsung Galaxy Note20 Ultra varian 8 GB/256 GB (Rp 17.999.000) dan ROM 8 GB/512 GB (Rp 19.999.000).

Pre Order Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra mulai tanggal 6-19 Agustus 2020. Setiap pembelian Galaxy Note20 mendapatkan e voucher Galaxy Buds+ senilai Rp 2,399,000. Setiap pembelian Galaxy Note20 Ultra mendapatkan e-voucher Galaxy Buds live senilai Rp 2,599,000.

Keterangan lebih detail, kunjungi www.galaxylaunchpack.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini