Sukses

Hands-on Reno4, Smartphone Terbaru Oppo untuk Milenial Gaul

Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan untuk menjajal smartphone ini sebelum dirilis ke pasaran, seperti apa tampilannya dan fitur-fiturnya?

Liputan6.com, Jakarta - Oppo bakal merilis smartphone terbarunya, Reno4. Penerus dari Reno3 ini hadir hanya kurang dari setahun setelah Reno3 masuk Indonesia.

Sebelumnya, Oppo Reno4 dirilis di Tiongkok. Namun menurut Oppo Indonesia, Reno4 versi Indonesia berbeda dari versi Tiongkok.

Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan untuk menjajal smartphone ini sebelum dirilis ke pasaran, seperti apa tampilannya?

Berikut adalah sejumlah foto hands-on produknya.

Reno4 hadir dengan layar AMOLED seluas 6,4 inci yang memiliki resolusi 2.400x1.080 piksel. Rasio layarnya adalah 20:9 dan bagian layar dilindungi Gorilla Glass 3.

Masih di bagian layar, Oppo menghadirkan desain berbeda untuk tempat kamera selfie-nya. Pasalnya di Reno4 terdapat punch hole pada bagian sudut kiri atas layar dengan dua kamera selfie.

Oppo Reno4 hadir dengan dual punch-hole di sisi kiri atas layar untuk menempatkan kamera selfie (Liputan6.com/Agustin Setyo W)

Masing-masing kamera selfie adalah 32MP dan kamera 1,2MP untuk mendukung fitur AON Smart Sensor.

AON Smart Sensor sendiri merupakan fitur baru Oppo Reno4 yang memanfaatkan sensor berdaya rendah dan kombinasi algoritma pengenalan cerdas. Hal ini dimungkinkan berkat kemampuan sensor Always On pada Snapdragon 720G, chipset Reno4.

AON Smart Sensor tak hanya dapat dimanfaatkan untuk perlindungan privasi, tetapi juga memperluas fungsi Smart Air Control, Smart Rotation, dan Smart Always On.

Smart Air Control, memungkinkan pengguna berinteraksi dengan Reno4 tanpa menyentuh layar. Misalnya untuk menjawab telepon serta dapat juga untuk menggulirkan layar ke atas dan ke bawah untuk aplikasi YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Masih pada bagian layar, meski hadir dengan layar yang luas, Reno4 tak terasa terlalu besar di genggaman. Kami bisa bilang, perangkat ini sangat pas dalam genggaman. Apalagi dengan bodinya yang tipis dan bobotnya yang ringan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar dan Sisi Smartphone

Tak mengherankan karena Reno4 memiliki ketebalan bodi 7,7mm dan bobot 165 gram.

Pada Reno4, tombol volume diletakkan di sisi kiri smartphone beserta slot SIM card yang mampu memuat dua SIM card dan sebuah micro SD card.

Oppo Reno4, tombol volume dan slot SIM card(Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian pada sisi kanan smartphone terdapat tombol Power dengan aksen garis warna hijau.

Oppo Reno4, tombol Power (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lalu, di bagian bawah smartphone terdapat jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB type C, dan speaker.

Oppo Reno4, dibekali jack audio, port USB type C, dan speaker di sisi bawah. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada sisi atas, Oppo menempatkan sebuah lubang mikrofon berukuran kecil.

Oppo Reno4 sisi atas (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

3 dari 5 halaman

Bodi Belakang

Beralih ke bodi belakang, Oppo Reno4 hadir dengan dua opsi warna, yakni Space Black dan Galactic Blue. Unit yang kami review adalah Galactic Blue dengan teknik Reno Glow.

Teknik Reno Glow ini memberikan sentuhan akhir berupa tekstur mate dengan detail kilauan halus membuatnya jadi terkesan premium.

Soal warna, Galactic Blue terdiri dari banyak lapisan warna campuran biru. Gradasinya antara lain biru tua dan perak. Reno4 menghadirkan bodi belakang bertekstur premium, campuran matte dan gloss yang tak licin ketika digenggam.

Masih di bodi belakang, kedua sisi belakang Reno4 memiliki lengkungan yang membuatnya makin nyaman dalam genggaman.

 

4 dari 5 halaman

Kamera

Pada bodi belakang juga, terdapat kamera utama yang ditempatkan dalam sebuah frame di sisi kiri atas perangkat. Oppo Reno4 dibekali empat kamera utama, namun yang tampak ditonjolkan adalah tiga kamera pada sisi paling kiri.

Adapun keempat kamera Reno4 antara lain adalah 48MP high definition main camera, sensor 1/2" inci F1.7, lensa 8MP ultra wide angle sensor 1/4" aperture f2.2, lensa makro 2MP sensor 1/5" dan aperture f2.4, serta lensa mono 2MP sensor 1/5" dan aperture f2.4.

Berbagai fitur yang ada di kamera utama Reno4 antara lain adalah ultra steady video 3.0, ultra dark mode, Ultra 108MP clear image, AI color potrait mode, dan monochrome video.

Reno4 juga mendukung perekaman slow motion 960fps di resolusi 720p dan 480fps di resolusi 1080P.

Sementara seperti disebutkan sebelumnya, kamera selfie Reno4 memiliki lensa 32MP dan kamera 1,2MP untuk mendukung fitur AON Smart Sensor.

Kemampuan yang diusung antara lain adalah ultra steady video, ultra night selfie, AI Color Portrait Mode, video slow motion, dan front ultra steady video. 

 

5 dari 5 halaman

Kemampuan Baterai dan Memori

Sekadar informasi, Oppo Reno4 didukung dengan chipset Snapdragon 720G, RAM 8GB jenis LPDDR4x dan memori internal 128GB yang bisa diperluas hingga 256GB.

Perangkat ini memiliki baterai 4015 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat VOOC 4.0 30 watt. Dengan pengisian daya VOOC ini, pengisian daya penuh Reno4 dilakukan dalam waktu 57 menit.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini