Sukses

XL Axiata Sediakan Akses Internet di Desa untuk Bantu Sekolah Online

XL Axiata ikut menyediakan akses internet untuk para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata ikut menyediakan akses internet untuk para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dukungan ini diberikan dalam bentuk akses internet berupa router yang bisa dimanfaatkan para pelajar secara bersama-sama, yang mendukung hingga 32 perangkat dalam waktu bersamaan.

Bantuan diberikan kepada para pelajar Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Para siswa di desa tersebut bisa memanfaatkan akses internet gratis mulai Senin, 3 Agustus 2020.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, XL Axiata tak bisa tinggal diam ketika ada banyak berita mengenai para pelajar yang kesulitan mengakses internet untuk belajar.

"Problem yang mereka hadapi baik berupa terbatasnya jaringan di desa tempat tinggal mereka hingga harga kuota data. Melalui dukungan ini kami mencoba untuk mendukung keduanya," kata Desy, dalam keterangan XL Axiata.

Router tersebut ditempatkan di suatu tempat berupa balai yang bisa menampung belasan anak untuk belajar. Balai ini terada di lokasi yang tinggi, serupa bukit, dan dari lokasi ini sinyal XL Axiata bisa ditangkat dengan kualitas baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beri Kuota 20GB per Bulan Selama 1 Tahun

Teknisi XL Axiata turut membantu pemasangan perangkat ini agar bisa mendapatkan kualitas sinyal maksimal. Fasilitas router dari XL Axiata ini dilengkapi dengan paket data 20GB untuk setiap bulannya secara gratis selama 1 tahun.

Selain itu, XL Axiata juga membagikan alat-alat sekolah seperti buku tulis, penggaris, pensil, pena, dan map plastik. Untuk menjaga dan memastikan router tersebut dimanfaatkan secara semestinya, XL Axiata menyerahkan pengelolaannya ke Yayasan Pendidikan Islam Pembangunan.

Sekadar informasi, Desa Telaga Said berada sekitar 73 km dari Medan. Butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan darat dari Medan untuk tiba di desa ini.

Di sana, ada ratusan siswa sekolah di desa tersebut, dari mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA. Selain itu ada pula sejumlah remaja yang berkuliah di beberapa perguruan tinggi.

Sejak pandemi Covid-19 terjadi, anak-anak sekolah tersebut harus melakukan bejalar dari rumah dengan mengakses materi belajar secara daring.

Namun, jaringan internet belum menjangkau setiap sudut desa. Masih banyak dari anak-anak tersebut yang kemudian mencari lokasi tertentu yang di tempat itu bisa mendapatkan sinyal internet yang lebih baik.

"Sebelum adanya pandemi, kami rutin menyalurkan donasi kuota untuk sekolah-sekolah melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK). Kini, karena sekolah juga masih tutup dan meningkatnya kebutuhan untuk mendukung proses belajar secara daring berbagai daerah, kami akan berusaha mendukung memfasilitasi akses internet untuk PJJ seperti ini," ujar Desy.

3 dari 3 halaman

Kuota Internet XL untuk Siswa

Selain terjun langsung ke lapangan memberikan bantuan akses internet hingga ke desa-desa, XL Axiata juga menghadirkan paket data khusus untuk pelajar dengan harga sangat ringan.

Pelanggan XL dari kalangan pelajar bisa memanfaatkan paket untuk mengakses aplikasi dan website pemerintah yang disediakan untuk membantu belajar dari rumah dan paling banyak diakses oleh pelanggan.

Aplikasi yang dimaksud adalah Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Situs web yang bisa diakses adalah Rumah Belajar Kemendikbud di alamat https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.

Paket bernama “Xtra Edukasi” ini ada tiga varian paket, yaitu Rp 1.000 untuk 2GB dan masa berlaku 1 hari, selanjutnya paket Rp 2,500 untuk 5GB masa 3 hari, dan Rp 7.500 untuk 15GB masa 7 hari. Seluruh pilihan paket bisa didapatkan di aplikasi myXL.

Sedangkan pelanggan AXIS, ada Paket “Boostr Edukasi” yang tersedia untuk para pelajar dan mahasiswa menawarkan tiga pilihan pake. Masing-masing adalah mulai Rp 800 untuk 2GB per hari, Rp 2.900 untuk 5GB masa aktif 7 hari, dan Rp 8.900 untuk 15GB masa aktif 7 hari.

Pilihan paket ini dapat dimanfaatkan untuk mengkases aplikasi Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Selain itu juga bisa untuk akses ke website Kemendikbud khusus pembelajaran seperti Rumah Belajar Kemendikbud.

Bagi mahasiswa, paket ini juga bisa untuk masuk ke situs pembelajaran 39 universitas di Indonesia yang telah terdaftar di aplikasi AXISnet.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini