Sukses

Ini Cara Kontrol Belanja Online Terbaik di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Kamu bisa mengandalkan DANA sebagai metode pembayaran uang elektronik di Blibli dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal yang sebenarnya harus dikontrol selama memasuki era adaptasi kebiasaan baru alias new normal. Bukan hanya kebiasaan menjaga kesehatan, tapi juga dalam hal mengatur keuangan agar nggak kebablasan. 

Ya artinya, jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang ya! Nah di masa pandemi pelanggan belanja online meningkat dan penggunaan aplikasi belanja online ikut melonjak naik hingga 300 persen. 

Bahkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat dari total persentase masyarakat belanja online, 40 persen di antaranya adalah masyarakat berpenghasilan menengah dan tinggi. Kamu salah satunya? 

Terlepas dari data tersebut, ada hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelum belanja online di era adaptasi baru ini. Adalah menyoal kebutuhan. Berikut ada beberapa tips biar kamu nggak kebablasan belanja online: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bikin Prioritas

Sebelum belanja, pastikan kamu lebih dulu mencatat atau membuat daftar kebutuhan dan masukkan ke skala prioritas. Hal ini penting dilakukan, agar ketika belanja kamu tidak tergoda untuk membeli barang yang bukan masuk ke daftar kebutuhanmu.

 

3 dari 5 halaman

2. Bikin Anggaran

Setelah membuat daftar belanja, saatnya kamu membuat skema keuangan jelas mengenai anggaran yang dibutuhkan. Kira-kira berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli kebutuhan tersebut. Hal ini juga penting dilakukan agar ketika belanja, kamu nggak melampaui bujet yang sudah ditetapkan.

 

4 dari 5 halaman

3. Manfaatkan Promo

Sejumlah e-commerce kini sudah membuat sejumlah promo untuk menarik para pembeli. Promo yang ditawarkan pun beragam, mulai dari potongan harga hingga gratis atau subsidi ongkos kirim. Nah, mulailah untuk memanfaatkan promo tersebut ya untuk meminimalisir pengeluaranmu di era adaptasi baru ini. 

 

5 dari 5 halaman

4. Jangan COD

Cash on delivery alias COD adalah salah satu metode pembayaran marketplace yang bekerja sama dengan jasa pengiriman barang. Meski punya keuntungan bisa dibayarkan saat barang datang namun meminimalisasi kontak fisik dengan orang asing saat ini jauh lebih penting untuk melindungi diri dari penyebaran kuman dan virus berbahaya.

Salah satu metode pembayaran ini diaplikasikan oleh Blibli.com. Tapi ada pilihan cara bertransaksi yang lebih aman dan aman, lho. Kamu bisa mengandalkan DANA sebagai metode pembayaran uang elektronik di Blibli dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

Cara melakukan pembayaran menggunakan DANA pun gampang kok. Yuk ikuti langkah berikut bagi yang belum menghubungkan akun DANA dengan Blibli: 

  1. Hubungkan akun DANA dengan verifikasi nomor HP di akun Blibli
  2. Pastikan nomor HP kamu sama dengan akun DANAPilih metode pembayaran pada saat checkout, lalu pilih 'Uang Elektronik' kemudian pilih 'DANA'
  3. Klik 'Bayar sekarang'Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman untuk menghubungkan akun Blibli dengan DANA
  4. Masukkan OTP dan PIN untuk menghubungkan akun dan melanjutkan transaksiJika pembayaran berhasil, akun DANA kamu akan langsung terhubung ke akun Blibli

Lanjut, bagi kalian yang sudah menghubungkan akun DANA dengan Blibli.com: 

  1. Pilih metode pembayaran pada saat checkout, lalu pilih 'Uang Elektronik' kemudian pilih 'DANA'
  2. Klik 'Bayar sekarang'Selanjutnya kamu akan diarahkan ke laman konfirmasi nominal transaksi dengan DANA
  3. Cek kembali nominal transaksi kamu, lalu jenis untuk membayar
  4. Klik “Bayar” lalu masukkan PIN DANA kamuYeay, pembayaran berhasil!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini