Sukses

Bikin Takjub, YouTuber Ini Rancang Robot Pencukur Rambut saat Pandemi

YouTuber 'Shane of Stuff Made Here' memutuskan untuk membuat robot yang dapat memotong rambutnya. Yuk, simak aksinya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski memasuki era new normal, namun sebagian besar tukang cukur atau salon rambut memutuskan untuk menutup bisnisnya untuk sementara waktu.

Tak heran bila belakangan ini banyak masyarakat yang mencoba untuk memotong rambutnya sendiri di rumah. Tak disangka, hasil potong rambut mereka terlihat cukup keren.

Ingin cara yang lebih simpel, YouTuber 'Shane of Stuff Made Here' memutuskan untuk membuat robot yang dapat memotong rambutnya.

Namun, proses pembuatan robot ini diwarnai cukup banyak kendala. Antara lain lengan robot masih kaku saat memegang alat pencukur atau gunting sehingga proses pemotongan rambut belum berjalan seperti yang diharapkan. Demikian sebagaimana dilansir Ubergizmo, Minggu (2/8/2020).

Shane menunjukkan dalam videonya, bagian dari proses pemotongan mengharuskan robot melakukan pemisahan gumpalan rambut, yang biasa dilakukan penata rambut kebanyakan.

Itulah mengapa penata rambut kerap melakukan teknik menyisir untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan gumpalan rambut yang tepat agar hasil potongnya terlihat seimbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rancang Aplikasi

Itu adalah salah satu bagian paling rumit yang harus ia ajarkan pada robot, di mana ia akhirnya mengandalkan ruang hampa udara.

Shane juga membuat aplikasi di iPad-nya yang memungkinkannya untuk memilih gaya rambut yang dia inginkan. Robot itu bahkan 'mengobrol' dengannya, seperti yang kamu harapkan dari tukang cukur atau penata rambut.

 

3 dari 3 halaman

Punya Banyak Potensi

Menurut Shane, ia yakin bahwa penata rambut robot memiliki banyak potensi. Ia menilai robot jenis ini memiliki kemampuan tidak terbatas, dan bahkan dapat melakukan pekerjaan rumit yang tak bisa dilakukan oleh pemotong rambut manusia.

"Bayangkan kalau robot ini secara matematis bisa bergerak dari satu sisi kepala kamu ke sisi lain. Atau bayangkan jika aku menambahkan pemangkas pada robot ini dan memotong pola lithopane yang sempurna ke rambut kamu," tutur Shane.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.