Sukses

TikTok Tantang Pengguna Berbagi Ilmu dan Pengetahuan Lewat Video Singkat

TikTok menggelar kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta yang menantang pengguna untuk membagi pengetahuan dan ilmunya melalui video singkat dengan cara kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Riset berjudul 'What You Watched in a Day' mengungkapkan bahwa dua alasan terbesar mengonsumsi video singkat adalah untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri.

Hasil riset ini sejalan dengan tren konten yang ada di TikTok, dimana konten edukasi menjadi salah satu dari konten paling populer di aplikasi sejak akhir tahun lalu.

Merujuk pada riset tersebut TikTok menggelar kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta yang merupakan bagian dari program edukasi #SamaSamaBelajar dan lanjutan dari kompetisi serupa sebelumnya.

Kompetisi ini menantang para pengguna, termasuk dari kalangan profesional, untuk membagi pengetahuan dan ilmunya melalui video singkat dengan cara kreatif.

#BerbagiSkill akan berakhir pada 31 Juli dan dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta pada Agustus 2020. Pemenang berkesempatan memenangkan hadiah puluhan juta rupiah.

“Sebagai platform yang inklusif, siapa pun berkesempatan untuk berbagi kemampuan dan keahliannya di TikTok, dan menginspirasi pengguna lain untuk belajar dan bahkan ikut berbagi pengetahuan mereka,” kata Angga Anugrah Putra, Head of Users and Content Operations TikTok Indonesia, dikutip Kamis (30/7/2020).

Ia melanjutkan, ke depannya perusahaan akan terus mendorong pengguna untuk memperkaya konten edukasi ini dengan berpartisipasi di berbagai program yang diadakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan #BerbagiFakta dan #BerbagiSkill

Melalui kompetisi #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat membagikan video tentang pengetahuan umum seputar profesinya, seperti yang dilakukan Indra Aziz (pelatih vokal profesional) dan Jason Iskandar (sutradara film singkat), atau konten seputar motivasi, bisnis, dan fakta menarik.

Sementara di #BerbagiSkill, semua pengguna berkesempatan untuk berbagi tips dan tutorial DIY dan life hack sehari-hari. 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Ikut Kompetisi Ini?

Untuk mengikuti kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta, pengguna dapat mengunggah konten berdurasi 15-60 detik tentang tips dan tutorial, lifehack, dan sains teknologi untuk #BerbagiSkill, atau pun pengetahuan umum, motivasi, bisnis, atau fakta menarik untuk #BerbagiFakta.

Pengguna disarankan untuk memanfaatkan berbagai fitur di TikTok, serta menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #BerbagiSkill atau #BerbagiFakta.

Kompetisi #BerbagiSkill dibuka pada 21 Juli dan akan berakhir pada 31 Juli 2020, sementara #BerbagiFakta akan dibuka pada tanggal 11 Agustus hingga 28 Agustus 2020.

Terdapat total hadiah senilai Rp 150 juta masing-masing untuk pemenang kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta dan juga beberapa hadiah menarik lainnya.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini